• Home
  • Aceh Timur
  • Ketua Perwakilan YARA Aceh Timur Minta Proyek Pembangunan Irigasi Sayap Kanan Jambo Aye Dievaluasi
Rabu, 12 September 2018 | 12:29:52

Ketua Perwakilan YARA Aceh Timur Minta Proyek Pembangunan Irigasi Sayap Kanan Jambo Aye Dievaluasi

aktualonline.com/Jalaluddin M Yusuf
Ketua Perwakilan YARA Aceh Timur Minta Proyek Pembangunan Irigasi Sayap Kanan Jambo Aye Dievaluasi
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.ACEH TIMUR///Pembangunan Proyek Jaringan  Irigasi Sayap Kanan D.I. Jambo Aye diduga dikerjakan tanpa memakai bekisting sehingga berakibat  kepada kemandirian (kekuatan) beton tidak sesuai dengan  speak.

 

Hal itu ditegaskan Ketua Perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh YARA  Kabupaten Aceh Timur Tgk Indra.SH,Senin (10/9/2018).

 

Padahal Pembangunan Jaringan Irigasi D.I.Jambo Aye Sayap Kanan sepanjang 3.028 Ha di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur (MYC) Pemerintah Pusat menyediakan anggaran melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sangat besar dan ini patut dipertanyakan,

 

"Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Sumatra I Provinsi Aceh tersebut memiliki Kategori Pekerjaan Konstruksi harus dievaluasi Kembali, dari hasil sebelumnya pekerjaan tersebut bernilai Pagu Paket Rp 240.000.000.000,00," sebut Tgk Indra.SH

 

Dana Bersumber Dari APBN Tahun Anggaran 2016 dan selesai pada tahun 2018 yang berlokasi Pekerjaan tersebut bertempat di Kecamtan Langkahan - Kabupaten Aceh Utara dan Kecamatan Pante Bidari - Kabupaten Aceh Timur lebih dari 142 Peserta perusahaan yang mengikuti proses pelelangan tender proyek tersebut dan akhirnya dimenangkan oleh PT.Selaras Mandiri Sejahtera Rp 225.143.180.000,00  dan hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan karena kualitas pembangunan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat banyak dan tahan lama demikian ujar Tgk Indra.SH.

 

Hal senada juga disampaikan salah seorang warga setempat kepada wartawan yang mengatakan bahwa mereka mempertanyakan tehnik pengerjaan yang dilakukan oleh pihak rekanan, yang hingga saat terus dikerjakan, padahal penjelasan dari bekisting atau yang disebut bekisting merupakan sarana struktur beton untuk mencetak beton baik bentuknya maupun ukuran yang sesuai direncanakan.

 

Sehingga bekisting berfungsi sebagai struktur sementara yang dapat memikul berat sendiri, beton basah, atau beban hidup dan peralatan kerja Persyaratan umum dalam membangun desain suatu struktur, baik struktur permanen/Non-permanen, bekisting tetap harus dipasang, paling sedikit ada tiga persyaratan yang wajib dipenuhi, yaitu harus memiliki Kekuatan, yaitu bagaimana material bekisting seperti balok kayu tidak patah ketika menerima beban yang bekerja,Syarat Kekakuan, yaitu bagaimana meterial bekisting tidak mengalami perubahan dalam bentuk yang berarti, sehingga tidak membuat struktur sia sia ketiga Stabilitas, yang berarti bahwa balok bekisting dan tiang/perancah tidak runtuh tiba-tiba akibat gaya yang bekerja. Selain itu, perencanaan dan disain bekisting harus memenuhi aspek bisnis dan teknologi yang memadai, sangat jelas terlihat bahwa beton cor untuk saluran yang tidak menggunakan bekisting yang berfungsi untuk penahanan material  beton selama dituangkan dalam papan mal.

 

Namun hal ini tidak dilakukan rekanan, pengerjaan proyek tersebut tidak mengunakan bekisting yang membuat cor beton langsung bersentuhan dengan tanah, padahal proyek pembangunan tersebut jaringan memiliki Anggaran Ratusan milyar Rupiah,Pengerjaan proyek tersebut diawasi oleh PT.Wahana Krida Konsulindo serta penyedia jasa dilakukan oleh dua perusahaan diantaranya,PT.selaras mandiri sejahtera dan PT.Nakila Sampurna.KSO demikian ujarnya.

 

Sementara Pengawas ADM Muhammad Yanis saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya Senin (10/9)  mengatakan bahwa dirinya tidak dapat memberikan keterangan karena takut salah.

 

"Lebih baik abang kelapangan saja katanya, tidak melalui via telepon katanya dan sudah menjembatani amanah dan jawabannya juga sudah saya sampaikan, kata Yanis seraya mengatakan Hari Rabu saya minta nomor perusahaannya kekantor besok tanggal merah,sama saya juga tidak pernah ada nomor perusahaan,nomor npwp apa nomor kantornya pak?

 

Hingga berita ini diturunkan belum dapat dihubungi baik konsultan pengawas maupun pihak rekanan perusahaan pemegang proyek tersebut demikian.///Jalaluddin MY

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 21 September 2018 | 11:26:58
KIP Aceh Timur Tetapkan DCT Pemilu Serentak Tahun 2019
Kamis, 20 September 2018 | 14:43:27
Polres Aceh Timur Gelar Operasi Mantap Brata Rencong 2018
Kamis, 20 September 2018 | 13:25:05
DP3A&KB Aceh Timur Peringati Hari Anak
Rabu, 19 September 2018 | 13:03:33
Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Terpengaruh Isu
Sabtu, 15 September 2018 | 11:30:40
Warga Gampong Alue Teh Dapat Pelayanan MKJP
BERIKAN KOMENTAR
Top