• Home
  • Pekanbaru
  • Masyarakat Menilai Buruknya Pelayanan Dukcapil Kota Pekanbaru
Senin, 15 April 2019 | 23:06:17

Masyarakat Menilai Buruknya Pelayanan Dukcapil Kota Pekanbaru

BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Forum Masyarakat Anti Korupsi ( Formasi ) yang kerap menyorot berbagai bentuk kinerja Pemerintah atau pelayanan publik di Kota Pekanbaru, akhir-akhir ini dibuat kesal oleh salah satu dinas pelayanan publik di Pemerintahan Kota Pekanbaru, tepatnya Dinas Kependudukan Dan Catatan Civil  (Dukcapil ) Kota Pekanbaru, bahkan fasilitas ruang tunggu tidak memadai, serta tidak menerapkan sistem antrean.

 

Dari informasi yang disampaikan oleh Direktur Formasi, DR. Nurul Huda, S.H.,M.H kepada awak media ini, pihaknya menemukan kenyataan pelayanan publik dalam kepengurusan E-KTP dan KK disebutnya menjadi sebuah kejanggalan yang luar biasa atau dengan istilah lain, sangat buruk, pasalnya sebagian proses kepengurusan E- KTP atau KK ada selesai cepat hitung hari dan minggu, sementara sebagian lain, harus menunggu hingga 3 Tahun belum juga selesai.

 

Berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Pelayanan Publik  adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan 

pelayanan sesuai dengan peraturan perundang- undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan / atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

 

Direktur Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formasi) Dr. Muhammad Nurul Huda, SH. MH melalui Juru Kampanye Formasi Heri Kurnia meminta Walikota Pekanbaru Firdaus untuk memperbaiki tata kelola pelayanan publik terkait pengurusan E-KTP warga pekanbaru yang buruk.

 

"Ada warga negara yang sudah satu tahun bahkan ada yang sudah tiga tahun mengurus e-ktp tidak selesai, ruang tunggu pelayanan tidak memadai, serta tidak ada nomor antrian dalam pengurusan e-ktp. Ini kan contoh buruk dalam pelayanan publik. Saya pikir ada masalah serius dalam pembuatan e-KTP di kota pekanbaru ini," kata Heri Kurnia.

 

Bahkan atas kenyataan yang diketahui pihaknya tentang hal ini, Heri Kurnia juga pesismis akan visi dan Misi Kota Pekanbaru menjadi Smart City, dimana Menurutnya hal itu sangat jauh dari kenyataan.

 

"Kami meminta walikota pekanbaru segera memperbaiki pelayanan publik terhadap warga masyarakat untuk mendapatkan E-KTP. Tidak mungkin juga setiap saat warga membawa surat keterangan kependudukan tanpa kejelasan kapan E-KTP selesai,"katanya.

 

Selanjutnya Formasi juga meminta kepada Firdaus selaku walikota pekanbaru segera membuat waktu yang pasti tentang berapa lama E-KTP selesai dibuat dan diberikan kepada warga negara.

"Dinas terkait harus jemput bola dengan memberikan informasi secepatnya kepada masyarakat untuk mendapatkan E-KTP," tutup Heri. ||| Feri Sibarani/rls

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 19 Juli 2019 | 11:25:56
UPTD PKB Pekanbaru Upgrade Pelayanan
Kamis, 4 Juli 2019 | 23:49:27
Benarkah PT. Adei Merambah ?
BERIKAN KOMENTAR
Top