Senin, 31 Agustus 2020 | 22:57:31

Kevalidan Data Kunci Pembangunan

Foto/Ist
BERITA TERKAIT:
aktualonline.com AROSUKA ||| Kevalidan data merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, dengan data yang berkualitas perencanaan pembangunan menjadi lebih tajam dan tepat sasaran, begitupun sebaliknya jika data yang dirujuk tidak valid dan up to date maka kebijakan yang diambil tidak akan menyelesaikan persoalan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gusmal dalam Apel Siaga Persiapan Sensus Penduduk Tahap II Tahun 2020, Senin (31/8) di Arosuka. Sehubungan dengan sensus penduduk 2020 yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Ia menginstruksikan kepada OPD/Dinas terkait camat beserta jajaranya, wali nagari dan kepala jorong agar dapat terlibat aktif dalam sensus penduduk pada bulan september 2020.

"Pada kesempatan ini saya ingin menekankan bahwa kegiatan sensus penduduk 2020 sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menghasilkan data dasar dalam pengambilan kebijakan di berbagai bidang pembangunan berkelanjutan," ungkapnya.

Ia juga mengimbau OPD/Dinas terkait camat beserta jajaranya,Wali Nagari dan Kepala jorong, untuk ikut membantu BPS dalam mensosialisasikan kegiatan sensus penduduk 2020 agar segenap lapisan masyarakat kabupaten solok mendapatkan informasi yang utuh serta dapat memahaminya, sehingga proses pendataan dilapangan oleh petugas berjalan dengan lancar.

"Kepada para petugas lapangan sensus penduduk 2020 saya berpesan untuk mendata dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab, disiplin serta mematuhi SOP yang telah digariskan, sehingga data yang dikumpulkan dilapangan menjadi berkualitas," katanya.

Lalu Gusmal meminta kepada seluruh jajaran SKPD Kabupaten Solok dan BPS dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dan maksimal lagi serta dengan beberapa instansi terkait lainnya. Ia mengingatkan jangan ada perbedaan data antara BPS dengan beberapa instansi terkait.

Data yang valid dan akurat menjadikan program pemerintah menjadi efektif. Karena itu, semua pihak harus berusaha memperbaiki data agar valid terus menerus, peran BPS sebagai lembaga pemerintah penghasil data juga semakin krusial.

"Saya berharap BPS selalu berupaya untuk konsisten sesuai dengan visinya sebagai Pelopor Data Statistik Terpercaya untuk semua," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Solok, Chardiman menjelaskan, pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini merupakan implementasi dari amanat undang -undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, serta peraturan pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik.

Kemudian Ia mengatakan, BPS Pusat sudah berkoordinasi dengan Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri untuk mendukung penyediaan data eksternal dari SKPD guna mewujudkan sistem statistik nasional yang andal, efektif dan efisien.

Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi, integrasi dan harmonisasi dalam pelaksanaan urusan pemerintahan bidang statistik antara pemerintah pusat dan daerah. untuk itu semua pihak hendaknya menyediakan data statistik sektoral yang berkualitas.

Lebih lanjut, mengenai keterlibatan BPS dalam pembangunan, ia menyebut, sebagai lembaga yang menjamin akurasi data, BPS bertanggung jawab untuk menjaga dan validasi akan data tersebut. Sebab data data statistik, dapat dijadikan rujukan bagi pembangunan bangsa jangka pendek maupun jangka panjang.

Menurutnya, tanpa data akan sulit dalam menyusun arah pembangunan ke depan, maka dari itu data menjadi hal yang sangat penting sebagai rujukan penyusunan road map masa depan negara.

"Kami akan terus menjaga akurasi dam kualitas data, karena kami sadar Kabupaten Solok dalam menjalankan program juga berdasarkan data dari BPS," ungkapnya.||| Geby/rn





Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Minggu, 6 September 2020 | 16:29:27
Pasangan calon Bupati Pelalawan, MANTAP Gelar Deklarasi
Minggu, 6 September 2020 | 01:35:26
Fakultas Hukum Unilak Kelompok 21 Laksanakan KBM
Senin, 31 Agustus 2020 | 12:28:22
Tim Koalisi Pemenangan Ridi-Habibi Dikukuhkan
BERIKAN KOMENTAR
Top