Selasa, 23 April 2019 | 23:13:00

Bulan Bhakti IBI KB-Kes Diharapkan Berkontribusi Bangun SDM

aktualonline.com/Ibnu Nasution
Wabup Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Kadis P2KBP3A Drs.Amir Soleh Nasution dan Perwira Penghubung Kodim 0212/TS Mayor Inf .S .Pasaribu, melakukan peninjau pelayanan kesehatan bagi masyarakat .
BERITA TERKAIT:

aktualonline.cm.PALAS ||| Pencanangan Bulan Bhakti IBI KB-Kesehatan tahun 2019 yang dilaksanakan melalui pelayanan KB dan Kesehatan untuk memberikan kontribusi pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Kegiatan itu terlaksana kerjasama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Dinas Kesehatan ,Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Palas ,Selasa(23/4/2019) dilapangan Balaka Sitokon , Kecamatan Lubuk Barumun.

Kadis P2KBP3A Drs.Amir Soleh Nasution dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini memingkatkan pengelolaan pelayanan KB dan kesehatan .

Selain itu , kata dia meningkatkan cakupan peserta KB baru sebesar 50-65 persen ditahun 2019 ini ,meningkatkan percapaian peserta KB baru Methode Kontrasepsi jangka panjang (MKJP), meningkatkan pembinaan keberlangsungan peserta KB aktif , mening katkan partisipasi aktif organisasi profesi khususnya IBI baik tingkat desa maupun kecamatan dalam.pengelolaan KB dan Kesehatan .

Kata Amir, sasaran peserta yang mengikuti pencanaangan bulan bahkti sosial.IBI KB Kesehatan tingkat Kabupaten Palas berjumlah 250.orang terdiri dari Muspida,Instansi ,Tim Penggerak PKK ,Dinkes , PPLKB, PPKBD dan masyarakat,terangnya. 

"Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pelayanan pemasangan alat kontrasepsi berupa pil,suntik, IUD ,Implant dan kondom ,"kata Amir.

Wabup drg.J.Ahmad Zarnawi Pasaribu .Cht MM.M.Si ,sekaligus membuka acara pencanangan bulan bahkti IBI KB Kes berpesan, pembangunan keluarga sebagai dasar program kependudukan dan KB dan tidak terbatas masalah pembangunan keluarga sejahtera .

Menurut Wabup , kegiatan pencanangan bulan bahkti sosial IBI KB Kes merupakan keterpaduan program.kependudukan  dan pemberdayaan keluarga dengan pembangu nan sektor yang dilaksanakan secara sistematis .

"Manfaat bulan bahkti sosial IBI KB Kes dapat dirasakan  secara langsung oleh masyarakat terutama yang berafa diwilayah padat penduduk , tertinggal dan terpencil .Program ini memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan yang menjangkau masyarakat didesa -desa ,"ujar Zarnawi .

Pencanangan Bulan Bahkti Sosial IBI.KB Kes menjadi salah satu inovasi strategis untuk diimplementasikan prioritasnya pada program KB secara utuh. 

Wabup berharap, kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas .

Dengan KB, lanjutnya, merupakan upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia 
Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan tersebut mempunyai makna strategis dalam upaya menyukseskan salah satu program pembangunan nasional yaitu mewujudkan keluarga yang berkualitas. 

Wabup berpesan,  kiranya kegitan ini dapat berjalan baik, dan khusus kepada tenaga penyuluh lapangan KB dapat meningkatkan semangat kerja dalam mengabdi dan membangun Kabupaten Palas.ini lebih baik ke depan,kata Zarnawi.

Kita harapkan, melalui pencanangan yang kita laksanakan ini dapat meningkatkan cakupan peserta KB baru dan meningkatkan kualitas pelayanan KB dan kesehatan di Kabupaten  Palas sehingga IBI dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan pelayanan KB dan kesehatan di seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Palas.

Dengan berperan aktifnya organisasi IBI memberikan pelayanan KB kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan SDM masyarakat, demi tercapainya keluarga yang berkualitas,pungkas Wabup.||| Ibnu Nasution

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 16 Mei 2019 | 01:12:56
8 ASN Pemkab Palas Diberhentikan Tidak Hormat
Kamis, 16 Mei 2019 | 01:04:35
Pemkab Palas Gelar OPM di 12 Kecamatan
BERIKAN KOMENTAR
Top