• Home
  • Pekanbaru
  • Hari Anti Korupsi, Kejari Pelalawan Ajak Anak Milenial Pelopor Anti Korupsi
Selasa, 10 Desember 2019 | 12:53:33

Hari Anti Korupsi, Kejari Pelalawan Ajak Anak Milenial Pelopor Anti Korupsi

aktualonline.com/feri sibarani

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Momentum peringatan Hari Anti Korupsi Internasional Tahun 2019 adalah sebuah momen bersejarah dan penting bagi semua bangsa, tak terkecuali Indonesia, bahkan Kejari Pelalawan pun jadikan momen tersebut sebagai wahana menarik minat para siswa/wi SMA/SMK se Kabupaten Pelalawan untuk menjadi pelopor anti korupsi.

 

Kegiatan yang digagas oleh Kepala kejaksaan Negeri Pelalawan itu, Nophy Tennophero Suoth, SH,MH dikemas  kedalam sebuah kegiatan menarik, yaitu perlombaan acara pidato antar siswa/wi SMA/SMK se Kabupaten Pelalawan, tentang seputar pandangan dan sikap para siswa melawan perilaku korupsi, khususnya di Indonesia yang kian marak dan massif akhir-akhir ini.

 

Bukan tanpa alasan, Kepala kejaksaan Negeri Pelalawan merasa momentum kali ini merupakan kesempatan emas untuk "menelurkan" jiwa dan sikap jujur serta penuh pengabdian kepada nusa dan bangsa didalam diri para siswa yang konon adalah penerus bangsa dan Negara dimasa yang akan datang.

 

"Memberantas korupsi bukan saja melulu hanya menangkap dan memenjarakan para pelaku, selain itu kita sebagai penagak hukum yang terdepan khususnya penanganan korupsi, harus mampu memberikan pencegahan sejak dini, melalui edukasi yang menarik bagi Generasi bangsa,"kata Kajari Pelalawan, Nopy South.

 

Nopy berharap melalui gagasan pihaknya kali ini, para siswa bahkan seluruh tamu undangan dari unsur penegak hukum maupun PNS dapat merasakan bahwa ada sebuah tanggung jawab bersama yang serius, dan berkelanjutan guna menekan jumlah tindak pidana korupsi khususnya di Pemkab Pelalawan kedepan.

 

"Tindak kejahatan korupsi itu adalah masalah yang sangat serius, karena berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat luas, selain menjadi rusaknya budaya kita, korupsi juga berdampak langsung kepada pertumbuhan ekonomi, agama, dan kehidupan sosial," lanjut Nopy.

 

Ditengah-tengah acara perlombaan tampak para tamu undangan terlihat antusias, tak terkecuali Bupati Pelalawan, H. M. Harris, dan wakil bupati, Zardewan,  Kapolres Pelalawan, Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan, Ketua Pengadilan Agama Pelalawan, serta Ketua DPRD Pelalawan, Adi Sukemi, Kepala dinas pendidikan Kabupaten Pelalawan serta pejabat-pejabat penting lainya di lingkungan Pemkab Pelalawan.

 

Dalam acara yang digelar bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Kabupaten Pelalawan itu, tampil Bupati Pelalawan, H. M. Harris dalam sambutanya mengatakan bahwa semua elemen bangsa terutama para siswa/wi sebagai Generasi penerus bangsa harus memiliki Komitmen kuat dan menolak keras terhadap perilaku dan budaya korupsi karena merusak sendi-sendi bangsa dan Negara.

 

" Pertama saya sangat bangga kepada Kepala kejaksaan Negeri Pelalawan, yaitu Bapak Nopy South, yang sangat perduli dengan perilaku korupsi yang sangat merugikan kita semua, oleh karena itu, melalui kegiatan yang sangat positif ini, kepada anak-anak ku para siswa/wi mohon tanamkan ini didalam jiwamu, bahwa kalian harus menjadi pelopor-pelopor gerakan anti korupsi bukan saja di Pelalawan ini, tetapi Indonesia," terang Bupati Pelalawan, H. M. Harris dengan penuh semangat.

 

Bagi M. Harris kegiatan perlombaan pidato ini bukan saja hanya sekedar ajang pencari bakat pandai pidato, melainkan ada makna penting dan penuh penghayatan akan pentingnya moralitas dan integritas generasi bangsa dan menjadikan sumber daya manusia masadepan yang bersih dan jujur agar terwujud pembangunan bangsa yang kuat, maju, dan sejahtera.

 

" Saya mengucapkan banyak terimaksih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan, Bapak Nopy South, yang telah berhasil mewujudkan kegiatan yang sangat bagus dan penting ini, kita sangat bangga dan bersyukur karena baru kali ini ada yang namanya acara seperti ini tepat di hari anti korupsi Internasional," Kata M. Harris.

 

Adapun Pemenang Lomba Pidato Hari Anti Korupsi Internasional Tahun 2019 adalah Sebagai berikut : 

1. Pemenang Juara 1 An. TIURMA SIHOLMARITO SIMNOLON dari SMAN 2 Pangkalan Kuras. 

2. Pemenang Juara 2 An. ULFA DIAN ANASTHA dar SMAN 1 Pangkalan Kuras  

3. Pemenang Juara 3 An. HUJATUL HIKMAH dari SMAN 1 Langgam. 

4. Pemenang Juara Harapan 1 An. RIKA RAHMADANI dari SMAN 2 Langgam. 

5. Pemenang Juara Harapan 2 An. NATHANIA AMABEL SITOMPUL dari SMA Swasta TARUNA ANDALAN. 

6. Pemenang Juara Harapan 3 An. DONI IMANUEL R. dari SMAN BERNAS Pangkalan Kerinci. 

 

Kegiatan Lomba Pidato dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi  Internasional Tahun 2019 itu selesai dilaksanakan sekira jam 17.30 Wib.||| Feri Sibarani

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Feri S


BERITA LAINNYA
Jumat, 24 Januari 2020 | 01:02:51
SMK 7 Pekanbaru Tahan Ijazah Siswa Hingga 2 Tahun
Selasa, 10 Desember 2019 | 18:25:19
Kepala BKKBN Provinsi Riau Jarang Ditempat
Kamis, 28 November 2019 | 17:53:20
KPK Periksa Rumah "Bos Besar" Pekanbaru
BERIKAN KOMENTAR
Top