• Home
  • Aceh Timur
  • Warga dan LSM Minta Inspektorat Audit Pengelolaan APBG Desa Gampong Bandar Baru
Sabtu, 4 Agustus 2018 | 11:41:14

Warga dan LSM Minta Inspektorat Audit Pengelolaan APBG Desa Gampong Bandar Baru

aktualonline.com/Jalaluddin M Yusuf
Warga dan LSM Minta Inspektorat Audit Pengelolaan APBG Desa Gampong Bandar Baru
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.ACEH TIMUR///Terkait carut marut Pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) dari Tahun 2016- 2017 dan Alokakasi Dana Desa (ADD) di Gampong/Desa Bandar Baru kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur yang diduga sarat dengan  permainan yang dilakukan oknum perangkat Desa.

 

Laporan masyarakat melaporkan sisa lebih penguna anggaran (Silpa) Tahun Anggaran 2017 masih berada ditangan perangkat desa yang direncanakan untuk membeli mesin cold diesel rekondisi. 

 

Padahal dana tersebut belum dilaporkan dalam laporan pertanggung jawaban, Minggu (29/07/2018) dengan alasan uang Silpa tersebut dari kontraktor yang dikembalikan lagi ke perangkat desa,

 

Proyek dana desa dicolaborasi dengan proyek otsus Kabupaten Aceh Timur anggaran 2016 pada penyediaan air bersih sampai sekarang terbengkalai alias tidak bisa di fungsikan sementara anggaran yang dikucurkan untuk itu menelan jumlah yang tidak sedikit,sebut salah seorang warga setempat kepada aktualonline.com, Jum'at (3/8).

 

)pada hal kuncuran menelan anggaran yang tidak sedikit, cetus salah satu warga yang namanya jangan dituliskan.

 

Sementara Syahrudin Adi Putra saat ditemui Jurnalis aktualonline.com,Selasa (30/7/2019) di Mess Investigasi LSM KPK membenarkan dirinya menerima laporan dari tokoh masyarakat Desa Bandar Baru  serta beberapa warga di 3 Dusun dengan menyertakan beberapa alat bukti temuan dugaan penyimpangan mengarah ke KKN oleh para oknum perangkat Desa.

 

"Masyarakat sangat antusias ingin membenahi Gampongnya dari para oknum yang mengambil azas manfaat pribadi dan kelompoknya terhadap Anggaran Negara untuk membangun Desa dan pemberdayaan masyarakat". ujar Syahrudin Adi Putra, HAM.

 

"Kami segera turun kelapangan untuk menindak lanjuti laporan masyarakat terkait dugaan KKN Anggaran ADD di Desa Bandar Baru sesuai amanat Undang - undang serta Tupoksi kami berdasarkan Visi dan Misi Lembaga kami. Sasaran dan target kami adalah menyelamatkan Anggaran Negara dari ulah oknum - oknum tidak bertanggung jawab". 

 

Menurut Syahrudin berdasarkan beberapa temuan bukti dan alat bukti dari masyarakat, ada unsur kesengajaan praktik penyalah gunaan kewenangan terjadi oleh para oknum perangkat Desa sehingga melahirkan Dugaan adanya tindak pidana Korupsi. Kami memiliki indikasi Dugaan Korupsi berjama'ah di Desa ini, tetapi semua akan terungkap apabila Inspektorat Daerah Kabupaten Aceh Timur mau turun kelapangan guna melakukan Audit Investigasi ke Desa tersebut",ungkapnya.///Jalaluddin MY

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Selasa, 11 Desember 2018 | 13:19:32
Asisten Administrasi Umum Buka Bimtek Legal Drafting
Selasa, 11 Desember 2018 | 13:09:58
Wakil Bupati Aceh Timur Lepas Jamaah Umrah
Senin, 3 Desember 2018 | 15:45:00
Milad GAM, Bupati Rocky Ziarahi Makam dr. Zubir Mahmud
Minggu, 2 Desember 2018 | 23:49:51
Rocky Ikut Konvoi Motor Klasik di Idi
Jumat, 30 November 2018 | 20:13:20
Rocky Terima Penghargaan Menteri Keuangan
BERIKAN KOMENTAR
Top