• Home
  • Pekanbaru
  • Kemenkunham Wilayah Riau Tegakkan Hukum & Keamanan Lalu Lintas Keimigrasian
Jumat, 9 Agustus 2019 | 15:51:52

Kemenkunham Wilayah Riau Tegakkan Hukum & Keamanan Lalu Lintas Keimigrasian

aktualonline.com/Ishak N Sibarani
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Kementerian Hukum dan Ham Wilayah Provinsi Riau melalui Divisi Imigrasi mempunyai tugas salah satunya melaksanakan kebijakan teknis di bidang lalu lintas keimigrasian Provinsi Riau.

 

Maka dari itu, Divisi Imigrasi memaksimalkan area-area lalu lintas keluar-masuk wilayah Provinsi Riau ditetapkan harus melewati Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), tersebar di pelabuhan laut, bandara udara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, dan juga ditempat lain yang sudah ditetapkan.

 

Kepala Divisi Imigrasi, Kemenkumham Wilayah Riau, Mas Agus Santoso menjelaskan bahwa wilayah-wilayah TPI Provinsi Riau ada di Dumai, Selatpanjang, Bengkalis, Tembilahan, Bagansiapi-api, Pekanbaru terklasifikasi menjadi dua yaitu, TPI untuk penumpang, dan Crew (awak kapal/pesawat).

 

"Kami akan memeriksa berkas-berkas perizinan imigrasinya, jika ada yang tidak beres dengan berkas-berkas tersebut kami akan tahan sementara dan lakukan proses analisis awal untuk pengembangannya." Kata Ka.Divisi Imigrasi, Kemenkumham Wilayah Riau, Mas Agus Santoso, Kamis (8/8/2019).

 

Kemenkumham Wilayah Riau melalui Divisi Imigrasi juga mempunyai tujuan untuk menjaga kedaulatan negara dari sepanjang adanya pelanggaran keimigrasian di Provinsi Riau.

 

Divisi Imigrasi, Kemenkumham Riau juga mempunyai Manajemen Sistem Informasi Keimig rasian terpadu dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kemenkumham RI, dan bagi masyarakat yang ingin melaporkan dan pengaduan bisa langsung melalui website imigrasipekanbaru.com.

 

"Perlu diketahui, bahwa setiap pengaduan berasal dari masyarakat akan mempermudah tugas kami dalam menangani pelanggaran-pelanggaran keimigrasian, kita saling bekerjasama dan bersinergi itu sangat diperlukan antara Pemerintah dan masyarakat saat ini." Kata Ka.Divisi Imigrasi, Mas Agus Santoso.

 

Selama tahun 2019 hingga akhir Juli, belum ada laporan Warga Negara Indonesia (WNI) asal Provinsi Riau yang kedapatan tidak memiliki dokumen perizinan imigrasi diluar negeri dan dipulangkan.

 

"Untuk mengetahui keaslian surat-surat perizinan seperti Paspor dan Visa kita selalu periksa sepanjang fiturnya tidak bersesuaian atau tidak, kemudian kita minta klarifikasi dari kedutaan Indonesia diluar ne geri tersebut jika WNI yang me langgar keimig rasian disana." Jelas Mas Agus Santoso.

 

Sebagai infor masi untuk Pesawat Terbang dan Kapal Laut lintas antar negara yang hendak singgah sebentar di daratan Provinsi Riau untuk mengisi bahan bakar, harus menunjukkan surat-surat izin keimigrasian Crewnya.

 

"Di Provinsi lain, ada penumpang yang mempunyai identitas jenis kelamin dipaspornya Laki-laki, namun kenyataannya dia Perempuan akibat operasi medis kelamin, nah ini sepele, tapi menimbulkan permasalahan baru untuk kami". Kata Mas Agus Santoso mengakhiri.

 

Dalam hal lalu lintas keimigrasian, Kemenkumham Wilayah Riau, melalui Divisi Imigrasi sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu;-UU No.6 tahun 2011 ttg Keimigrasian,-Peraturan Pemerintah No.26 tahun 2016  ttg Pelaksanaan Keimigrasian yang sebagaimana telah diubah dari PP No.31 tahun 2013.||| isHAK

 

 

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top