Kamis, 1 September 2016 | 22:34:27

Tingkatkan Kualitas Guru Lewat LPTK

illustrasi
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN//USAID PRIORITAS Sumatera Utara terus melakukan peningkatan kualitas guru lewat Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK). Bersama dengan LPTK Mitra, USAID PRIORITAS mengadakan pelatihan untuk guru dan calon guru.

Calon guru yang sedang melakukan praktik lapangan (PPL) juga menjadi perhatian USAID PRIORITAS. Karena itu guru pembimbing lapangan beserta dosen pembimbing perlu diberikan pembekalan agar lebih maksimal mendampingi calon-calon guru berkualitas dalam Provincial Teacher Practicum LAB & Schools Training di Tingkat SD/MIs Bagi Sekolah Mitra LPTK USAID PRIORITAS Sumatera Utara. Pelatihan tersebut diadakan di pada 29-31 Agustus 2016 di Grand Kanaya Hotel.

Membuka kegiatan pelatihan, Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid MPd mengatakan, seperti selalu dikemukakan Bapak Rektor Unimed bahwa jika ingin mengetahui bagaimana masa depan Indonesia, bisa melihatnya di ruang kelas saat ini, sehingga peningkatan mutu guru sangat penting dilakukan. Ia juga menambahkan, pembekalan calon guru perlu terus dilakukan agar guru berkualitas bisa menghasilkan generasi bangsa yang cerdas.

Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Sumatera Utara (Sumut) dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut melibatkan guru-guru sekolah mitra LPTK. "Pelatihan ini melibatkan dosen-dosen pembimbing lapangan dari Unimed dan UINSU, Guru Pamong dari sekolah mitra, serta mahasiswa PPL," katanya.

"Dengan kegiaatan ini diharapkan terbangunnya sinergisitas antara dosen, guru dan mahasiswa PPL dalam mengimplementasikan active learning di sekolah-sekolah. Selain itu juga diharapkan dapat memperkuat kapasitas implementasi PPL, sehingga praktik PPL dapat memberikan pengalaman yang praktis kepada mahasiswa," tambahnya lagi.

Dr. Elly Djulia, MPd, Teacher Training Institute (TTI) Specialist Development USAID PRIORITAS Sumut mengatakan dalam pelatihan ini nantinya para peserta yang berjumlah 60 orang, terdiri dari dosen, guru dan mahasiswa sama-sama merancang rencana pembelajaran yang akan dipraktikkan di sekolah. "Dalam praktik mengajar di sekolah, guru dan mahasiswa melakukan proses mengajar bersama sedangkan sang dosen berperan sebagai observer," jelasnya.

Di Sumut USAID Prioritas bekerja di 15 kabupaten/kota yakni Langkat, Binjai, Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan. Serta dua LPTK yaitu Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.--Zhon--

 

 

 

Editor : Naen

 


BERITA LAINNYA
Senin, 11 September 2017 | 12:40:29
ITM dan DPD RI Seminarkan RUU Kegeologian
Jumat, 11 Agustus 2017 | 01:39:44
Peserta Didik Nasional Butuh Penguatan Karakter
Selasa, 14 Februari 2017 | 23:09:38
LPM UMA Gelar Pelatihan AMD SPMI
Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:48:59
Buku Bacaan Berjenjang Menjangkau Anak Pegunungan
Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:25:33
Empat Mahasiswa Unpab Ikuti P2A di Thailand
Kamis, 11 Agustus 2016 | 00:54:05
12 Mahasiswa ITM Peroleh Beasiswa Bidikmisi
BERIKAN KOMENTAR
Top