Selasa, 13 Oktober 2020 | 00:31:39
* Pariwara Pemkab Solok

Tim Penilai Wisata Award 2020 Kunjungi Pemkab Solok

Foto/Ist
Dalam rangka penilaian kualitas pariwisata Kabupaten Solok.Tim penilai pada visitasi dan verifikasi peduli wisata awards 2020 kunjungi Kabupaten Solok,"ujar Bupati Solok Gusmal, SE.MM , di Arosuka. (1/10).

Terkait objek wisata unggulan di Kabupaten Solok Gusmal memaparkan. Memang difokuskan ke sejumlah destinasi potensial. Keberadaan lima danau menjadi ciri khas wisata alam kabupaten Solok.Danau Tuo, Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang menjadi lima wisata danau di Kabupaten Solok.

Bupati Solok, Gusmal mengatakan, di kabupaten solok ini ada sekitar 172 kawasan wisata, termasuk di dalamnya wisata alam sejarah budaya. Serta Kabupaten Solok menjadikan wisata sebagai salah satu pilar pembangunan.

"Ini merupakan bentuk keseriusan kami di bidang pariwisata, saya berharap kepada tim penilai agar Solok dapat menjadi yang terbaik hendaknya," ujarnya.

“Dia menyebutkan, merujuk kepada visi daerah dalam pembangunan kabupaten solok sebagaimana tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021, di tahun ini Kabupaten Solok difokuskan kepada beberapa capaian indikator pembangunan di sektor pariwisata yang masih belum optimal diantaranya, pengelolaan objek wisata secara profesional demi peningkatan pertumbuhan industri pariwisata.

Selain itu juga memunculkan kelompok sadar wisata di setiap nagari yang sampai saat sudah berjumlah sebanyak 25 pokdarwis. Sedangkan untuk jumlah homestay yang sudah terdata di kab. Solok berjumlah sebanyak 95 buah homestay yang tersebar di sejumlah kampung budaya/desa wisata.

"Maka dari data tersebut menggambarkan bahwa semakin baiknya kesadaran masyarakat kabupaten Solok dalam menunjang sektor pariwisata sebagai sektor prioritas daerah," urainya.

Sementara Ketua tim verifikasi Peduli Wisata Award (PWA) 2020, Syamsurizal, di Arosuka, menyatakan.Kami sampaikan bahwa kabupaten Solok adalah salah satu daerah yang lengkap dokumen nya, sehingga kami melakukan verifikasi pada hari ini,"katanya Kamis kemaren.

Dia mengatakan, PWA 2020 merupakan merupakan kegiatan dari dinas pariwisata Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota dimana untuk menunjukan hasil yang signifikan dalam pembangunan pariwisata yang madani.

"Aspek yang dinilai nantinya adalah aspek tata pamong, aspek tentang lingkungan kepariwisataan, aspek ekonomi kepariwisataan, aspek ekonomi kreatif, aspek pemasaran pariwisata, aspek pemberdayaan masyarakatdan aspek protokol kesehatan dan sebagainya,"paparnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Nasripul Romika dalam eksposnya menyampaikan pengembangan pariwisata kabupaten Solok. Kawasan wisata yang aman dan tertib menjadi faktor utama yang harus dijamin oleh pengelola., tentunya mereka akan memilih lokasi atau objek wisata yang aman, tertib dan nyaman.

Kemudian ada kampung budaya di empat nagari, salah satunya di nagari Jawi-jawi yang menonjolkan kearifan budaya masyarakat lokal. Wisata pendakian Gunung Talang, dan masih banyak lainnya.

"Yang jelas, Pariwisata menjadi andalan kita diluar sektor pertanian untuk mensejahterakan masyarakat. Sering New Normal, kita yakin, pariwisata akan kembali menggeliat tajam,"katanya.

Dalam masa normal baru, pengelolaan pariwisata di kabupaten Solok tidak jauh berbeda. Hanya saja, pengelola objek wisata diharuskan menyediakan sarana atau fasilitas penerapan protokol kesehatan. Nasripul Romika menjelaskan, pihaknya sudah melakukan bimbingan dan pembinaan bagi masyarakat dilingkungan objek wisata dan juga pengelola.

Sejauh ini, sudah ada 25 kelompok sadar wisata yang secara aktif membantu promosi pariwisata dan peningkatan mutu pelayanan. Pokdarwis merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam memajukan pariwisata."Homestay dan pondok penginapan juga terus tumbuh di kabupaten Solok , terutama di kawasan kampung budaya. Homestay dikelola secara mandiri oleh masyarakat dan dampak ekonominya bisa dirasakan langsung," terang Nasripul.||| Geby- Advertorial

BERITA LAINNYA
Kamis, 22 Oktober 2020 | 12:14:50
Hj.Zulaikhah Wardan S.Sos ME Pimpin Rapat Lanjutan FKS
Rabu, 21 Oktober 2020 | 12:19:59
Bupati HM.Wardan Lakukan Panen Raya Jagung
Jumat, 16 Oktober 2020 | 01:26:14
HM.Wardan Pimpin Istighosah Kubra Minggu ke Dua
Rabu, 14 Oktober 2020 | 22:51:08
H.M Wardan Undang Pengurus TBM ke Kediaman Bupati
BERIKAN KOMENTAR
Top