• Home
  • Pekanbaru
  • Dinkes Riau Lakukan Evaluasi dan Tingkatkan Pencegahan Infeksi
Jumat, 27 April 2018 | 00:17:37

Dinkes Riau Lakukan Evaluasi dan Tingkatkan Pencegahan Infeksi

aktualonline.com/feri sibarani
Foto Bersama Kadinkes Riau, Hj. Mimi dan tenaga kesehatan dlm acara kegiatan evaluasi sistem pencegahan dan pengendalian infeksi.
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU///Kegiatan Evaluasi yang dihadiri langsung oleh Kepala dinas kesehatan provinsi Riau, Hj. Mimi Yuliani Nazir itu menyoroti tentang lemah sistem pengendalian dan pencegahan yang selama ini dilakukan, sehingga ia sangat mengharapkan para petugas kesehatan untuk serius meningkatkan kinerja sesuai dengan bagian-baganya demi terhindarnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh Infeksi.

 

Masih kurangnya kualitas dan kuantitas pengendalian infeksi di Rumah Sakit sangat terkait dengan komitmen pimpinan Rumah Sakit, serta memerlukan dukungan dari para petugas kesehatan di RS. Infeksi pada prinsipnya dapat dicegah, walaupun mungkin tidak dapat dihilangkan sama sekali.

 

Program pencegahan dan pengendalian infeksi sangat penting untuk dilaksanakan di Rumah Sakit dan sarana kesehatan sebagai tempat pelayanan kesehatab, disamping sebagai tolak ukur mutu pelayanan, juga untuk melindungi pasien petugas rumah sakit, pengunjung dan keluarganya pasien dari resiko tertularnya infeksi karena dirawat, bertugas atau berkunjung ke suatu RS atau sarana  lainnya.

 

Berdasarkan laporan Infeksi Nosokomial yang masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau, diketahui bahwa masih banyak RS yang belum mengirim laporannya serta tidak mengisi format laporan secara lengkap dan benar.

 

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau lakukan evaluasi Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari 28 orang yaitu terdiri dari 14 orang RSUD dan 14 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

    

dr.Dahlia Eka Okta selaku KASI Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan,maksud dari kegiatan ini adalah menurunkan angka kejadian infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya secara bermakna dan menggerakan sumber daya yang ada di RS secara efektif dan efisien dalam melaksanakan PPI."katanya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan bahwa rumah sakit harus mampu menjaga lingkungan yang sehat.

 

"Rumah Sakit berperan dalam mencegah terjadinya infeksi nasokomial terhadap pelayanan yang diberikan ke pasien dan sangat diperlukan Tim PPI di setiap RS Pemerintah dan Swasta yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik sumber daya manusia yang ada."terangnya.

 

"Dinamika masyarakat yang tumbuh dan berkembang sebagai dampak globalisasi dimana arus informasi yang demikian pesat, telah meningkatkan tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit. Dan rumah sakit wajib memberikan pelayanan prima kepada seluruh komponen masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan." tegasnya.///Arni Yoflin-Feri Sibarani

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 17 September 2018 | 23:50:37
Ketua Satma IPK Kota Pekanbaru Angkat Bicara
Kamis, 13 September 2018 | 23:51:50
Pemimpin Dengan Mimpi Membangun
Kamis, 13 September 2018 | 13:04:21
3 Bulan Belum Tunjukkan Perkembangan
Senin, 10 September 2018 | 12:18:43
Bentuk Aksi Solidaritas !!! Wartawan Serbu Polda Riau
BERIKAN KOMENTAR
Top