• Home
  • Kota Solok
  • Bawaslu Kota Solok Permudah Masyarakat Gali Informasi Melalui Website
Senin, 2 Desember 2019 | 23:58:30

Bawaslu Kota Solok Permudah Masyarakat Gali Informasi Melalui Website

Foto/Ist
Bawaslu Kota Solok Permudah Masyarakat Gali Informasi Melalui Website
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.KOTA SOLOK ||| Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu dituntut untuk dapat menyampaikan semua informasi terkait tupoksi dan kinerja menggunakan website dan media sosial. Hal itu agar masyarakat bisa mengakses melalui website sebagai media informasi. 

Tujuan pengelolaan media informasi adalah pemenuhan hak tahu publik dan mengakomodasi aspirasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik, hal itu disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumatera Barat, Vifner, SH.MH, dalam Rapat Kerja Bawaslu Kota Solok, Kamis (21/11) di Mami Hotel Kota Solok.

“Pemilu adalah hak hidup orang banyak, oleh sebab itu Pemilu harus diawasi dengan baik. Isi yang bagus harus dikemas dengan bagus, sehingga nilai jualnya akan menghasilkan hasil yang bagus juga. Isi yang bagus namun jika tidak dikemas dengan bagus maka hasilnya tidak bagus”,ujar Vifner kepada peserta Raker.

Pada kesempatan itu, Komisioner Bawaslu Sumbar juga mengapresiasi kinerja Bawaslu Kota Solok yang selangkah lebih maju dari Bawaslu kota dan kabupaten lainnya.

“Apresiasi kita berikan kepada jajaran Bawaslu Kota Solok yang selangkah lebih maju dari Bawaslu lainnya di Sumbar, ditambah lagi Komisionernya mempunyai kemampuan rata-rata,” tutur  Vifner spontan.

Sebelumnya Raker Pengelolaan Website dan Media Informasi tersebut, dibuka oleh Koordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Solok, Rafikul Amin. Pelaksanaanya, melibatkan beberapa intansi, diabtaranya dari Pemerintah Kota Solok yaitu Kesbangpol, Diskominfo, dan Disdukcapil. Disamping itu juga melibatkan insan pers yang ada di Kota Solok.

Momentum raker juga dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Solok, Triati dan Budi Santosa, Kadis Dukcapil Kota Solok, Syaiful Rustam, Kabid Informasi Keterbukaan Publik (IKP) Kominfo Kota Solok, Jon Mukhni, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Solok, Agustin Melta dan Ketua Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), Roni Natase.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati saat menutup kegiatan mengatakan, dengan adanya website sebagai media infirmasi dari Badan Pengawasan Pemilihan Umum (BAWASLU), masyarakat akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan informasi tentang tugas dan fungsi dari badan pengawas pemilu dalam artian bagi masyarakat Kota Solok.

“Raker ini tujuannya adalah meningkatkan kapasitas kinerja dan SDM dari personil yang ada di Bawaslu, terutama untuk menambah wawasan tentang pengelolaan website dan media sebagai wadah untuk penyampaian informasi bagi masyarakat/publik. Dan sasarannya adalah jajaran Bawaslu Kota Solok,” sebut, Triati.

Karenanya papar Ketua Bawaslu Triati, dalam era teknologi sekarang  ini, Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu dituntut untuk dapat menyampaikan semua informasi terkait tupoksi dan kinerja menggunakan website dan media sosial. Dan bagi masyarakat bisa mengakses melalui website Bawaslu Kota Solok, www.solokkota.bawaslu.go.id .

Ditambah lagi katanya, keterbukaan informasi dengan azas cepat, tepat dan akurat sangat dibutuhkan demi mengantisipasi merabaknya hoaks atau berita bohong ditengah masyarakat.

"Oleh sebab itu Bawaslu Kota Solok berkomitmen untuk menjadi lembaga negara yang bisa memberikan informasi yang cepat, akurat dan gampang diakses. Apalagi di era teknologi saat ini, kita sebagai pengawas pemilu harus memberikan informasi kepada publik melalui website dan media informasi lainnya yang mudah di akses,” ungkap, Triati.

“Terimakasih dan apresiasi kami sampaikan kepada pihak Kominfo Kota Solok, atas semua kerja sama selama ini serta berkenan berbagi ilmu dengan kami Bawaslu Kota Solok. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini selalu berbagi informasi sebagai mitra Bawaslu Kota Solok,” papar Ketua Bawasku Kota Solok Triati,||| Roni Natase

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top