• Home
  • Aceh Timur
  • Resahkan Warga !!! Sampah Medis RS Zubir Mahmud Dibakar Ditempat Terbuka
Jumat, 10 Agustus 2018 | 00:23:16

Resahkan Warga !!! Sampah Medis RS Zubir Mahmud Dibakar Ditempat Terbuka

aktualonline.com/Jalaluddin M Yusuf
Sampah Medis RS Zubir Mahmud Dibakar Ditempat Terbuka
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.ACEH TIMUR///Sampah medis yang berasal dari Rumah Sakit (RS) Zubir Mahmud seperti jarum suntik, botol obat dan jenis sampah medis lainnya yang mengandung zat-zat pertikel kimia telah meresahkan warga khususnya yang berada di seputar RS Zubir Mahmud karena dilakukan pemusnahan dan pembakarannya di lokasi terbuka, Kamis (9/8/2018).

 

Info diperoleh Jurnalis aktualonline.com dari warga sekitar bahwa selama ini pihak RS Zubir Mahmud telah memusnahkan atau membakar  alat-alat bekas medisnya di tempat terbuka yang tentunya menebar aroma tidak sedap.

 

Bahkan warga secara lisan telah pernah mengajukan keberatan atas hal ini kepada pihak RS Zubir Mahmud namun sampai saat ini tidak pernah mendapat respon positif.  

 

Padahal secara aturan sudah tentu melanggar ketentuan dimana sampah Medis seperti jarum suntik, botol-obat suntik yang mengandung zat-zat pertikel kimia tidak boleh dibuang ke sembarang tempat yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan serta berbahaya kepada mahluk hidup lainnya, sadar atau tidak kami diseputaran lingkungan ini menghirup udara yang sangat berbahaya baik siang maupun malam hari demikian ujar warga lirih.

 

Terkait dengan hal ini Kabid Sanitasi Maryani saat dikonfirmasi aktualonline, Kamis (9/8) mengatakan pihaknya sudah menyerahkan kepada  pihak ketiga terkait dengan sampah.

 

Sementara terkait dengan banyaknya sampah medis yang dibakar ditempat terbuka mereka mengatakan tidak tahu

 

"Maklum saja kita ramai disini dan susah dikontrol," katanya,

 

Sementara saat disinggung mengenai Mesin Incinerator yang berfungsi untuk alat pembakaran sampah medis, apakah selama ini berfungsi.

 

Maryani mengatakan berfungsi,namun demikian pada kenyataannya dilapangan sampah medis dibakar dan dibuang disembarang tempat.

 

Sementara Bendahara Rumah Sakit Zubir Mahmud Sahminan yang ditemui wartawan langsung bersama-sama menuju lokasi yang selama ini dijadikan tempat pembuangan sampah medis dan non medis yang telah bercampur baur.

 

Dimana dilokasi tersebut banyak terdapat jarum suntik dan bahan bahan obat lainnya serta dibakar ditempat terbuka, dan ternyata benar dan ini tidak boleh dibuang seperti ini ujarnya Sahminan seraya mengatakan nanti semua kita panggil terkait dengan kejadian ini.

 

Dalam hal ini Sahminan juga membenarkan sudah ada beberapa kali masyarakat menyampaikan hal ini terkait dengan pembakaran limbah medis yang berbau aroma tidak sedap, namun tidak secara resmi katanya,baik diwarung maupun salah satu warga katanya.

 

Selanjutnya sejumlah wartawan dan Bendahara menghadap Direktur Rumah Sakit Zubir Mahmud Dr.Edi Gunawan Mars, yang ditemui oleh media ini diruang kerjanya.

 

Pada kesempatan itu Dr.Edi Gunawan Mars dengan tegas mengatakan  sampah medis tidak boleh dibuang sembarang tempat. Dan apabila terjadi hal seperti ini nanti saya akan panggil kepala bidang yang membidangi persoalan sampah, dan tentunya kedepan ini akan kami evaluasi kembali sehingga kedepannya tidak akan terulang kembali demikian ditegaskan Dr.Gunawan Mars.///Jalaluddin MY

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 16 Agustus 2018 | 13:17:56
POPM Filariasis Harus Penuhi Target
Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:25:52
Toyota Yaris Terjun ke Jurang
Senin, 13 Agustus 2018 | 22:38:36
Bupati Aceh Timur Bersama Istri Tunaikan Ibadah Haji
Senin, 13 Agustus 2018 | 00:14:34
Rocky Lepas 236 Calhaj Aceh Timur
Minggu, 12 Agustus 2018 | 23:51:45
Usai Mencuci Pakaian,Meliyani Tenggelam di Sungai
Sabtu, 11 Agustus 2018 | 12:51:34
82,74 % Calhaj Embarkasi Medan Sudah di Tanah Suci
BERIKAN KOMENTAR
Top