• Home
  • Pekanbaru
  • Pemantapan PKH Riau, Pemerintah Berusaha Turunkan Angka Kemiskinan dan Sejahterakan Keluarga Miskin
Rabu, 13 Maret 2019 | 13:50:11

Pemantapan PKH Riau, Pemerintah Berusaha Turunkan Angka Kemiskinan dan Sejahterakan Keluarga Miskin

aktualonline.com/Ishak Sibarani
Pemantapan PKH Riau, Pemerintah Berusaha Turunkan Angka Kemiskinan dan Sejahterakan Keluarga Miskin
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Bertempat di Hotel Grand Central, Kota Pekanbaru, diselenggarakannya program Pemantapan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Provinsi Riau dan Sarasehan Kemajuan Pengentasan Kemiskinan Nasional.

 

Dihadiri langsung oleh narasumber sari Komisi IV DPR RI bidang pangan dan perkebunan, Ir.H.Romahurmuziy,M.T., Gubernur Riau, Drs.Syamsuar, Koordinator Wilayah Program Keluarga Harapan Provinsi Riau, Abdul Hallim Mahally, LL.B (Hons),M.A.,MPIR dan Kepala Dinas Sosial Riau, Dahrius Husein.

 

Koordinator Wilayah PKH Riau,A.H.Mahally mengatakan bahwa jumlah penerima program bantuan keluarga harapan di provinsi Riau sejumlah 156.752 Keluarga.

 

"Dari program keluarga harapan ini, keluarga tersebut akan menerima bantuan tunai langsung melalui perbankan yang telah bekerjasama, prioritas penggunaan PKH ini untuk pembiayaan sekolah anak-anak juga kesehatan, kedepan diharapkan setelah satu atau dua tahun menerima bantuan PKH, keluarga tersebut akan dilatih oleh pendamping PKH untuk membentuk Kelompok Usaha Mandiri (KUBE) yang produktif, dikarenakan tidak selamanya pemerintah mempunyai alokasi dana untuk bantuan sosial secara terus menerus." papar Korwil PKH Riau, A.H.Mahally kepada awak media.

 

Koordinator Wilayah PKH Riau, A.H.Mahally juga mengungkapkan, bahwa Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat akan disinergikan dengan Program Keluarga Harapan, kepada keluarga yang memang dikategorikan sangat miskin akan dibantu juga oleh pembiayaan bantuan sosial daerah seperti Jamkesda dll.

 

" Jumlah total keluarga miskin di Provinsi Riau sejumlah 500.000 KK, Program Keluarga Harapan (PKH) menyasar 156.000, selebihnya tanggung jawab daerah dalam menekan angka kemiskinan, karena PKH kan program dari pusat, lalu nanti kami (Korwil PKH Riau) akan mendata siapa keluarga yang sudah mampu dengan bantuan tim pendamping didaerah, kemudian kami ganti dengan keluarga lain yang tidak mampu." Ungkap Korwil PKH Riau, A.H.Mahally.

 

Korwil KPH Riau, A.H.Mahally juga menjelaskan kriteria-kriteria keluarga tidak mampu seperti, diketahui dari musyawarah desa/kelurahan, fasilitas listrik standarnya dibawah 450 KiloWatt, persentase seberapa sering keluarga tersebut mengonsumsi daging, lalu kualitas tempat tinggal. Dinas Sosial setempat akan mendata kemudian disampaikan ke Kementerian Sosial RI untuk diverifikasi ulang.

 

"Kami juga sudah bermitra dengan kepolisian dalam hal pengawasan aliran dana, 

babinkamtibmas setempat akan memastikan bahwa penggunaan dana KPH aman, lalu kartu bantuan (atm) sipenerima bantuan tidak boleh dititipkan oleh siapapun, ini juga sesuai dengan perintah presiden langsung." tegas A.H.Mahally disela waktu senggang.

 

Sebagai informasi, Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. 

 

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. 

 

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.||| Ishak Soloriau

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Kamis, 21 Maret 2019 | 11:16:29
Musda BKMT III Kabupaten Kampar Resmi Dibuka Bupati
Selasa, 19 Maret 2019 | 15:44:09
Pungutan SMA/SMK se Riau Akan Ditertibkan
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:58:32
Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:58:32
Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait
BERIKAN KOMENTAR
Top