• Home
  • Pekanbaru
  • Diduga BUMD Riau Dicengkeram Oknum Serakah,Suhardiman Amby : Pemerintah Harus Bertindak..!
Sabtu, 4 Agustus 2018 | 13:33:57

Diduga BUMD Riau Dicengkeram Oknum Serakah,Suhardiman Amby : Pemerintah Harus Bertindak..!

aktualonline.com/feri sibarani
Anggota DPRD Riau, Suhardiman Amby
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU///Anggota DPRD riau, Suhardiman Amby terus lantang menentang sikap oknum-oknum serakah yang terus bercokol di sejumlah BUMD riau, sebagaimana dirincikanya pada jumat, 3/8/2018 melalui akun WA nya disebutkan BUMD riau tidak bermanfaat bagi ekonomi daerah karena tidak dikelola dengan profesional.

 

Pernyataan menohok tersebut bukan tanpa alasan, sebagaimana diketahui bahwa sejumlah anggota dewan lainya telah acap kali menyampaikan perihal yang sama untuk perbaikan BUMD riau, namun pemerintah provinsi riau seakan tidak mampu berbuat apa-apa.

 

"Yang ada didalam BUMD kita semua saling merasa tuan besar dan saling sikut untuk meraup kekayaan daerah, bukanya di perbaiki dan solid agar BMUD bermanfaat bagi rakyat, malah semua berlombah serakah dan tidak mau mengalah,"tulis Suhardiman.

 

Menurutnya dengan sikap para direksi di BUMD saat ini bukan malah akan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi riau, melainkan justru pelan-pelan BUMD akan hancur di gerogoti oleh oknum didalamnya.

 

"Lihat aja kenyataanya ada BUMD yang asetnya lenyap dan deviden kita turut raib dimakan hantu, ini kan harus dipertanggung jawabkan, dan yang bertanggung jawab untuk itu, ya pemerintah sebagaimana dalam PP. No. 54 Tahun 2017 Pasal 3 ayat '2' dengan jelas disebutkan bahwa kepala daerah berwewenang mengambil keputusan dalam BUMD,"katanya.

 

Kepada awak media beberapa waktu lalu, Suhardiman juga berharap kepada aparat hukum agar bertindak terhadap BUMD riau yang terindikasi telah merugikan negara dengan ratusan miliar rupiah, dan ia juga meminta kedepan untuk mengisi struktur organisasi BUMD riau agar dilakukan dengan pola lelang jabatan, dengan demikian pihaknya yakin akan menemukan pimpinan dan direksi BUMD yang profesional dan handal untuk meningkatkan kualitas BUMD riau dan mampu memberikan deviden untuk kas daerah.

 

"Beberapa BUMD kita yang tidak memberikan apa-apa kepada daerah, malah hanya menguras anggaran APBD saja, sebaiknya ini di usut oleh penegak hukum, kemudian dilakukan restrukturisasi yang sehat, bila perlu kita lakukan sistem lelang jabatan supaya BUMD kita berkualitas dan profesional,"jelasnya.

 

Menurutnya selama ini sejumlah BUMD riau tidak mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, ia menduga hanya di nikmati sekelompok orang tertentu saja, sementara masyarakat riau masih banyak yang hidup susah dan butuh bantuan, namun anggaran ratusan miliar melalui BUMD hanya di nikmati orang-orang tertentu saja.

 

"Saya sebagai wakil rakyat yang diberi amanah, takkan pernah berhenti menyuarakan keserakahan orang-orang ini, mari lah kita perbaiki BUMD kita, kita berikan manfaat bagi masyarakat kita, jangan seperti ini terus, kita dan rakyat hanya jadi penonton. Hasil kekayaan riau ini semua hanya dinikmati orang itu-itu saja, ini harus dihentikan,"kata Suhardiman dengan nada kesal.

 

Sebagai contoh disebutkan Suhardiman, pengelolaan Blok-blok migas di riau harus dikelolah BUMD riau secara penuh dan profesional supaya memberikan manfaat bagi kesejahteraan riau, sehingga porsi untuk riau harus diberikan oleh Pertamina.

 

"Kita hanya diberikan ampas saja, itupun tidak pernah diberikan hak penuh, sebagai penonton saja di negeri kita sendiri, ini harus kita rebut , pemerintah harus berjuang demi rakyat riau, jangan mau di nina bobokkan karena telah menerima, ini persoalan rakyat Riau, bukan pribadi," pungkasnya

 

Hal yang disampaikan oleh Suhardiman, yang kerap dipanggil datuk itu sangat relevan agar kedepan BUMD riau dapat berperan sebagai pemyumbang keuangan daerah, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang BUMD, untuk bermanfaat bagi ekonomi rakyat, terelebih saat ini kebijakan rasionalisasi di semua satker di pemerintahan  telah mempengaruhi index ekonomi rakyat, menjadi pendorong bagi pemerintah untuk menngambil langkah-langkah penyelamatan aset dan kekayaan daerah.///Feri Sibarani

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 5 Oktober 2018 | 11:04:01
Parlemen Riau Peduli Korban Tsunami Palu
BERIKAN KOMENTAR
Top