• Home
  • Nias
  • Genjot Kesejahteraan Petani…Pemkab Nias Prioritaskan Sektor Pertanian
Sabtu, 27 Januari 2018 | 12:31:31

Genjot Kesejahteraan Petani…Pemkab Nias Prioritaskan Sektor Pertanian

aktualonline.com/prediaro zebua
Genjot Kesejahteraan Petani…Pemkab Nias Prioritaskan Sektor Pertanian
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.NIAS///Pemerintah kabupaten nias berupaya menggenjot pertumbuhan ekonomi petani melalui Berbagai cabang usaha tani yang dikelola masyarakat seperti bertanam padi sawah, padi ladang, palawija, sayur sayuran, beternak , berkebun karet dan coklat meskipun hasilnya masih jauh dari apa yang diharapkan.

 

Itu salah satu alasan pemda mengapa sektor pertanian menjadi salah satu prioritas dan program pemerintah dewasa ini.

 

Demikian disampaikan wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu SH.MH, di Desa Sirete Kecamatan Gido saat kegiatan panen Raya Jumat, (26/1/2018).

Produksi dan produktivitas yang dicapai dari setiap komoditas oleh petani di Kabupaten Nias masih rendah dan belum mampu mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani secara menyeluruh.

Rendahnya produksi dan produktivitas yang dicapai disebabkan oleh keterbatasan yang dimiliki para petani, baik di bidang pengetahuan, keterampilan serta lemahnya kemampuan kelembagaan kelompok tani yang telah terbentuk di pedesaan.

"Benih padi unggul berlabel biru yang dianjurkan pemerintah saja tidak ada di Nias, dan kita berharap produksi dari penakar atau balai balai benih dari luar daerah. Makanya petani kita belum membudayakan penggunaan benih unggul yang dianjurkan pemerintah secara optimal," katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut wabup, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Nias setiap tahun melaksanakan program pembangunan ekonomi masyarakat, baik program peningkatan produksi tanaman pangan berupa padi melalui kegiatan intensifikasi padi sawah, seksaligus peningkatan pengetahuan dan keterampilanpara petani dan kelompok tani.

Selain itu, Pemkab Nias juga memberi bantuan benih padi unggul kepada kelompok tani serta bantuan sebagian sarana produksi yang dibutuhkan, dan melakukan terobosan terobosan untuk memperjuangkan kebutuhan petani dan masyarakat di Kabupaten Nias.//P.Zebua

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 20 Februari 2018 | 00:40:12
Peringatan HKN di Kabupaten Nias Lancar
Minggu, 18 Februari 2018 | 23:01:47
Beras Rastra Berubah Nama Jadi Bansos Rastra
Minggu, 18 Februari 2018 | 22:59:46
Bupati Nias Tempatkan dokter Spesialis di Puskesmas
Rabu, 14 Februari 2018 | 00:40:18
Pendidikan Sangat Penting Untuk Bekal Masa Depan
Selasa, 6 Februari 2018 | 12:14:10
Bupati Nias Sambut Kunker DPD-RI
Rabu, 24 Januari 2018 | 23:09:04
Bupati Nias Tandatangani Komitmen UHC JKN-KIS
BERIKAN KOMENTAR
Top