• Home
  • Pekanbaru
  • Melalui Akreditasi, BAN PAUD dan PNF Riau Wujudkan Lembaga Pendidikan yang Bermutu
Selasa, 16 April 2019 | 11:57:27

Melalui Akreditasi, BAN PAUD dan PNF Riau Wujudkan Lembaga Pendidikan yang Bermutu

aktualonline.com/Ishak N Sibarani
Melalui Akreditasi, BAN PAUD dan PNF Riau Wujudkan Lembaga Pendidikan yang Bermutu

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Riau membuka Rapat Koordinasi Daerah, dalam rangka program kerja pelaksanaan pengakreditasian PAUD dan PNF se Provinsi Riau untuk tahun 2019.

 

BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dari 12 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau untuk bersinergi.

 

BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau untuk tahun 2019, mendapat sebanyak 1.500 kuota terdiri dari PAUD dan PNF se Provinsi Riau yang akan dilangsungkan proses pengakreditasian.

 

Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau, Hj.Diah Masriah, S.psi,.M.M., mengungkapkan bahwa untuk statistik, PAUD lebih banyak dilaksanakan proses akreditasi di Provinsi Riau daripada PNF.

 

"Dulu sempat ada program satu desa satu PAUD, dalam rangka mempermudah perizinan membuka PAUD tersebut, namun disatu sisi ada permasalahan seperti bagaimana kurikulumnya, kualitas pendidiknya, dan lainnya, yang merupakan tugas dan kewajiban kami dalam menetapkan akreditasi". Ungkap Hj.Diah Masriah di ruang kerja.

 

Dalam menetapkan akreditasi, BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau akan menilai dari beberapa poin, kriteria dan standar yang dipenuhi seperti standar kurikulum, standar pendidik yang harus memiliki sertifikat pendidikan dan latihan berjenjang, dan lainnya.

 

"Kita juga mempunyai program supervisi yaitu melakukan monitoring dan evaluasi kepada beberapa PAUD dan PNF secara acak dari 12 Kabupaten/Kota Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau/Kabupaten/Kota." Terang Hj.Diah Masriah kepada awak media.

 

BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau merupakan lembaga langsung dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang dimana segala anggaran untuk melakukan program akreditasi didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

"Segala bentuk dukungan dana untuk operasional dan lainnya kepada assessor dalam melaksanakan fungsi akreditasi semua bersumber dari Pemerintah Pusat, kecuali beberapa Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mungkin menganggarkan untuk pelatihan dan pendampingan seperti Disdik Kota Pekanbaru yang sudah mengajukan anggaran untuk kegiatan tersebut". Papar Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau, Hj.Diah Masriah.

 

BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau sampai saat ini memiliki sebanyak 95 assessor yang masih aktif, yang rencananya kedepan Pemerintah Pusat akan mengadakan seleksi assessor untuk Provinsi Riau sebanyak 100 posisi untuk mempermudah pelaksanaan akreditasi kepada 1.500 PAUD dan PNF di Provinsi Riau.

 

" Sudah seharusnya PAUD dan PNF harus diakreditasi karena itulah menunjukkan lembaga yang konsisten dan berintegritas, bukan termasuk lembaga yang abal-abal, karena sekarang realitanya ada lembaga PAUD dan PNF yang aktif ketika menjelang penerimaan bantuan operasional, namun kadang passif (fiktif) seusai menerima bantuan tersebut." Jelas Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Riau, Hj.Diah Masriah.

 

Sekarang, Pemerintah berusaha mempermudah masyarakat yang ingin membuka lembaga pendidikan untuk anak bangsa, hanya dengan 10 murid saja maka bisa diajukan untuk dilakukan proses pengakreditasian namun dengan memperhatikan program agar berjalan, pastikan kurikulum berjalan, dan juga guru yang berkualitas.

 

Sebagai informasi, Berdasarkan UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada  pasal 60 ayat 1 dan 3 berbunyi, akreditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang bersifat terbuka.||| Ishak.N.S

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 19 Juli 2019 | 11:25:56
UPTD PKB Pekanbaru Upgrade Pelayanan
Kamis, 4 Juli 2019 | 23:49:27
Benarkah PT. Adei Merambah ?
BERIKAN KOMENTAR
Top