• Home
  • Pekanbaru
  • Presiden RI Lantik Syamsuar dan Edy Natar Jabat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:36:19

Presiden RI Lantik Syamsuar dan Edy Natar Jabat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau

Foto/Ist
Presiden RI Lantik Syamsuar dan Edy Natar Jabat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau

Setelah menunggu beberapa bulan pasca perhelatan pemilihan kepala daerah provinsi Riau, Syamsuar dan pasanganya Edy Natar Nasution akhirnya menerima amanat kepala Nagara RI, Joko Widodo dengan prosesi resmi ke Negaraan di Istana Negara, pelantikan kedua tokoh Riau itu tampak istimewa dan hikmat.

 

Mimpi masayarakat Riau menjadi sebuah daerah yang sejahtera dan makmur, serta menjadi pusat kekuatan ekonomi, dan pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara dirasa kian mendekati kenyataan, dengan terlantiknya Syamsuar dan Edy Natar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

 

Presiden RI, Joko Widodo resmi melantik Syamsuar " Edi Natar Nasution sebagai gubernur dan wakil gubernur Riau, periode 2019-2024. Sebelumnya, Syamsuar menjabat sebagai Bupati Siak dua priode. Bersama Edi Natar Nasution, Syamsuar maju pada pemilihan Gubernur Riau 2018.

 

Syamsuar dan Edi Natar Nasution resmi menjabat sebagai Gubernur Riau setelah menjalani prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan di istana negara.

 

Saat melantik, Presiden Joko Widodo mengenakan baju kemeja putih yang dibalut dengan jas warna hitam dan celana hitam lengkap dengan pecil hitam dan dasi berwana merah.

 

Sementara Gubenur Riau dan wakil Gubernur Riau terpilih mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) dengan jas, celana, dan sepatu yang semuanya bewarna putih.

 

Tampak hadir juga wakil Presiden Jusuf kalla yang ikut mendampingi Presiden serta sejumlah menteri kabinet kerja tampak hadir di lokasi acara.

 

Diantaranya menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Tito karnavian, dan sejumlah pejabat negara lainnya.

 

Rangkaian pelantikan yang dimulai pukul 09.00 itu diawali dengan prosesi Kirab Presiden dan Wapres bersama Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Istana Negara dengan berjalan kaki diiringi kirab oleh Pasukan Kehormatan Paspampres.

 

Tiba di Istana Negara dilanjutkan prosesi pelantikan oleh Presiden dan penandatanganan Berita Acara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Masa Jabatan 2019-2024.

 

Namun sebelum dimulai, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau menuju ruang Kredensial dan diperkenalkan kepada Presiden oleh Protokol Setneg dilanjutkan penyerahan petikan Kepres kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Masa Jabatan 2019-2024.

 

Setalah penandatangan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah Gubenur Riau protokler istana negara kemudian memanggil istri masing-masing gubenur melalui pengeras suara.

 

Istri Syamsuar dan Edi Natar yang kompak mengenakan seragam merah berjalan ke tengah ruang pelantikan dan berdiri mendampingi suaminya masing-masing.

 

Setalah prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan selesai, gubenur dan wakil gubernur Riau yang didampingi oleh istrinya masing-masing mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Ucapan selamat kemudian dilanjutkan oleh sejumlah menteri dan undangan yang hadir diacara tersebut.

 

*Langsung Lakukan Tugas Pertama Usai Dilantik

 

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur Riau terpilih, Syamsuar bersama Wakilnya Edi Natar Nasution di Istana Negara berjalan lancar, Rabu 20/2/2019.

 

Setelah seluruh prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan selesai, Syamsuar bersama rombongan pun meninggal ruang pelantikan.

 

Usai dilantik sebagai Gubernur Riau, Syamsuar, langsung menjalankan tugasnya yakni menandatangani SK penunjukan Plt Bupati Siak, Alfredi.

 

“Ini tugas saya pertama sebagai gubernur menandatangani SK Plt Bupati,” kata Syansuar yang juga mantan Bupati Siak ini usai dilantik, di istana negara.

 

Pelantikan Gubenur Riau dan Wakil Gubenur Riau terpilih, Syamsuar " Edi Natar Nasution menjadi momen yang paling membanggakan bagi masyarakat Riau, Rabu (20/2/2019).

 

Momen pelantikan kali ini pun menjadi sangat istimewa. Pasalnya, Syamsuar dan Edi Natar Nasution dilantik menjadi Gubenur Riau dan Wakil Gubenur tunggal. Tidak ada gubenur daerah lain yang dilantik saat itu.

