• Home
  • Nias
  • Wujudkan Masyarakat Hidup Sehat,Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Germas
Selasa, 18 Desember 2018 | 23:20:49

Wujudkan Masyarakat Hidup Sehat,Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Germas

aktualonline.com/prediaro zebua
Wujudkan Masyarakat Hidup Sehat,Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Germas
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.NIAS///Dalam mewujudkan masyarakat Nias yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera.Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kabupaten Nias yang dilaksanakan di Diruang Training Center RSUD Gunungsitoli. Senin (17/12).


Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam arahan menyampaikan bahwa Pembangu nan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua kompo nen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

 

Dimana  Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. 

Dampak meningkatnya kejadian penyakit ini adalah meningkatnya pembiayaan pelaya nan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mem pengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.


"Melalui Gerakan masyarakat hidup sehat ini adalah gerakan bersama yang memiliki tujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik." terangnya.

 

Lebih lanjut, Bupati juga menjelaskan,  prinsip dari Gerakan ini adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya, Supaya terus melakukan kampanye dan sosialisasi hidup sehat, menggalang komitmen bersama dan dukungan berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat" harapnya.


Melalui Kegiatan pada hari ini, Orang nomor satu di Kabupaten Nias ini menghimbau agar setiap sektor ambil bagian dalam kampanye Germas antara lain melalui kegiatan yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat. 


"Guna mencapai tujuan Germas secara lebih fokus dan terarah, maka setiap tahun dibuat beberapa fokus kegiatan dari Germas ini.  Untuk tahun 2018, fokus Germas secara nasional adalah melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala. Yang mana hal ini juga kita sosialisasikan di Kabupaten Nias dan menjadi komitmen bersama semua pihak untuk mewujudkannya. Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksana kan dalam kegiatan sehari-hari.


Mengakhiri Arahannya, Bupati mengharapkan semua Perangkat Daerah serta Stake holder terkait untuk mendukung dan berperan dan aktif dalam mensosialisasikan mengimplementasikan serta mengintrasikan Germas dalam setiap Kegiatan Perangkat Daerah unit Kerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Nias.

 

Turut hadir pada sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kabupaten Nias yakni Dinas Kesehatan Provinsi Sumut( Narasumber),  Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Setda Kab. Nias, Dirut RSUD, Ketua TP PKK Kabupaten Nias, Camat se Kabupaten Nias, Kabag Lingkup Setda Kab. Nias, Kepala  BPJS Kesehatan Kabupaten Nias, Kepala UPT Puskesmas Se-Kabupaten Nias dan para undangan lainya.///P.Zebua

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 8 Agustus 2019 | 15:14:17
Bupati Nias Buka Seminar SDM Lembaga Budaya
Jumat, 2 Agustus 2019 | 11:30:32
Bupati Nias Apresiasi Rapat Paripurna DPRD
Minggu, 28 Juli 2019 | 23:33:49
Pemkab Nias Peringati Harganas dan HAN ke 37
Senin, 22 Juli 2019 | 00:11:57
Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Bidang Kepegawaian
Sabtu, 20 Juli 2019 | 10:59:31
Pemkab Nias Gelar LIPD 2019
BERIKAN KOMENTAR
Top