• Home
  • Kota Solok
  • Kapolres Solok Kota,AKBP Dony Setiawan,SIK.MH Dianugrahi Beragam Mahkota Penghargaan
Kamis, 12 Juli 2018 | 12:09:43

Kapolres Solok Kota,AKBP Dony Setiawan,SIK.MH Dianugrahi Beragam Mahkota Penghargaan

Foto/Ist
Kapolres Solok Kota,AKBP Dony Setiawan,SIK.MH Dianugrahi Beragam Mahkota Penghargaan

aktualonline.com.SOLOK///Puncak perayaan dan upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 72 Tahun 2018 di Mapolres Solok Kota diwarnai dengan sukacita dan kebahagiaan yang tak terkira dalam jajaran keluarga besar Polres Solok Kota.

Pasalnya, perayaan dan peringatan HUT Bhayangkara yang dilangsungkan pada Rabu (11/7) diwarnai dengan pemberian piagam penghargaan bagi Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan,SIK.MH.

Siapa bisa mengira dihari yang cerah itu, Dony Setiawan Kapolres Solok Kota, dianugrahi beragam peghargaan, dalam arti kata Kapolres Solok Kota Bermadikan penghargaan dari berbagai kalangan dan aspek, termasuk juga dari pemerintah Kota dan Kabupaten Solok.

Sambil tersenyum ramah dia menyatakan, amanah adalah tantangan yang harus dijalankan dengan penuh ikhlas. Karena itu, bukan suatu Kiasan lagi, Publik tahu bahwa POLRI bertugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat dari segala kriminalitas, melayani masyarakat, "serta menegakkan hukum dengan mengenakan sanksi kepada siapa saja, yang dengan sengaja melanggar hukum di Indonesia, dan sangsi hukum diberlakukan tanpa pandang bulu," ujarnya..

Menurut pendapat Dony, masyarakat akan dibuat kagum oleh sosok polisi yang sangat peduli terhadap kondisi masyarakat, yang bukan cuma dari sisi keamanan saja. Akan tetapi dari semua aspek, terlebihnya lagi peduli membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi serta peduli dengan agama.

Sejak mengemban amanah menjadi Kapolres Solok Kota, pria yang hobi main basket  dan mancing ini, mengaku setiap hari dirinya bersama jajaran Mapolres Solok Kota. memikirkan bagaimana solusi untuk bagai mana mampu menegakan hukum yang baik di daerah tugasnya. Hal itu juga demi bangsa dan negara serta membuat bagaiman warga Solok Kota Wilayah hukum yang di komandoinya  terayomi dan tidak lagi berasumsi lain terhadap tugas dan keberadaan polisi.

Sejak awal mengemban amanah tugas menjadi Kapolres Di Polres Solok Kota, dirinya dengan perlahan bersama jajaranya langsung mendatangi masyarakat tanpa membedakan ras, golongan dan tingkat ekonomi masyarakat Solok,

Karena dalam pemikiranya menemui sejumlah tokoh. Baik tokoh adat, agama, LKAAM, KAN, Bundo Kandung, Unsur Organisasi, Partai Politik, Media Masa, pemerintahan, dan berbagai aspek lainya.  Karena dirinya berkeyakinan kesemua aspek diatas merupakan garda terdepan majunya suatu daerah yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainya, dan itu beliau lakukan dengan seksama, dengan ramah dan penuh senyum.

Karena itu, dirinya merasa betah di bertugas Kota Solok. Yang ditompang oleh suasananya yang ramah, damai dan tentram, tidak seperti yang pernah diberitakan, yang katanya ada persekusi, intimidasi dan sebagainya. Di sini, saya menilai ulama, tokoh agama dan pemeritah serta masyarakat Solok sangat dipercaya dan jadi panutan serta bersahabat.," kesemua hal itu diungkapkanya  saat acar Puncak HUT Bhayangkara ke72, tahun 2018 di Mapolres Solok Kota, Rabu (11/07).

Mengenai target awal bertugas di wilayah hukum Polres Solok Kota, Dony mengaku akan membawa perubahan baru di Polres Solok Kota. Sesuai dengan tribrata Polri, polisi harus bertindak dengan beriorientasi terhadap klien, yaitu masyarakat. Yaitu sebagai pelayan, pelindung dan penegak hukum yang ramah, bijak dan baik. Dan itu semua dengan perlahan mampu beliau torehkan di wilayah hukum yang dia nahkodai.

Mengenai dengan sejumlah track record-nya selama ini, Dony menyatakan ingin membawa pembaharuan di Polres Solok Kota dan masyarakat Solok. Meski begitu, dirinya berharap seluruh elemen bisa mendukung termasuk pemerintah dan masyarakat. Itu semua mampu beliau buktikan dengan dalih tulus dan ikhlas, dimana semenjak beliau menjabat sebagai Kapolres Solok Kota, membuat Wilayah Hukum Mapolres Solok Kita menjadi aman, tentram dan damai.

Banyak pihak berkata,  AKBP Dony Setiawan, S.I.K,MH, siapa sich yang tidak kenal dengan pria Ganteng ramah dan suka senyum, yang tanpa pamrih mengayomi masyarakat tanpa pembedakan satu sama lainya. Dony Setiawan dilantik sebagai pengemban amanah Kapolres Solok Kota menggantikan AKBP Susmelawati Rosya sejak Juni 2017 lalu,  yang di mutasi ke Polda Sumatera Barat..

Dalam kesempatan itu, Walikota Solok H. Zul Elfian,SH.M.Si menyatakan, ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Atas amanah tugas yang dijalankan di Wilayah Hukum Mapolres Solok Kota Selama ini, yang berjalan sangat baik sekali.