 

“Susana pelantikan berlangsung khidmat dan berkesan sekaligus mengharukan. Saya sangat terharu, karena pelantikan ini kesempatan bagi Riau membangun kebersamaan untuk membangun Riau. Pemerintah memberikan perhatian lebih kepada kita, karena hari ini Gubenur Riau dilantik tunggal, biasanya sama-sama dengan gubenur lain dilantik, berarti pemerintah pusat punya perhatian khusus terhadap Riau,” kata Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Rabu (20/2/2019) usai keluar dari ruang pelantikan.

 

“Kebetulan, pelantikan Gubenur Riau kali ini juga tidak ada jeda. Artinya begitu jabatan gubenur sebelumnya berakhir, hari ini langsung dilantik gubenur baru,” imbuhnya.

 

Pelantikan Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo Rabu 20 Februari 2019.

 

Dengan dilantiknya Gubenur Riau tepat waktu ini, Sekda berharap roda pemerintahan di Pemprov Riau bisa berjalan optimal.

 

“Iya, hampir tidak ada jeda waktu, begitu kemarin selesai masa jabatan Gubenur sebelunya, hari ini langsung dilantik gubenur yang baru. Jadi ini termasuk tertib administrasi dan tertib tata kelola pemerintahan, sehingga kita lebih mudah dalam menata lebih baik birokrasi dan pemerintahan ,” katanya.

 

*10 Poin Program Kerja 100 Hari

 

Setelah resmi dilantik, Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution akan menjalankan program kerja100 harinya sesuai visi dan misinya.

 

Gubernur Riau, Syamsuar, Rabu di Istana Negara Jakarta, mengatakan, diantara program 100 hari tersebut adalah sosialisasi pencegahan kabakaran hutan dan lahan ke daerah.

 

“Apalagi sekarang kan sudah masuk musim kemarau,” ujarnya.

 

Kemudian, pembenahan birokrasi dan aset pemerintah daerah. Termasuk menyiapkan konsep Riau hijau.

 

Selanjutnya meningkatkan pencapaian reforma agraria berupa perhutanan sosial dan tora.

 

“Termasuk juga menyiapkan Ranperda pendidikan gratis untuk anak-anak SMA dan lainnya,” katanya.

 

Berikut 10 poin program kerja 100 Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024:

 

1. Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke daerah;

 

2. Menyiapkan Ranperda wajib belajar 12 tahun, memastikan anak SLTP mendapat pendidikan SMA/SMK/MA;

 

3. Membenahi pelayanan kesehatan melalui BPJS di rumah sakit pemerintah dan swasta;

 

4. Pembenahan pengelolaan aset daerah

 

5. Menyiapkan Call Center pengaduan masyarakat;

 

6. Menyiapkan saran dan prasarana video conference Gubernur/Wakil Gubernur dengan Bupati/Walikota;

 

7. Pembenahan birokrasi

 

8. Merumuskan konsep Riau hijau dengan melibatkan partisipasi masyarakat;

 

9. Meningkatkan pencapaian reforma agraria berupa perhutanan sosial dan tora;

 

10. Meningkatkan koordinasi kabupaten/kota dengan kantor pajak dalam rangka peningkatan penerimaan pajak penghasilan dan PBB perkebunan.

 

*Tepung Tawar di LAM

 

Sebagai kepala daerah di bumi Melayu lancang kuning, Usai dilantik menjadi Gubenur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edi Natar Nasution beserta keluarga langsung terbang ke Pekanbaru, diperkirakan rombongan akan tiba di Pekanbaru pukul 16.00 WIB

 

Syamsuar dan rombongan akan disambut di bandara dan dibawa ke LAM Riau untuk dilakukan tradisi tepung tawar.

 

“Malam harinya, (Kamis malam) ada syukuran bersama dengan seluruh stake holder dan masyarakat, di halaman belakang gedung daerah,” kata Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Rabu (20/2/2019) usai keluar dari ruang pelantikan.

 

“Besok pagi Pak Gubenur, ada rapat Indonesia Bersih dengan beberapa kemetrian, nanti sekitar Jam 2 siang baru terbang ke Pekanbaru,” katanya. ||| Feri Sibarani

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 21 Maret 2019 | 11:16:29
Musda BKMT III Kabupaten Kampar Resmi Dibuka Bupati
Selasa, 19 Maret 2019 | 15:44:09
Pungutan SMA/SMK se Riau Akan Ditertibkan
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:58:32
Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:58:32
Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait
BERIKAN KOMENTAR
Top