• Home
  • Aceh Timur
  • Warga Miskin Aceh Timur Berharap Pemerintah Beri Listrik Bersubsidi
Sabtu, 7 Juli 2018 | 11:24:49

Warga Miskin Aceh Timur Berharap Pemerintah Beri Listrik Bersubsidi

*M.Zubir Tak Tau Mau Lapor Kemana
Foto/Ist
Muhammad Oriza,Kabid Ekonomi Bappeda
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.ACEH TIMUR///Warga miskin di Aceh Timur terutama yang bermukim di Dusun Cintai Damai,Gampong Tunong Bungeng, yang sebahagian bermata pencaharian sebagai nelayan kini kehidupan ekonominya semakin miris.

Pasalnya,untuk membeli pulsa listrik prabayat (token) yang digunakan tanpa subsidi tersebut semakin memberatkan sebahagian warga setempat.

Seperti yang dialami M.Zubir salah seorang warga kepada Koresponden aktualonline.com,Sabtu (7/7/2018).

M.Zubir menumpahkan keluh kesahnya sebagai warga miskin terkait penggunaan listrik prabayar yang digunakannya saat ini yang dinilainya semakin membenai kehidupan ekonominya.

Sejak penggunaan listrik prabayar dirinya tidak sanggup lagi untuk membeli pulsa listrik prabayar tersebut dimana penggunaan pulsa Rp 50 Ribu hanya mampu bertahan empat malam saja sementara menurut pengakuan Zubir dirinya hanya menggunakan lampu biasa saja.

Saat ini Zubair tidak tahu harus mengadu kemana lagi terkait hal tersebut.

Dikatakan Zubair dirinya sudah mencoba ke kantor PLN Cabang Idi Rayeuk tetapi tetap ditolak, dan mereka menganjurkan ke Kantor Bappeda dan Dinas Sosial untuk didaftarkan dalam masyarakat miskin kurang mampu.

Setelah petunjuk dan arahan dari kantor PLN Cabang Idi Rayeuk diikutinya, dirinyapun kembali mendatangi Kantor PLN Cabang Idi Rayeuk tetapi lagi-lagi ditolak dan bahkan pengawai PLN menyarankan kepada dirinya untuk kembali ke Kantor Bappeda,

Mendapatkan jawaban tersebut Zubaur merasa dipermainkan dan sangat kecewa. Padahal selama ini ada Program dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan bahwa ada Subsidi Listrik Bagi Rumah Tangga tidak mampu.

Disebutkan bahwa Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan utama penduduk Indonesia, untuk memberikan keadilan, Pemerintah menetapkan tarif listrik bersubsidi berlaku bagi rumah tangga tidak mampu sesuai dengan Amanah Undang-undang nomor 30 tahun 2009, rumah tangga miskin dan tidak mampu yang terdapat dalam data Terpadu Program Penanganan Fakir miskin yang dikelola oleh Kementerian Sosial dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang berjumlah Sekitar 25,7 JT Rumah Tangga yang dia baca di brosur, namun ini semua tidak termasuk saya didalamnya ujarnya lirih.

Saat ditemui oleh media ini, salah Satu Karyawan PLN Idi Rayeuk Cabang Langsa Yasir mengatakan kepada media ini bahwa dirinya sudah mengecek beberapa kali terhadap saudara M.Zubir tetapi tidak mendapatkan Subsidi karena tidak terdaftar atau termasuk dalam kategori masyarakat miskin atau kurang mampu.

Dan bila tidak terdaftar dalam program tersebut kami tetap menolak, kami disini hanya menerima data yang sudah terdaftar didalam program tersebut, dan kami (PLN-red)  korban dari program Kementrian Energi,katanya singkat.

Ketika dikonfirmasi kepada Plt.Ka Bappeda Aceh Darmawan M.Ali melalui Muhammad Oriza mengatakan bahwa sasaran merupakan program dari Kementrian ESDM untuk memberikan subsidi listrik kepada masyarakat miskin berdasarkan basis data masyarakat miskin yang digunakan adalah data dari BPS yaitu program PBDT pada tahun 2015, sehubungan dengan belum dilaksanakan pemutahiran data mandiri Oleh Pemkab Aceh Timur pada tahun ini, sampai saat ini maka data masyarakat miskin masih menggunakan data PBDT tahun 2015 yang lalu, ini solusinya adalah pemerintah pusat segera melakukan pemutakhiran data mandiri demikian jelasnya.///Djalaluddin MY

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 20 September 2018 | 14:43:27
Polres Aceh Timur Gelar Operasi Mantap Brata Rencong 2018
Kamis, 20 September 2018 | 13:25:05
DP3A&KB Aceh Timur Peringati Hari Anak
Rabu, 19 September 2018 | 13:03:33
Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Terpengaruh Isu
Sabtu, 15 September 2018 | 11:30:40
Warga Gampong Alue Teh Dapat Pelayanan MKJP
Rabu, 12 September 2018 | 12:50:10
Bupati Rocky Ajak Umat Jaga Persaudaraan
BERIKAN KOMENTAR
Top