Jumat, 19 Juli 2019 | 11:25:56
*Disaat Kurangnya Kesadaran Masyarakat Menguji Kendaraannya

UPTD PKB Pekanbaru Upgrade Pelayanan

aktualonline.com/feri sibarani
UPTD PKB Pekanbaru Upgrade Pelayanan
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mempunyai rencana kerja dan fungsi teknis dalam operasional pengujian kendaraan.

 

Pengujian Kendaraan Bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji atau memeriksa bagian, komponen kendaraan angkutan barang, angkutan penumpang umum, kereta gandengan, kereta tempelan dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan.

 

Fungsi dari UPTD PKB Pekanbaru adalah memberikan jaminan keselamatan secara teknis, dalam rangka memperkecil resiko kecelakaan lalu lintas dan mewujudkan kelestarian lingkungan akibat pencemaran udara yang diakibatkan kendaraan-kendaraan angkutan barang dan penumpang.

 

UPTD PKB Pekanbaru dalam hal peraturan teknis operasional sudah mengantongi nilai pengakreditasian dengan predikat Baik.

 

Adapun alat-alat pengujian kendaraan di UPTD PKB Pekanbaru tergolong lengkap tidak bermasalah, dan siap untuk dioperasikan.

 

Kepala UPTD PKB Pekanbaru, M.Nasri mengatakan bahwa kedepan UPTD PKB Pekanbaru akan dinaikkan type akreditasinya dari Baik menjadi Amat baik.

 

"Tentu ada persyaratan untuk mencapai akreditasi type A, dan tahun 2020 nanti masyarakat sudah harus menggunakan Smart Card, yang akan meggantikan buku uji yang sekarang, jadi di dalan Kartu Pintar ini emua data-data pengujian kendaraan pribadi akan terekam kedalamnya." Kata Ka.UPTD PKB, M.Nasri di ruang kerjanya.

 

Adapun jenis-jenis alat pengujian kendaraan yang tersedia di UPTD PKB Pekanbaru secara umum ada 5 yaitu ; 

1.Drag Tester/Checker (Alat Pengecekan Rem)

2.Headlight Tester/Checker (Alat Pengecekan Cahaya Lampu)

3.Axle Load Meter(Alat Ukur Berat Beban Kendaraan)

4.Gas Analyzer (Alat Ukur Emisi)

5.Diesel Smoke Meter (Alat Ukur Ketebalan Asap).

 

"Untuk personil penguji di UPTD PKB Pekanbaru ada 8 orang, kedelapan orang ini terbagi bermacam-macam kriteria, ada penguji dasar, tingkat 1, tingkat 2, dan seterusnya."Ungkap M.Nasri kepada awak media.

 

Ka.UPTD PKB Pekanbaru mengakui bahwa masih diperlukannya penambahan personil, oleh karena itu Pemerintah Kota Pekanbaru setiap tahun melakukan bimbingan teknis untuk melatih personil tersebut.

 

"Insyaalah tahun ini kami sudah mengusulkan 3 nama untuk penambahan personil penguji, dan saya juga kedepan akan melakukan pengajuan permohonan bantuan ke Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat (RI) untuku dukungan dan hibah, baik dalam bentuk dana atupun peralatan fasilitas pengujian  operasional juga agar fasilitas tersebut terupgrade." Jelas Ka.UPTD PKB Pekanbaru.

 

Menurut Ka.UPTD PKB Pekanbaru, pihaknya sudah melakukan usulan ke Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal pengadaan alat-alat pengujian kendaraan, namun keputusan untuk membeli atau mengadakan alat-alat pengujian tersebut berada di tangan Pemko Pekanbaru yang akan menyesuaikan dengan ketersediaan  APBDnya.

 

"Tenaga ahli dari Kementerian Perhubungan sendiri yang akan mengkalibrasi dan mengecek langsung peralatan-peralatan yang sudah lama agar diperbaharui demi keamanan dan kenyamanan bersama." Terang M.Nasri.

 

Sementara disinggung mengenai praktik percaloan (jasa perantara) Ka.UPTD PKB Pekanbaru, M.Nasri menekankan bahwa seluruh pegawai di UPTD PKB Pekanbaru agar jangan ada yang berani mencoba-coba melakukan percaloan dengan terselubung, jika ketahuan akan ditindak dengan sanksi dan hukuman yang berlaku.

 

"Kami harus bersih, kami tidak akan mempersulit masyarakat, kita akan bantu masyarakat dalam kepengurusan pengujian kendaraan, supaya terhindar dari jasa calo-calo tersebut." Tutup M.Nasri.||| Ishak

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 10 Desember 2019 | 18:25:19
Kepala BKKBN Provinsi Riau Jarang Ditempat
Kamis, 28 November 2019 | 17:53:20
KPK Periksa Rumah "Bos Besar" Pekanbaru
Selasa, 19 November 2019 | 22:57:09
PT. RAPP Giat Lakukan Pencegahan Karhutla
Selasa, 19 November 2019 | 22:52:46
Kepala DLHK Riau Siapkan Langkah Pencegahan Karhutla
BERIKAN KOMENTAR
Top