• Home
  • Pelalawan
  • Manager Estate III PT. Musim Mas “Ancam” Bubarkan Ibadah, Ada Apa ?
Kamis, 2 Juli 2020 | 14:58:20

Manager Estate III PT. Musim Mas “Ancam” Bubarkan Ibadah, Ada Apa ?

Foto/Ist
Pdt Manser Sagala M.Th
BERITA TERKAIT:
aktualonline.com.PELALAWAN ||| Adanya upaya menghalangi ibadah umat kristiani  oleh pihak PT. Musim Mas, dilingkungan PT. Musim mas terhadap jemaat Gereja kemenangan iman Indonesia (GKII) dikeluhkan Pendeta Manser Sagala M.Th selaku pimpinan jemaat Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII).

Manser mengemukakan kepada media atas tindakan PT Musim-Mas Estate III Kec Pangkalan Lesung sangat ia sayangkan sebutnya.

Dalam keterangannya kepada sejumlah awak media yang dikutip media Aktual,  Rabu (01/07/20) Pdt Manser Sagala M.Th menjelaskan bahwa pelayanan Ibadah GKII di PT MM Estate III sudah berjalan selama sembilan tahun, namun akibat covid -19 dan penerapan Peraturan Sosial Bersekala Besar (PSBB) oleh pemerintah ibadah pelayaanan di PT MM Estate III dihentikan untuk sementara.

Namun Setelah keluarnya surat edaran oleh Menteri Agama Republik Indonesia  No 15 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan dirumah ibadah, dan surat keterangan yang di keluarkan oleh camat pangkalan Lesung H.Adnan SH dengan Nomor SK 45.2/Kessos/2020/264.yang mana dalam SK tersebut berbunyi ,dalam menanggapi surat permohonan pengurus Rumah ibadah yang berada di lingkungan PT MM Estate III dan estate IV pada tanggal 10 Juni dan melihat kondisi Kecamatan Pangkalan Lesung berada dalam zona hijau dengan ini mengijinkan dibuka kembali aktivitas kegiatan ke agamaan di lingkungan PT MM Kec Pangkalan Lesung.

Berangkat dari surat edaran menteri agama dan SK yang di keluarkan oleh Camat Pangkalan Lesung, Saya sebagai Pimpinan Jemaat GKII di PT MM Estate III kembali hendak melaksanakan ibadah, namun sangat di sayangkan sejak Minggu tanggal 7 Juni 2020 sampai Minggu 21 Juni 2020  terhitung sudah empat kali saya dipulangkan oleh pihak security Tampa alasan yang jelas  dengan hanya mengatakan harus minta ijin dari pihak pimpinan Manejemen,” terang Pdt Manser.

Masih menurut Pdt Manser” setiap kali  saya tidak di ijinkan masuk kelokasi pelayanan oleh pihak security saya selalu meminta agar saya bisa berkomunikasi dengan pihak manegement untuk mempertanyakan syarat  apa yang harus di lengkapi agar saya di ijinkan masuk ke dalam lokasi pelayanan namun pihak Menejement tidak pernah memberi ruang dan  waktu untuk bisa berkomunikasi dengan saya.

Terkait hal ini  Saya  berharap agar Menejement dari perusahaan PT MM Estate III agar memberi Ruang dan waktu  untuk berkomunikasi dengan saya selaku Pimpinan Jemaat GKII yang ada di Estate III untuk mengklarifikasi apa yang menjadi penyebab pihak Menejement tidak mengijinkan saya untuk masuk kelokasih pelayanan tersebut “pungkasnya.

Ditempat terpisah Salah seorang jemaat Pdt Manser Sagala M.Th  yang tidak mau di sebutkan namanya juga menjelaskan, pada hari Minggu tanggal 28 Juni 2020, saya mencoba menemui Meneger PT MM Estate  III Bapak Bambang Sumanta agar mengijinkan Bapak Pdt M Sagala bisa masuk kelokasi pelayanan di Estate III untuk memimpin pelaksanaan ibadah namun Bapak Bambang selaku Manager menyampaikan” tidak bisa, kalau Bapak Pdt Manser Sagala tetap masuk untuk memimpin ibadah lebih baik kita bubarkan ibadah dari lokasi PT MM Estate III ini, ungkap jemaat tersebut menirukan pernyataan Bapak Bambang.

Menyikapi kejadian tersebut Ketua Dewan Pimpinan Cabang  Asosiasi Pendeta Indonesia (DPC API) Kab Pelalawan Alferi Pasaribu S.Th turut angkat bicara, saya sangat menyayangkan kejadian ini yang mana manajement PT MM justru seharusnya memfasilitasi pelaksanaan ibadah, untuk para karyawanya bukan malah mempersulit karna berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 15 tahun 2020 telah megijinkan dibukanya kembali peribadatan dirumah ibadah sejak tgl 6 Juni tahun 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,maka dari itu Saya selaku ketua DPC API Kab Pelalawan meminta kepada pihak menejement PT Musim Mas Estate III agar segera mengklarifikasi permasalahan ini,agar tidak ada asumsi negatif Masyarakat terhadap Perusahaan PT Musim-Mas” tegas ketua API Pelalawan ini kepada awak media.

Sementara itu, Humas PT. Musim mas Ibrahim yang dihubungi awak media ini , Ibrahim kepada awak media ini membantah bahwa pihaknya ada upaya menghalangi ibadah umat kristiani beribadah. kita sudah minta pengurus Estate III untuk mengklarifikasi berita yang sudah beredar katanya.

" Disana itu, di estate tiga itu ada pengurusnya pak, kita telah minta agar mereka,  pengurus yang di estate tiga itu mengklarifikasi berita. 

Penyampaian Ibrahim ini, yang diklarifikasi oleh awak media Aktual sesuai arahan Ibrahim untuk menghubungi J . Hutahayan sebagai pengurus gereja tersebut katanya.

Hutahayan yang merupakan jemaat GKII ini membenarkan, bahwa ia nya ada menemui manager estate III, Pak Bambang Minggu, 28/06-2020, dan meminta agar pak Pendeta Manser diijinkan masuk ke PT .Musim mas untuk memimpin ibadah, terang Hutahayan kepada wartawan.

Namun oleh pak Bambang dikatakan tidak boleh, kalau dipaksakan masuk untuk ibadah, sekalian akan kita bubarkan tidak boleh lagi beribadah, ucap Hutahayan, menirukan perkataan Bambang.

Kembali Hutahayan mengatakan, mereka yang berjumlah puluhan jiwa jemaat tersebut telah empat Minggu ini mereka tidak dapat beribadah, karena belum mendapatkan ijin dari PT. Musim mas, pungkasnya.||| Richard Simanjuntak





Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Jumat, 26 Juni 2020 | 12:45:26
Disinyalir PT PLN “Tutup Mata"
BERIKAN KOMENTAR
Top