Namun seiring berjalanya waktu, siapa sich yang tidak kenal dengan AKBP Dony Setiawan Kapolres Solok Kita.  yang sehari-hari menghabiskan waktu mengayomi masyarakat tanpa pembedakan satu sama lainya. Seperti kita ketahui, Dony Setiawan dilantik sebagai pengemban amanah Kapolres Solok Kota, sejak Juni  2017 lalu. Atas kepiawaianya sebagai Kapolres Solok Kota. Membuat Namanya dan jajarannya menggema kemana-mana, "segudag prestasi mampu beliau ukir, sehingga menjadikan Mapolres Solok Kota mandi Penghargaan yang berdatangan dari berbagai elemen dan aspek serta pemerintah daerah Kota dan Kabupaten Solok,"papar Walikota Solok.

Zul Elfian menyatakan, sejak dirinya mengemban amanah tugas menjadi Polres Solok Kota. Sampai acara HUT Bhayangkara Ke-72 tahun 2018 ini. Dan Perlahan namun pasti, berbagai kasus mampu dia ungkap, bekuk dan reda, yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Inovesinya juga mampu membuat jajaranya berbuat membantu, berbaur dengan warga didaerah jajaranya.

"Tentunya tidak dapat kita pungkiri, banyak sudah prestasi yang ditorehkan, baik oleh sosoknya sendiri, maupun oleh jajaranya, terutama Bhabinkamtibmas jajaranya, sebut saja bedah rumah warga miskin. Pengobatan gratis, bantu warga ditimpa kebakaran, membantu masyarakat baik moril dan material, dan banyak lagi yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Dan pengungkapan berbagai kasus basar dan kecil di wilayah hukum Mapolres Solok Kita yang tidak bisa kita sebutkan satu persatunya,"urai Zul Elfian.

Walikota Solok menilai, sejak Dony Setiawan menjabat sebagai Kapolres Solok Kota,  banyak hal yang sudah dia dilakukan, "menariknya selain melaksanakan tugas-tugas utama sebagai seorang polisi, laki-laki berdarah Palembang ini juga sangat peduli dengan masalah lingkungan dan sosial kemaysarakatan. Dony mampu memberi nuansa tentram, bahkan di kalangan kiyai, dai, ulama Kota Solok dan Kabupaten Solok,"ujarnya.

Dikatakan dia, Khusus untuk golongan agama di Kota Solok dan wilayah hukumnya di Kabupaten Solok, mereka memberi perhatian sangat khusus. Mereka bahkan sudah beberapa kali diundang ke Mapolres Solok Kota untuk berdiskusi mewujudkan Solok Kota Beras Serambi Madinah.

Lebih lanjut disampaikan Walikota Solok, bahkan beliau sangat mendorong mewujudkan itu, Bahkan,Polres Solok Kota menjalin kerja sama dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Berbagai aspek, diantaranya dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok untuk memaksimalkan peran Da'i Kamtibmas. MoU juga dijalin dengan Dinas Sosial dan Satpol Pamong Praja Kota Solok, terkait penanganan preman dan premanisme serta Penyakit Masyarakat (Pekat) di Kota Solok, dengan Dinas Kesehatan Kota Solok dan Dinas serta betbagai aspek lainya.

"MoU ini merupakan gagasan dan inovasi untuk mendukung suasana agamis dengan titian adat basadi sarak, sarak basandi katabullah di Solok. Sesuai dengan prinsip Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah yang menjadi pegangan masyarakat Minangkabau," urai Zul Elfian.

Dia juga mengapresiasi kepedulian yang telah diberikan oleh para ulama dan Da'i Kota Solok, dan pemuka agama lainnya dalam membangun Kota Solok tanpa pamrih. Ini merupakan sebuah perjuangan yang tiada nilainya, dan layak dijadikan motivasi dan menjadi contoh bagi para pemangku kepentingan.

"Tentunya dengan  MoU itu,  kita berkeinginan dan menaruh harapkan, agar para ulama dan Da'i, mendapatkan perhatian lebih serius dari pemerintah daerah, baik moril atau pun materil. Pemko Solok sangat menberikan apresiasi, karena telah menjadi satu-satunya daerah tingkat dua yang pertama memunculkan inovasi ini," paparnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can,SE , menilai. Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan,  merupakan sosok pemimpin yang patut diteladani oleh semua orang, Dia bekerja dengan hati walau penuh tantangan. "Dirinya siap menerima laporan 24 jam, dan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat luas dengan cermat.

Tentunya atas kepemimpinan beliau sangat mengundang  banyak pihak berkata, berucap dan berikustrasi. "Kehadiran sosok Dony Setiawan sejak Menjadi Kapolres Solok Kota  sejak Juni 2017 lalu. Menorehkan serta telah mampu menggali mutiara yang selama ini terbenam dalam lumpur di Kota Solok, dan patut kita teladani,"papar Yutris Can.

Dikatakan Yutris Can, kalau kita kalkulasikan satu tahun sudah dia mengemban amanah tugas sebagai nahkoda di Mapolres Solok Kota, semua mata melirik atas kepiawaian dan kejelian kepemimpinanya. Dan kesemua itu berbuah manis bagi dirinya dan juga bagi jajaranya.

Tentunya papar politisi Golkar itu, dengan kejelian beliau, harapan banyak elemen tertumpang kepada keutuhan dan kepiawaian Dony sebagai Kapolres Solok Kota. Agar tercipta terus keamanan yang tiada hentinya. serta selalu dirinya dan jajaranya selalu diberi kesehatan oleh yang maha kuasa dalam mengemban amanah. "Hal itu tidak lain agar kemajuan Kota Solok sepanjang waktu dan citra Kota Solok  di mata daerah lainya,"terangnya.///Roni Natase

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top