• Home
  • Pekanbaru
  • Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019 Dari Fraksi PDI - Perjuangan
Sabtu, 17 Juni 2017 | 01:55:26

Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019 Dari Fraksi PDI - Perjuangan

foto/aktualonline.com/feri sibarani
Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019 Dari Fraksi PDI - Perjuangan

aktualonline.com.PEKANBARU//Dinamika politik di gedung DPRD Riau Kian hari kian terasa. Baru-baru ini lembaga perwakilan rakyat tersebut barusan saja  melakukan Rolling komisi yang barang tentu sangat ber aroma politik dan kepentingan partai, ternyata hari ini kamis, 15/6/2017 lembaga legislatif itu juga melakukan acara rapat istimewa dalam rangka pergantian di tingkat pimpinan DPRD Riau dari wakil ketua DPRD Riau,  Drs. Manahara Manurung ( Fraksi PDIP )  kepada Kordias Pasaribu, SH. M.Si ( Ketua DPD PDIP provinsi Riau). 

 

Memasuki awal rapat istimewa, terlebih dahulu pihak kementerian agama perwakilan Riau membuka dengan doa bersama. Kemudian dilanjutkan oleh pimpinan DPRD Riau Hj. Septina Primawati, MM yang dengan santun menyapa dan memberi salam kepada seluruh hadirin dan para undangan. 

 

Berdasarkan pembacaan Surat Kemendagri yang disampaikan oleh ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati, MM bahwa prosesi pemberhentian dengan hormat atas wakil ketua DPRD Riau Drs. Manahara Manurung,  dan pengangkatan anggota DPRD Riau Kordias Pasaribu, SH. M.Si menjadi wakil ketua DPRD Riau, adalah berdasarkan surat keputusan Kemendagri  Nomor: 161.14-3247 Juni 2017  tentang pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau Drs. Manahara Manurung, dari Fraksi PDIP dalam masa jabatan 2014-2019 dan surat Kemendagri Nomor:    161.14-3248 Juni 2017 tentang pengangkatan dengan resmi wakil ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019, atas nama Kordias Pasaribu, SH. M.Si, dari Fraksi PDIP dan berdasarkan surat peraturan tata tertib DPRD Riau Nomor 30 tahun 2014,  Pasal 20 ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut,  bahwa anggota DPRD sebelum memangku jabatannya,  terlebih dahulu mengucapkan sumpah janji yang dipandu oleh pengadilan tinggi. 

 

Dalam pengambilan sumpah jabatan tersebut, tampak hadir ketua pengadilan tinggi Riau dengan hikmad memandu proses pengambilan sumpah jabatan dan disaksikan oleh seluruh peserta rapat dan para tamu undangan. Dengan mengucapkan sumpah jabatan nya, diatas kitab suci agama Kristen protestan, Kordias tampak santai sambil mengangkat tangannya seraya mengucapkan sumpah janjinya dengan nada lembut ia mengikuti panduan ketua pengadilan tinggi Riau. 

 

Usai pengambilan sumpah dan janjinya, Kordias resmi menjadi wakil ketua DPRD Riau dan langsung menuju kursi wakil ketua yang sebelumnya telah dikosongkan oleh Drs. Manahara Manurung.  Kordiaspun dalam keterangan persnya mengatakan bahwa pergantian ini adalah merupakan amanah dari Kemendagri dan merupakan hal yang biasa terjadi dalam dinamika politik.

 

Menjawab pertanyaan awak media diakhir prosesi foto bersama terkait program apa yang akan segera dilakukannya sebagai wakil pimpinan DPRD Riau yang baru, Kordias tidak banyak berkomentar. 

 

" Saya kan hanya mengikuti apa arahan pimpinan. Saya tidak bisa kerja sendiri, melainkan semua harus dimusyawarahkan terlebih dahulu, " Katanya singkat. 

 

Namun ia berjanji mengenai segala permasalahan yang ada di Provinsi Riau, ia akan siap selalu bekerjasama dengan pihak pemerintah provinsi dalam menyelesaikan permasalahan Riau. 

 

" Saya akan siap membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan Riau yang selalu ada Setiap tahun, " Katanya. 

 

Sehubungan dengan memanasnya permasalahan RTRW provinsi Riau saat ini, kepada Koresponden aktualonline.com, Kordias menyampaikan Tanggapan nya, bahwa semua harus dibahas bersama-sama. 

 

" Kita harus dengan cermat dalam memutuskan mana yang harus diputihkan. Semua ini kan terkait hanya untuk kesejahteraan rakyat provinsi Riau. Jadi harus jelas mana fasilitas umum, dan kebun rakyat. Jangan nanti disebut kebun rakyat, ternyata adalah perkebunan perusahaan, "sebutnya.

 

Menurutnya terkait dengan keadaan yang masih menggantung hingga kini, bukan berarti RTRW Riau tidak ada solusi, melainkan semua harus diperhitungkan dengan cermat. 

 

" Menurut saya tidak ada lagi yang berani macam-macam. Semua kan sudah transparan. Jadi saya kira ini murni demi rakyat kita, " katanya.///Feri Sibarani

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 3 Juli 2018 | 23:50:32
Aherson Nilai Pemprov Tidak Serius Benahi Riau
BERIKAN KOMENTAR
Top