• Home
  • Aceh Timur
  • Panwaslu Aceh Timur Imbau Warga Jangan Pasang APK Dilokasi yang Dilarang
Selasa, 4 Desember 2018 | 12:59:21

Panwaslu Aceh Timur Imbau Warga Jangan Pasang APK Dilokasi yang Dilarang

aktualonline.com/Jalaluddin M Yusuf
Maimun, Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Timur

aktualonline.com.ACEH TIMUR//// Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Timur menghimbau kepada seluruh peserta pemilu di Kabupaten Aceh Timur untuk tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) seperti spanduk, baliho dan serta bahan kampanye di tempat yang dilarang sesuai dengan perundang-undangan.  

 

Hal itu disampaikan Maimun S.Pd, Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Timur kepada sejumlah awak media dikantornya Desa Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Senin 03 Desember 2018.

 

Menurut Maimun, masa tahapan kampanye pemilihan umum tahun 2019 mulai berjalan kurang lebih 2 bulan yang lalu, namun berdasarkan laporan Panitia Pengawas Gampong (PPG) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Aceh Timur masih banyak menemukan spanduk, baliho dan serta bahan kampanye lainnya yang terpasang di tempat terlarang seperti di pepohonan pinggir jalan raya Medan-Banda Aceh, tiang listrik, jembatan dan fasilitas umum lainnya. 

 

Padahal kata Maimun, disetiap pertemuan dalam sosialisasi yang digelar oleh Panwaslih Kabupaten Aceh Timur pihaknya selalu menghimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk tidak memasang baliho, spanduk dan bahan kampanye  lainnya ditempat fasilitas umum seperti diamanatkan dalam pasal 280 huruf  h  tentang larangan dalam kampanye, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

 

"Dalam  PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan umum pasal 34 ayat 2 pemasangan APK sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilarang berada di tempat ibadah termasuk halamannya, rumah sakit (RS) atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan seperti rumah sekolah, dan tempat lainnya seperti fasilitas umum itu tidak boleh dipasang, dan ini sudah sangat jelas untuk menjadi pedoman kita bersama khususnya partai politik" Kata Maimun.

 

Bahkan, kata Maimun, berdasarkan Surat Edaran (SE) Bawaslu RI  Nomor 1990/K.BAWASLU/PM.00.00/XI/2018  pihaknya akan terus menghimbau kepada partai politik di Aceh Timur untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang ditempat yang dilarang apalagi tidak memperhatikan Etika,Estetika, kebersihan dan keindahan kawasan kota.

 

"Kami tidak akan bosan-bosannya menghimbau kepada Partai Politik untuk tidak memasang APK di tempat umum, apalagi tidak memperhatikan Etika, Estetika, kebersihan dan keindahan kawasan Kota seperti di Trotoar Kota Idi, dan Peureulak, yang sudah sangat semraut" Ungkap Maimun.  

 

Karena, kata Maimun, jika peserta pemilu tidak mengindahkan himbauan tersebut maka sesuai pasal 74 huruf a dan b PKPU nomor 33 perubahan kedua dari PKPU Nomor 23-28 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, maka kami selaku Pengawas pemilu akan melayangkan surat peringatan secara tertulis kepada peserta pemilu dan akan berkoordinasi dengan Satpol PP di Kabupaten Aceh Timur untuk menertibkan APK yang dipasang ditempat yang dilarang tersebut " Tutup Maimun.////Jalaluddin MY

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:59:44
Aceh Berhasil Perangi Buta Aksara Secara Nasional
Jumat, 14 Desember 2018 | 20:16:38
HAI Ke-53 Dibuka di Aceh Timur
Jumat, 14 Desember 2018 | 20:13:32
BNK Aceh Timur Laksanakan P4GN Bagi Para Ketua Pemuda
Jumat, 14 Desember 2018 | 00:55:52
Aparatur Desa Diingatkan Hindari Penyimpangan ADG
Rabu, 12 Desember 2018 | 23:15:55
DPD Juara Lomba Merangkai Bunga
Selasa, 11 Desember 2018 | 13:19:32
Asisten Administrasi Umum Buka Bimtek Legal Drafting
Selasa, 11 Desember 2018 | 13:09:58
Wakil Bupati Aceh Timur Lepas Jamaah Umrah
BERIKAN KOMENTAR
Top