• Home
  • Pekanbaru
  • Kanwil Menkuham Riau Tingkatkan Penguatan Mentalitas Internal
Jumat, 21 September 2018 | 11:45:20

Kanwil Menkuham Riau Tingkatkan Penguatan Mentalitas Internal

aktualonline.com/feri sibarani
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU///Kementerian hukum dan ham ( Menkuham ) wilayah provinsi riau yang di pimpin oleh M. Diah terus aktif dalam melakukan penguatan dan pembinaan mentalitas aparat internal dengan melakukan berbagai kegiatan, termasuk test urin untuk memastikan ada tidaknya personil yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Kamis (20/9/2018).

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Menhukam Riau, Surung Pasaribu, SH. M.hum kepada awak media ini di ruang kerjanya mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu tidak kurang dari dua bulan terakhir terus melakukan kunjungan kerja untuk memberikan penguatan dan menertibkan personil-personil jika ditemukan melanggar kode etik kerja.

 

"Dua bulan terkahir ini kita dan pak Kanwil tidak brhenti melakukan kunjungan ke hampir semua lapas di Kabupaten/Kota di Riau untuk memberikan penguatan yang bersifat internal, serta pembinaan mental personil di lapas, agar kita memiliki petugas-petugas yang ber mental baik dan mampu di andalkan,"kata Surung.

 

Ditambahkan Surung, bahwa langkah yang di ambil pihaknya kali ini adalah untuk memberikan kesan yang baik dan bebas dari kecurigaan masyarakat terhadap petugas lapas, yang selama ini kerap dianggap turut bekerja sama dengan para pelaku kejahatan di dalam lapas, termasuk soal narkoba yang tidak menjadi rahasia umum lagi, bahwa petugas lapas dianggap ikut berperan dalam proses transaksi narkoba maupun pengguna narkoba.

 

"Kita juga selain memberikan warning dan test urin kepada petugas lapas, kita juga himbau kepada personil kita jangan coba-coba main kucing-kucingan dengan kami, karena pada saat yang tepat akan tercium juga dan itu tidak ada ampun,"lanjut Surung Pasaribu.

 

Terkait perbaikan diinternal Kanwil Menhukam itu, Surung juga dengan tegas mengatakan bahwa Kanwil Menhukam Riau, M Diah tidak main-main dengan kegiatan tersebut, sebab jika ternyata ditemukan adanya petugas lapas yang terbukti pemakai narkoba, maka akan di rehabilitasi atau jika tetap masih menggunakan narkoba, Surung mengatakan hal itu bisa berdampak pada pemecatan petugas dari dinas.

 

" Sebaiknya kami himbau untuk terus terang kepada kita, jangan berbohong atau lari dari kita, karena kita bisa temukan jika ada petugas yang mencoba bermain-main dengan narkoba," terang Kadiv Pemasyarakatan ini.

 

Dari hasil keliling ke semua lapas Kabupaten/Kota di Riau, Surung juga mengakui selain pihaknya memberikan pembinaan mental terhadap petugas lapas, pihaknya juga ternyata terus memberikan pembinaan warga lapas di berbagai kota, termasuk di Pekanbaru.///Feri Sibarani

 

 

 

 

Editor ; Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 5 Oktober 2018 | 11:04:01
Parlemen Riau Peduli Korban Tsunami Palu
BERIKAN KOMENTAR
Top