• Home
  • Pekanbaru
  • Koptan Reboisasi Mandiri Hutan Lindung Gelar Demo !!! Tuntut Keadilan Dan Tindak Perampas Hutan Lindung
Rabu, 7 November 2018 | 13:51:58

Koptan Reboisasi Mandiri Hutan Lindung Gelar Demo !!! Tuntut Keadilan Dan Tindak Perampas Hutan Lindung

aktualonline.com/feri sibarani
Koptan Reboisasi Mandiri Hutan Lindung Gelar Demo !!! Tuntut Keadilan Dan Tindak Perampas Hutan Lindung

aktualonline.com.PEKANBARU////Kelompok Tani Reobisasi Mandiri Hutan Lindung Mahato,Kecamatan Tambusai Utara lakukan aksi demonstrasi di Mapolda Riau dan Dinas LHK, serta DPRD Riau, Rabu (7/11/2018).

 

Sejumlah ratusan massa yang terdiri dari anggota Kelompok Tani Reboisasi Mandiri Hutan Lindung,Sei Mahato,Kabupaten Rohul-Riau yang dalam aksinya mengusung beberapa point penting sebagaimana disampaikan oleh oratornya diantaranya ialah :

 

1. Tangkap dan penjarakan ketua koperasi karya bakti, Rizal dalimunte dan baringin siahaan, yang telah melakukan perampasan lahan hutan lindung yang merupakan lahan reboisasi koptan itu berdasarkan rekpmendasi dsn SK dinas kehutanan kabupaten rohul.

 

2. Tangkap dan penjarakan ketua kelompok tani sawit mahato bersatu, Alfazer yang juga turut melakukan perampasan lahan hutan lindung dari tangan koptan reboisasi dengan cara kekerasan dan penuh intimidasi kepada seluruh anggota koptan yamg diduga di dukung penuh oleh PT. Torganda.

 

3. Proses hukum PT. Torganda yang diduga kuat menjadi otak dibalik 2 koperasi perampas hutan lindung garapan koptan reboisasi mandiri hutan lindung sei mahato.

 

4. Batalkan SKT yang diterbitkan oleh oknum desa dan camat di areal hutan lindung sei mahato, serta diminta kepada kepolisian untuk dapat melakukan perlindungan hukum dan keamanan pihak kelompok tani reboisasi untuk mengembalikan fungsi hutan lindung dan meneruskan program reboisasi hutan lindung sei mahato yang telah dirusak oleh koperasi dan PT. Torganda.

 

Aksi demo yang berlangsung selama kurang lebih satu jam di polda riau itu perlahan bergerak menuju sasaran demo lainya, kantor gubernur riau dan DPRD riau.

 

"Kami tidak akan kembali ke rohul jika pemerintah, dan kepolisian belum menangkap pihak koperasi perampas lahan hutan lindung garapan koptan reboisasi dan mengusut tuntas pelanggaran hukum di areal hutan lindung sei mahato kabupaten rohul yang juga melibatkan PT. Torganda sebagai pemodal bagi kedua koperasi itu,"teriak Paimin, ketua kelompok tani reboisasi.

 

Menurut korlap aksi demo anggota koptan reboisasi itu, Paimin kepada awak media, pihaknya tidak akan pernah berhenti selama perkara perampasan lahan milik kelompok tani tersebut dikembalikan kepada pihaknya dengan difasilitasi oleh pemerintah melalui dinas LHK dan kepolisian.

 

"Kami tidak akan berhenti beraksi ke pemerintah dan polda riau ini, jika aspirasi kami tidak segera di tanggapi dengan menangkap dan mengadili pihak koperasi dan PT. Torganda yang telah merampas lahan kami, bahkan setelah aksi ini kami akan membawa massa aksi yang jauh lebih besar lagi, "jelas Paimin.///Feri Sibarani

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top