Kamis, 26 Desember 2019 | 02:17:08

Ingatan Kita Didominasi Oleh Masa Lalu ?

Oleh: Alma Maulani
BERITA TERKAIT:

Setiap orang sangat bergantung pada kekuatan memori untuk melakukan aktifitas harian dikarenakan setiap orang akan mengingat hal-hal penting, hal yang terjadi dan apa saja yang mereka lalui setiap harinya. Memori merupakan yang dimiliki seseorang dalam mengingat dan menyimpan sesuatu kejadian atau pengalaman hidup karena adanya memori dalam otak kita, dimana dalam memori tersebut tidak akan pernah penuh selama hidup seseorang tersebut.

 

Nyatanya dalam hidup seseorang memori itu juga berpengaruh,sebab seseorang yang sering mengalami hal buruk atau baik pada suatu saat seseorang tersebut cenderung mengingat salah satunya. Ksrena jika dalam jangka lama orang tersebut masih mengingat hal tersebut maka itu disebut dengan memori jangka panjang (long term memory).

 

Memori jangka panjang (long term memory) merupakan kekuatan untuk menerima dan menyimpan informasi yang dipertahankan untuk interval yang lebih panjang dari beberapa menit, bahkan seumur hidup. Penurunan tajam dalam rekognisi dan pengingatan (recall) data setelah 35 tahun mungkin mengindikasikan sejumlah proses degeneratif dalam memori sebagai akibat bertambahnya usia seseorang (35 tahun tersebut adalah tahun-tahun saat memori tetap stabil, sebelum menurun drastis setelah tahun ke-35).  

 

Penyimpanan LTM merupakan penjelasan tentang jangka panjang dibentuk dan disimpan, dikemukakan dalam karya Donald Hebb yang menjadi klasik. Versi sederhana dari gagasan Hebb tentang LTM menyatakan bahwa informasi dari STM akan dikirim ke LTM apabila diulang-ulang (rehearsed) di STM di dalam jangka waktu yang cukup lama. Transformasi informasi dari STM ke LTM tersebut terjadi karena struktur STM di otak memiliki sirkuit yang berisikan aktivitas-aktivitas neural yang bergema (reverberating), yang memiliki neuron-neuron yang mampu bergerak dalam putaran (loop) secara mandiri.

 

Sejumlah pengalaman lebih mudah diingat dibandingkan pengalaman lain. Sebagai contoh, pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, yang melibatkan ego, atau bahkan yang bersifat traumatik, tampaknya bertahan lebih lama di memori dibandingkan memori mengenai kuliah yang rumit.

 

Bagaimana masa lalu mendominasi memori kita? Saat membicarakan masa lalu, seharusnya kita sama-sama tahun bahwa masa itu sudah berlalu atau sudah tak berlaku lagi, Segala yang hadir dalam ingatan bukan lagi apa yang sedang terjadi, tetapi apa yang sudah terjadi dan berlalu. Karena itu, mengingatmu, seperti membasuh luka lama yang membuatku semakin terluka.Tapi mengingkarinya juga tak berpengaruh apa-apa karena kenangan itu seringnya hadir tanpa kata. Meski kuyakinkan diriku sekuat tenaga,nyata nya kamu memang masih bertahta disana, maka dari itu memori tetap mendominasi memori kita akan masa lalu yang hanya tinggal kenangan.

 

Jenis-jenis memori secara umum, segala hal dalam memori yang saat itu tidak sedang digunakan namun memiliki makna yang penting dan dapat diambil kembali (retrievable). Sejumlah kategori umum dari jenis informasi yang disimpan dalam LTM disusun berdasarkan kemungkinannfungsi adaptif nya.

·  Kemampuan spasial. Informasi mengenai lokasi kita di dunia dan objek-objek yang penting. Pengetahuan ini memungkinkan kita melakukan pergerakan atau manuver efektif di lingkungan kita.

·     Karakteristik-karakteristik fisik dunia sekeliling kita. Informasi ini memungkinkan kita berinteraksi secara aman dengan objek-objek yang kita jumpai.

·    Hubungan sosial. Penting untuk mengetahui siapa kawan kita, siapa kerabat kita, dan siapa orang yang dapat kita percayai. ,mengenali siapa musuh kita bahkan lebih penting lagi.

·      Nilai-nilai sosial. Pengetahuan mengenai apa yang dianggap penting oleh kelompok kta.

·      Keterampilan-keterampilan motorik. Penggunaan alat. Pemanipulasi objek.

Diyakini bahwa keberagaman informasi yang ditemukan dalam LTM telah berevolusi sedemikian rupa sehingga memungkinkan kita mengembangkan interaksi yang sukses dengan lingkungan kita.

 

Faktor-faktor yang meningkatkan kinerja memori, pemusatan perhatian kepada stimuli dalam lingkungan akan meningkatkan kecenderungan memori memasuki sistem sensorik dan memasuki STM. Maintenance rehearsal (pengulangan pemeliharaan) akan menjaga informasi tetap di dalam STM, dan elaborative rehearsal (pengulangan elaboratif) mendorong informasi STM ke LTM. Kita juga telah mengetahui bahwa prinsip kekhasan penyandian (encoding specificity principle) dapat menyebabkan meningkatkan potensi pengambilan memori dari LTM dengan menyediakan isyarat (cue) yang dapat menyediakan akses ke jejak-jejak memori.(Penulis adalah Mahasiswi Semester 3 Jurusan Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang)

  

 


BERITA LAINNYA
Senin, 30 Desember 2019 | 11:51:58
Persepsi Seseorang Yang Mengalami Toxic Relationship
Kamis, 26 Desember 2019 | 00:54:37
Juara Kelas Tidak Bisa Menjadi Patokan Anak Itu Cerdas
Kamis, 26 Desember 2019 | 00:37:10
Lebih Mudah Mengingat Gambar Atau Tulisan ?
Rabu, 25 Desember 2019 | 00:54:07
Begadang dan Pengaruhnya Terhadap Atensi
Minggu, 22 Desember 2019 | 01:35:13
Persepsi Sarana Pemersatu Bangsa
Jumat, 20 Desember 2019 | 01:24:15
Pengaruh Handphone Terhadap Daya Ingat Pada Remaja
Kamis, 19 Desember 2019 | 13:21:06
Mengembangkan Kecerdasan Anak Penyandang Tuna Grahita
Kamis, 19 Desember 2019 | 13:00:54
Otak Perlu Dirawat Agar Tidak Pikun Dimasa Tua
Kamis, 19 Desember 2019 | 12:25:35
Bahasamu Membunuhku
Kamis, 19 Desember 2019 | 11:52:36
Ancaman Demensia Tak Bisa Dianggap Remeh
Rabu, 18 Desember 2019 | 12:15:49
Jangan Bentak Anak ! Ini Dampaknya
Sabtu, 13 April 2019 | 00:24:04
Kisah Umang (orang bunian) di Tanah Karo
BERIKAN KOMENTAR
Top