• Home
  • Pekanbaru
  • Kesbangpol Pekanbaru Gandeng KPU, Sosialisasikan Pada Pemilih Pemula
Selasa, 12 Februari 2019 | 23:51:58

Kesbangpol Pekanbaru Gandeng KPU, Sosialisasikan Pada Pemilih Pemula

aktualonline.com/Ishak Sibarani
Kesbangpol Pekanbaru Gandeng KPU, Sosialisasikan Pada Pemilih Pemula

aktualonline.com.PEKANBARU||| Bertempat di Hotel Dafam acara yang bertajuk Penyuluhan Kepada Masyarakat Pemilih Pemula Tentang Politik Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Pada Pemilu Serentak 2019.

Mengsukseskan pesta demokrasi pada 17 April 2019 mendatang, Badan Kesbangpol Pekanbaru melakukan berbagai upaya dan sosialisasi. Diantaranya menggelar sosialisasi pileg dan pilpres kepada puluhan siswa-siswi dari berbagai Sekolah di Kecamatan Sail, Pekanbaru.

Hadir sebagai narasumber Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, M.Yusuf, Ketua KPU Pekanbaru, Yeli Noviza dan dari Akademisi Fisipol UNRI.

Acara dimulai dengan penjelasan dasar mengenai arti penting Pemilu beserta unsur-unsur didalam Pemilu, baik informasi singkat mengenai partai-partai politik, cara mencoblos surat suara, tipe-tipe aurat suara dan tips memilih para caleg serta capres-cawapres.

Kemudian jadwal sesi tanya jawab dilangsungkan beserta penjelasan darj narasumber, tampak para siswa-siswi begitu antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber begitupun dengan pertanyaan-pertanyaan dilontarkan oleh siswa-siswi begitu berbobot, sehingga membuat narasumber sedikit kelabakan mendengar pertanyaan tersebut.

"Saya ingin bertanya bagaimana bisa kotak suara dari kardus dibilang rahasia? sedangkan di Cirebon ditemukan ratusan kotak kardus basah kuyup di tempat penyimpanannya." tegas Abdi siswa dari SMAN 01 Pekanbaru.

Diakhir penghujung acara Kepala Kesbangpol Pekanbaru, M.Yusuf mengatakan bahwa memberi pengajaran kepada pemilih pemula ini begitu penting, karena perhitungan dari Kesbangpol kalau disetiap sekolah itu terdiri dari ratusan siswa yang berusia 17 tahun keatas, lalu para perwakilan siswa yang hadir pada acara hari ini akan menyebarkan dan memberitakan informasi apa yang mereka dapat tentang pemahaman pemilu kepada teman-temannya.

"Kita mengejar mereka berusia 17 tahun keatas yang sudah merekam data e-ktp untuk ikut berpartisipasi pemilu serentak 2019 April nanti,bersama dengan KPU dalam rangka meminimalisir pemilih yang golput dalam pemilu nanti" Jelas Kepala Kesbangpol Pekanbaru,M.Yusuf kepada awak media. 

Kesbangpol Pekanbaru juga akan berusaha untuk menciptakan suasana kondusif dan aman menjelang pemilu serentak, pasalnya begitu banyak para oknum-oknum yang berasal dari golongan atau kubu pilihannya melancarkan kalimat menyinyir, mengadu domba, dan kampanye hitam yang akan membuat kondisi kesatuan dan persatuan politik bangsa akan rapuh.

"Kami akui memang bahwa dizaman sekarang yaitu era teknologi, orang-orang yang memanas-manasi tersebut terlalu fanatisme sehingga membuat masyarakat awam bimbang dan ragu sehingga memungkinkan untuk menjadi golput, maka dari itu orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini sekiranya sadar, berpikir jernih, serta menyampaikan lah yang wajar saja demi keamanan bangsa." kata Kepala Kesbangpol Pekanbaru,M.Yusuf di sela-sela berfoto bersama.||| Ishak.N.Sibarani

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top