• Home
  • Padang Sidimpuan
  • SMA 1 dan Nurul Ilmi Padangsidimpuan Loloskan 8 Siswa Sebagai Duta Ke OSN 2019 Tingkat Provinsi
Jumat, 15 Maret 2019 | 14:24:09

SMA 1 dan Nurul Ilmi Padangsidimpuan Loloskan 8 Siswa Sebagai Duta Ke OSN 2019 Tingkat Provinsi

aktualonline.com.PADANG SIDIMPUAN ||| Sebanyak 27 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Menjadi utusan dari Kota Padangsidimpuan ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Utara setelah berkompetisi dengan ratusan siswa dari 28 sekolah Negeri maupun swasta se kota Padangsidimpuan.  Dari 27 siswa ini terdapat masing masing 8 orang siswa dari SMA Negeri 1 dan SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan.

 

OSN memperlombakan 9 bidang studi yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Geokrafi, Ekonomi dan Komputer (TIK). Masing masing bidang studi mengutus 3 orang siswa sebagai duta daerah. Peserta daerah nantinya akan bersaing lagi dengan ratusan siswa guna mendapatkan pemenang yang akan menjadi utusan ke OSN tingkat Nasional.

 

Kepala SMA Negeri 1 Padangsidimpuan Dra. Nursyawiyah M.Pd menanggapi keberhasilan ini mengatakan bahwa semuanya berkat kerjasama antara tenaga pendidik di sekolah dengan orang tua siswa. “ kita mendorong jiwa kompetisi dalam prestasi bagi seluruh anak didik kita secara sehat. Selain bidang akdemik, sekolah juga memberi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya baik secara perseorangan maupun kelompok seperti bidang seni dan olah raga” paparnya.

 

Ia berkeyakinan bahwa kedepan prestasi ini masih bisa ditingkatkan karena sekolah punya tenaga pendidik yang berkompetensi di bidangnya serta adanya dorongan orang tua siswa untuk memacu prestasi anak.

 

Sementara itu di tempat terpisah, Nasruddin Nasution salah seorang anggota Komite SMA Negeri 1 Padangsidimpuan ketika di tanya tanggapannya mengenai OSN mengatakan bahwa dari sekian banyaknya indikator keberhasilan pengelolaan sekolah adalah Olimpiade Sain. “ kalau melihat jumlah siswa SMA 1 yang lolos ke OSN sebanyak 8 orang, berarti dari beberapa bidang ilmu yang di perlombakan sekolah ini berhasil namun belum memuaskan” ucapnya. 

 

Alasan yang di berikannya karena belum semua bidang studi yang di perlombakan ada utusan dari sekolah ini. “kalau bisa tahun depan siswa SMA 1 harus 18 orang yang lolos atau sapu bersih. Kita bukan sombong, tapi kita mesti membuat target besar” ujarnya.

 

Lebih jauh pria yang biasa di sapa Anas ini mengatakan bahwa masyarakat sering menilai Kwalitas atau mutu pendidikan di satu sekolah dilihat dari jumlah siswa yang lolos ke OSN dan masuk ke Perguruan tinggi negeri. Untuk itu seluruh sekolah di kota ini harus mampu berprestasi, terutama sekolah negeri yang mendapat pembiayaan besar dari pemerintah, jangan tertinggal dari sekolah swasta.



Adapun sekolah dari Sidimpuan yang berhasil mengirimkan siswanya ke OSN Provinsi yakni SMA Negeri 1 sebanyak 8 orang SMA Swasta Nurul Ilmi 8 orang, MAN 2 sebanyak 4 orang, MAN 1 sebanyak 3 orang, SMA Negeri 4 sebanyak 2 orang, SMA Negeri 8 dan SMA Swasta Kesuma Indah masing masing satu orang.||| Asrol Sani

 

 

 

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Jumat, 1 Maret 2019 | 01:26:32
Cabuli Anak Dibawah Umur,RSP DIbekuk Polisi
Selasa, 19 Februari 2019 | 14:35:07
Miliki Ganja FMS Diciduk Timsus Polres Padangsidimpuan
BERIKAN KOMENTAR
Top