• Home
  • Pekanbaru
  • Dishub Pekanbaru : Warga Jangan Coba Maling Komponen PJU
Rabu, 14 Agustus 2019 | 00:09:17

Dishub Pekanbaru : Warga Jangan Coba Maling Komponen PJU

BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PEKANBARU ||| Lampu jalan di Kota Pekanbaru atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU), berfungsi sebagai lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari sehingga mempermudah warga Kota Pekanbaru berkendara dan melintas.

 

Agar para warga pengendara Kota Pekanbaru yang melintas saat malam hari bisa melihat area jalan dengan lebih jelas, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan dari kegiatan aksi kriminal.

 

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melalui Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (KTSP) bertanggungjawab terhadap penataan, pengaturan, pengawasan, pemeliharaan dan lainnya terkait sarana dan prasarana penerangan jalan umum di Kota Pekanbaru.

 

Informasi berdasarkan data dari Dishub Kota Pekanbaru, melalui Bidang KTSP dijelaskan bahwa jika terdapat Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa ruas jalan dalam kondisi mati, karena ada berbagai faktor seperti kerusakan ringan hingga berat, korsleting arus listrik, umur PJU yang sudah tua sehingga perlu diganti, bahkan karena komponen PJU yang tercuri oleh manusia yang tidak bertanggungjawab dan lain-lain.

Kepala Bid. KTSP, Ardi Dwisasti menerangkan bahwa tahun 2019 Pemerintah Kota Pekanbaru telah melelang pekerjaan pemasangan tiang PJU sebanyak 4000 titik tersebar di Kota Pekanbaru.

 

"Untuk bola lampu Pemerintah juga sudah menyiapkan dana untuk mengadakan pekerjaan bola lampu sebanyak 12.000 buah, bola lampu kali ini berdaya 62 Watt yang merupakan Lampu Hemat Energi (LHE)." Kata Ka.Bidang KTSP, Ardi Dwisasti.

 

Di tahun 2018 lalu, Pemerintah Kota Pekanbaru harus membayar jasa arus listrik untuk Penerangan Jalan Umum kepada PLN sebesar kurang lebih Rp.12.000.000.000,- , rencananya dengan bola Lampu Hemat Energi ini bisa mengurangi pemborosan biaya yang  harus dibayar oleh Pemko Pekanbaru sekitar Rp.8.000.000.000,-.

 

"Bola lampu tersebut bertahan sekitar selama 8000 jam dan dengan diberlakukan meterisasi oleh petugas kami, untuk PJU di sepanjan jalan lingkungan perumahan dan sejenisnya itu harus ada permohonan rekomendasi untuk pemasangan kabel, tali, lampu oleh perwakilan warga perumahan tersebut kepada Pemerintah Kota Pekanbaru". Tambah Ardi Dwisasti.

 

Masih menjadi tugas bagi Dishub Kota Pekanbaru melalui Bidang KTSP untuk mengawas dan memantau setiap komponen dari PJU itu sendiri, karena sudah tersebar informasi kepada khalayak ramai bahwa disaat malam dinihari, selalu ada tindakan pencurian terhadap komponen-komponen PJU.

 

"Jika ada kejadian pencurian terhadap PJU, yang biasa hilang adalah kabel didalam box panel dan sekitarnya, sampai sekarang kami tetap lakukan pengawasan baik bersama-sama oleh pihak Kepolisian setempat dan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) setempat." Lanjut Ka.Bidang KTSP, Ardi Dwisasti.

 

Ardi Dwisasti juga merencanakan bahwa selain tindakan pengawasan langsung oleh petugas, Pemerintah akan mengambil sikap dengan merealisasikan pemasangan beberapa Closed Circuit Television (CCTV) pada sejumlah titik PJU, sehingga harapan kedepan adalah dapat mempermudah proses penangkapan tersangka dan juga meminimalisir keniatan para pencuri tersebut.

 

Untuk itu Dishub Pekanbaru harus berusaha mengikuti pedoman peraturan yang berlaku terkait PJU yaitu; Peraturan Menteri Perhubungan No.27 tahun 2018 ttg Alat Penerangan Jalan.||| Ishak Sibarani

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top