• Home
  • Pekanbaru
  • UP3 PLN Pekanbaru Tidak Memberikan Informasi Publik Terkait PPJ.
Sabtu, 25 Mei 2019 | 13:21:37

UP3 PLN Pekanbaru Tidak Memberikan Informasi Publik Terkait PPJ.

Foto/Ist
UP3 PLN Pekanbaru Tidak Memberikan Informasi Publik Terkait PPJ.
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Humas UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) PLN Area Pekanbaru, Usman mendadak susah ditemui dalam rangka konfirmasi terkait PPJ berasal dari PLN dan Non PLN untuk wilayah Kota Pekanbaru.

 

PPJ (Pajak Penerangan Jalan) merupakan salah satu kewajiban bagi masyarakat untuk membayar pajak tersebut kepada negara dengan metode penggunaan listrik baik melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Non PLN (menggunakan generator).

 

Dalam hal ini, wartawan Aktualonline.com mencoba menjumpai Humas UP3 PLN Area Pekanbaru untuk dikonfirmasi mengenai jumlah nilai pendapatan dari PPJ yang dipotong dari setiap pembelian listrik (prabayar dan pascabayar) oleh masyarakat Kota Pekanbaru dan mekanisme pemungutan/pemotongan hingga masuk ke Kas Daerah Pemko Pekanbaru, agar jelas terang benderang.

 

Namun, sudah selama satu minggu wartawan ini datang menemui Humas tersebut, selalu dalam posisi tidak ada, dengan alasan Rapat di Kantor Wilayah PLN Riau-Kepri.

 

"Maaf bang Pak Usmannya tidak ada, kata pegawai yang lain sedang rapat di luar" Jelas Receptionist  UP3 PLN Pekanbaru yang tidak mau disebutkan namanya selama tujuh hari berturut-turut.

 

Dengan memperhatikan SOP yang berlaku dalam struktur kelembagaan UP3 PLN Pekanbaru, Humas bertanggungjawab dalam memberi komentar dan pernyataan mewakili atas nama UP3 PLN Pekanbaru.

 

Kecewa dengan sikap Humas UP3 PLN Pekanbaru, wartawan aktualonline.com selalu mencoba mengonfirmasi melalui via Chat dan Telepon, namun tidak ditanggapi dan direspons juga oleh yang bersangkutan.

 

Sebelum wartawan aktualonline.com berkonfirmasi mengenai PPJ tersebut, Humas UP3 PLN Pekanbaru, Usman tampak mudah ditemui, namun setelah disinggung mengenai PPJ, mendadak sibuk menghadiri rapat diluar kantor.

 

isi percakapan terakhir wartawan ini dengan Humas PLN tersebut mengenai PPJ, dibalas dengan menyuruh menkonfirmasi terlebih dulu ke Dishub (Dinas Perhubungan) Pekanbaru.

 

"Sudah ke dishub Kota Pekanbaru bang?" Singkat Humas PLN Pekanbaru, Usman.

 

UP3 PLN Pekanbaru dalam hal PPJ mempunyai fungsi memungut dan mengumpulkan PPJ yang dibayar seluruh pelanggan listrik se-Kota Pekanbaru kemudian disetorkan ke Kas Daerah Kota Pekanbaru.

 

Padahal sesuai Perda (Peraturan Daerah) Kota Pekanbaru No.03 Tahun 2011 tentang PPJ, Besaran Pajak yang dikenakan untuk PPJ melalui PLN sebesar 6%, dan Non PLN sebesar 1,5 %.

 

Besaran PPJ tersebut berdasarkan Nilai Jual Tenaga Listrik (NJTL)/Harga Satuan dan Tarif Dasar Listrik yang berlaku untuk PLN.||| Ishak

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top