• Home
  • Pekanbaru
  • Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait
Jumat, 15 Maret 2019 | 10:58:32
* Prihatin Dengan 14 Desa di Rohul Karena Tidak Ada Akses Internet

Kepala Diskominfo, Gorneng, Usulkan Kepihak Terkait

aktualonline.com.ROHUL ||| Prihatin dengan nasib masyarakat dari 14 Desa di wilayah kabupaten Rohul yang belum dapat akses jaringan internet, menggugah perhatian pihak pemerintah kabupaten Rohul melalui Kepala Dinas Kominfo, Gorneng, S.Sos,.M.Si dengan melakukan upaya pengusulan kepada pihak terkait, Telkomsel dan Indosat.

 

Hal itu menurut Gorneng, merupakan langkah terpenting mengingat sisitem kinerja dalam semua lingkungan pekerjaan di semua wilayah dan daerah telah menggunakan sistem teknologi internet, agar lebih terintgrasi dan lebih cepat.

 

Gorneng sangat menyadari bahwa di zaman teknologi seperti saat ini, internet merupakan hal pokok atau menjadi kebutuhan kaum milenial, akan tetapi tidak untuk 14 desa di kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi? (Diskominfo), Kabupaten Rohul, Gorneng S.Sos, M.Si, ?mengaku, ada 14 desa di Kabupaten Rohul, Riau, yang masih belum menikmati jaringan internet.

 

Ia menambahkan, ke 14 desa tersebut tersebar di 7 kecamatan. Empat belas desa tersebut memang belum menikmati akses internet dan alat komunikasi telepon seluler, salah satu penyebab karena jauhnya daerah tersebut dari titik tower.

 

Gorneng mengatakan, 14 desa belum menikmati internet karena masih blank spot atau minim jaringan seluler, termasuk di hampir seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Rohul.

 

Selain blank spot, tambahnya, ada juga desa dimana sinyal internet masih buruk, termasuk jaringan telepon tidak ada sama sekali, karena jauhnya titik tower dengan daerah tersebut.?

 

Dijelaskannya, adapun 14 desa yang masih blank spot atau masih sulit jaringan telepon dan internet, seperti di Kecamatan Kepenuhan ada 2 desa, yaitu Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang Sakti.

 

Di Kecamatan Rokan IV Koto ada 5 desa, yakni Desa Cipang Kanan, Desa Cipang Kiri Hulu, Desa Tibawan, Desa Pemandang, dan Desa Tanjung Medan. Kecamatan Tambusai hanya 1 desa, yakni Desa Tingkok.

 

Selanjutnya, Kecamatan Rambah Samo? ada 2 desa, yakni Desa Sungai Salak dan Desa Lubuk Bilang.? Di Kecamatan Rambah Hilir ada 2 desa, yakni Desa Serombou Indah dan Desa Sungai Dua Indah.

Kemudian, Kecamatan Kepenuhan Hulu ada 2 desa, yakni Desa Kepayang dan Desa Perdamaian Jaya Hulu?. Sedangkan di Kecamatan Rambah yang merupakan pusat ibukota ada 1 desa yakni Desa Sialang Jaya.

 

"Area blank spot sudah kita data dan disampaikan ke pihak ketiga, seperti ke Telkom, Indosat dan lainnya. Itukan domain mereka (pihak ketiga), kalau untuk akses ini kita tidak bisa. Sebatas usulan saja, kita lampirkan data dan proposal dari daerah bersangkutan, berapa pemanfaatnya di sana," katanya, kamis (14/3/2019).

 

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa pihak ketiga belum memasang tower di daerah-daerah sulit jaringan seluler ini, Salah satunya masalah oriented keuntungan perusahaan.

 

"Jadi sebelum mereka membangun tower yang sistemnya estafet, tentu mereka punya orientasi sendiri, seberapa keuntungannya," ungkapnya.

 

Dampak buruknya jaringan seluler, diakui Gorneng, tentu ikut berpengaruh ke pemerintah daerah. Sebab, saat Pemkab Rohul, tengah gencar? menyampaikan informasi, namun ada sebagian masyarakat yang tidak bisa mengaksesnya.

 

Diakuinya, selain 14 desa masuk kategori blank spot jaringan seluler, ada 7 desa lagi di Kabupaten Rohul, tersebar di 6 kecamatan dimana jaringan internetnya masih buruk.

 

Ia menerangkan, Tujuh desa dengan jaringan i?nternet belum maksimal, seperti Desa Pendalian Kecamatan Pendalian IV Koto, Desa Sei Kuning Kecamatan Tandun, Desa Sangk?ir Indah Kecamatan Pagarantapah Darussalam.

 

Selanjutnya Desa Tambusai Utara dan Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara, Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam,? dan Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba.

 

"Semoga pihak ke tiga bisa segera menanggapinya sehingga seluruh pelosok Rohul bisa menikmati internet," pungkasnya.||| Feri Sibarani

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 22 Mei 2019 | 00:10:57
Ketua Formasi Riau Apresiasi Kinerja KPK
Sabtu, 18 Mei 2019 | 00:25:18
KPK Sebut Bupati Bengkalis Tersangka Korupsi
Senin, 13 Mei 2019 | 00:21:36
Kondisi Kasat Narkoba Siak Membaik Pasca Operasi
BERIKAN KOMENTAR
Top