• Home
  • Pekanbaru
  • Kanwil DJPb Prov.Riau Ekspos Capaian Kinerja Semester 1 !!! Ini Ringkasannya
Rabu, 10 Juli 2019 | 10:07:08

Kanwil DJPb Prov.Riau Ekspos Capaian Kinerja Semester 1 !!! Ini Ringkasannya

Foto/Ist
Kanwil DJPb Prov.Riau Ekspos Capaian Kinerja Semester 1 !!! Ini Ringkasannya
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau menunjukkan data atas capaian kinerja belanja Kementerian/Lembaga di Provinsi Riau untuk periode sampai bulan Juni 2019.

 

Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Riau adalah instansi vertikal yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Dirjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI.

 

Salah satu tugas dan fungsi dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Riau adalah melaksanakan koordinasi, supervisi, dan penyusunan laporan berkenaan di dalam ranah perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

 

Berdasarkan data dari Kanwil DJPb Provinsi Riau, secara keseluruhan pagu belanja Kementerian/Lembaga tahun 2019 di Provinsi Riau sebesar Rp.8,01 Trilliun, dibandingkan tahun 2018 mengalami penurunan sebesar Rp. 305 Milliar, kecuali belanja Bantuan Sosial (Bansos) naik sebesar Rp. 5,23 miliar menjadi Rp. 20,84 miliar di tahun 2019. 

 

"Realisasi anggaran sampai bulan Juni 2019 sebesar Rp. 3,1 Triliun, semua jenis belanja mengalamai kenaikan realisasi, yang terbesar adalah belanja barang non operasional yang dianggarkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, sebesar Rp.186 Milliar, dan di Kepolisian (Polda, Polres/Polsek) Provinsi Riau sebesar Rp.139 Milliar." Tutur Kepala Kanwil DJPb Prov.Riau, Tri Budhianto kepada awak media.

 

Data dari Kanwil. DJPb Prov.Riau juga menampilkan 13 Satuan Kerja/SKPD yang belum merealisasikan (menjalankan) anggaran berasal dari APBN Pemerintah Pusat.

 

"Penyebab belum terealisasikan dana tersebut secara umum karena keterlambatan penerbitan Surat Keputusan (SK) Pejabat Perbendaharaan dan Petunjuk Teknis (Juknis) kegiatan,  sedangkan penyebab lainnya ada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang baru terbit, serta keraguan dari beberapa Instansi tersebut untuk melaksanakan kegiatan karena nama yang tertera dalam DIPA tidak sesuai dengan SK yang diterima." Pungkas Tri Budhianto.

 

Selain pencapaian realisasi Belanja Lembaga/Kementerian,Kepala Kanwil Dirjen DJPb juga menerangkan mengenai penyaluran Dana Desa, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai bulan Juni 2019.

 

"Total alokasi belanja Dana Desa di wilayh Riau sebesar Rp.26,97 triliun ini mengalami kenaikan naik dibanding tahun 2018 senilai Rp. 22,3 Trilliun, DAK Fisik sudah terealisasi Rp.140 Milliar, dan Untuk KUR Konvensional Pemerintah Pusat menyalurkan sebesar Rp. 1,6 Trilliun dan yang berbasis Syariah sebesar Rp. 9,4 Milliar sampai bulan Juni 2019 di Provinsi Riau." Tutup Kepala Kanwil DJPb Prov. Riau.||| Ishak



 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 19 Juli 2019 | 11:25:56
UPTD PKB Pekanbaru Upgrade Pelayanan
Kamis, 4 Juli 2019 | 23:49:27
Benarkah PT. Adei Merambah ?
BERIKAN KOMENTAR
Top