• Home
  • Pekanbaru
  • SMA Negeri 2 Pekanbaru Menuju SMA Rujukan Menjadi Harapan Bangsa.
Jumat, 5 Oktober 2018 | 10:43:23

SMA Negeri 2 Pekanbaru Menuju SMA Rujukan Menjadi Harapan Bangsa.

Foto/Ist
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pekanbaru, Drs. Kasim.
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU///Tak terlepas dari berbagai kekurangan, namun SMA Negeri 2 Pekanbaru telah diberikan kepercayaan oleh kementerian pendidikan RI, sebagai sekolah kewira usahaan selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2016 hingga tahun 2018.

 

Dari penuturan pihak sekolah melalui kepala sekolah SMA N2 Pekanbaru, Drs. Kasim yang disampaikan oleh KTU sekolah tersebut, mengatakan bahwa pihaknya dinilai oleh kementerian layak untuk terus dipercaya sebagai sekolah yang melaksanakan program kewira usahaan dengan sistem laporan dan pengelolaanya cukup baik.

 

,"Dari enam sekolah SMA Negeri di provinsi riau yang dipilih oleh kementerian menjadi penyelenggara sekolah ke wirausahaan,  SMA Negeri 2 merupakan satu-satunya terpilih dari pekanbaru, lalu di tahun ke 2 tahun 2017 ada 2 sekolah tidak ditunjuk lagi sebagai sekolah ke wirausahaan, namun SMA 2 ternyata masih dipercaya, tentu berkat pelaksanaan dan laporan kami yang dinilai baik, "kata Kasim.

 

Menurut Kasim yang disampaikan oleh KTU sekolah, bahawa ditahun ketiga tahun 2018, pihaknya ternyata masih tetap dipercaya sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan program sekolah ke wira usahaan se Indonesia.

 

"Ditahun ketiga SMA 2 Pekanbaru ternyata masih bisa dihunjuk sebagai sekolah pelaksana ke wirausahaan, dari 204 sekolah se Indonesia dari 34 provinsi sebanyak 30 sekolah untuk tahun ke 3 SMA negeri 2 pekanbaru masih diberi kepercayaan oleh kementerian berdasarkan nilai pelaksanaan yang bagus dan itu cukup membangga kan,"kata Kasim kepada wartawan Aktual.

 

Menurutnya sekolah yang telah ditunjuk selama 3 kali berturut-turut menjadi pelaksana ke wirausahaan, maka tahun-tahun selanjutnya kementerian tidak akan menunjuk pihaknya lagi, melainkan SMA negeri 2 harus mampu melaksanakan ke wirausahaan secara mandiri karena dana yang diberikan oleh kementerian pendidikan tersebut selanjutnya akan bergilir kepada sekolah lainya.

 

"Jadi ditahun ketiga ini kita masih tihunjuk oleh kementerian, namun selanjutnya kami akan melaksanakan secara menadiri,"terang KTU SMA 2 Pekanbaru.

 

Pola pelaksanaan sistem sekolah ke wira usahaan ini menurut Kasim adalah dimana setiap kelompok siswa diberikan dana sebesar 1 juta, kemudian kelompok wajib melaksanakan kegiatan usaha yang kemudian mampu menghasilkan laba  dari dana tersebut, demikian selanjutnya hingga modal kelompok siswa semakin besar yang selanjutnya dapat di nikmati oleh siswa.

 

"Dalam program ini siswa dilatih dan belajar cara bagaimana mengembangkan modal yang ada menjadi berkembang dan diputar lagi untuk menghasilkan untung dan kemudian dibagi oleh siswa-siswa kita,"terang KTU.

 

Bahkan menurut KTU SMA Negeri 2 pekanbaru, ternyata sekolah tersebut sejak tahun 2016 lalu telah ditunjuk sebagai sekolah Penjamin Mutu Internal ( PMI ). Sebagai Sekolah PMI juga, pihaknnya mendapatkan penilaian dari kementerian melalui penilaian dan evaluasi rapor sekolah untuk menentukan program seoanjutnya.

 

"Tahun 2016 kita juga ditunjuk kementerian menjadi Sekolah Penjamin Mutu Internal dimana kita di nilai dari rapor sekolah, jadi nilai sekolah itu dilihat mana yang merah atau remedial sehingga harus diperbaiki pada tahun ini tahun 2018 kami memperbaiki nilai rapor sekolah yang masih merah, sama halnya dengan rapor siswa,"kata KTU.

 

Atas dihunjuknya SMA Negeri 2 pekanbaru sebagai PMI, pihaknya diberikan dana oleh LPMP sebesar 10 juta sebagai dana binaan yang digunakan untuk kegiatan pembelaja ran dan pelatihan dengan mengundang 5 sekolah lainya yang mengundang narasumber untuk memberikan materi pelatihan.

 

Harapan dari semua kegiatan yang dilakukan oleh sekolah SMA Negeri 2 pekanbaru adalah, kedepan pihaknya sangat berharap dengan melalui semua jenjang kegiatan tersebut, SMA Negeri 2 pekanbaru berhasil menjadi Sekolah SMA Rujukan sebagaimana dengan sekokah lainya yang telah mendahului, Semoga...!!///Arni/Feri.S

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 5 Oktober 2018 | 11:04:01
Parlemen Riau Peduli Korban Tsunami Palu
BERIKAN KOMENTAR
Top