• Home
  • Pekanbaru
  • Gubernur Riau Sambut Baik Demonstrasi Terkait Karhutla
Kamis, 3 Oktober 2019 | 22:30:58

Gubernur Riau Sambut Baik Demonstrasi Terkait Karhutla

aktualonline.com/feri sibarani
Gubernur Riau Sambut Baik Demonstrasi Terkait Karhutla

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Gelombang demonstrasi dari gabungan mahasiswa di Pekanbaru provinsi riau kembali turun kejalan untuk meminta kepada  pemerintah provinsi Riau, melalui Gubernur Syamsuar terkait bencana asap akibat karhutla.

 

Ribuan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Riau itu mendatangi Kantor Gubernur Riau untuk melakukan aksi unjuk rasa, Kamis (3/10/2019). Dalam aksinya, ribuan mahasiswa menuntut kepada Gubernur Riau untuk segera menuntaskan persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sehingga tidak ada lagi kabut asap yang menyelidiki Provinsi Riau ditahun-tahun yang akan datang.

 

Menanggapi tuntutan demonstran tersebut, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bahwa dirinya mendukung aspirasi Mahasiswa tersebut.

 

“Kami tentunya mendukung apa yang disampaikan oleh adik-adik kami. Karena kami pemerintah punya komitmen yang sama dengan adik-adik terutama mengenai permasalahan kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Gubri di hadapan ribuan demonstran di halaman kantor gubri.

 

Gubri juga menginstruksikan kepada seluruh  bupati serta walikota di wilayah Provinsi untuk dapat mulai menanganinya dengan pencegahan.

 

“Saya juga meminta kepada bupati di daerah, agar tentunya kedepan ini kita berusaha agar kebakaran hutan ini dapat kita mulai dengan usaha pencegahan kepada masyarakat yang ada di kabupaten dan kota di Provinsi Riau,” imbuhnya.

 

Syamsuar menambahkan, bahwa apa yang menjadi tuntutan dari mahasiswa merupakan harapan seluruh masyarakat di Provinsi Riau. “Tentunya ini harapan kami juga, ingin ke depan ini karhutla tidak terjadi lagi,” ujar Syamsuar.

 

Mantan Bupati Siak itu juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh kepala daerah di Kabupaten dan kota di Provinsi Riau agar segera menindaklanjuti karhutla yang telah terjadi.

 

“Kami juga sudah membuat surat edaran kepada kepala daerah kabupaten kota agar kiranya lahan-lahan yang terbakar pada saat ini dapat dipasang police line, sehingga nanti dapat menindaklanjuti terhadap pelaku yang membakar lahan baik dari perusahaan maupun dari masyarakat,” tuturnya.

 

Gubri berharap, dengan dukungan semua pihak, persoalan karhutla penyebab kabut asap ini dapat segar diselesaikan dengan tuntas.

 

“Mudah-mudahan dengan dukungan kita semua apa yang diharapkan adek adek tadi dapat kita selesaikan. Baik berkaitan dengan perizinan, ada yang dikeluarkan oleh pusat, provinsi dan kabupaten, tentunya kita akan tindaklanjuti, nanti kita akan sesuaikan dengan peraturan yang berlaku,” tutupnya.||| Feri/rls

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 8 Oktober 2019 | 16:34:39
Gubernur Riau Sambut Baik Demonstrasi Terkait Karhutla
Kamis, 3 Oktober 2019 | 22:36:57
Jalinsum Longsor,Gubernur Riau Turun ke Lokasi
BERIKAN KOMENTAR
Top