Selasa, 14 Februari 2017 | 23:09:38

LPM UMA Gelar Pelatihan AMD SPMI

Foto/Ist
Diabadikan : Peserta pelatihan AMD SPMI diabadikan bersama LPM UMA sebelum menggelar pelatihan di Convention Hall Kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate. Kegiatan selama tiga hari itu dimulai Senin (13/2) hingga Rabu (15/2), dan dibuka Rektor UMA, Prof. Dr. H A Yakub Matondang, MA.
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN//Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Medan Area (UMA) menggelar pelatihan Auditor Mutu Internal (AMD) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)  di Convention Hall Kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate. Kegiatan selama tiga hari itu dimulai Senin (13/2) hingga Rabu (15/2), dan dibuka Rektor UMA, Prof. Dr. H A Yakub Matondang, MA.

 

Tampil sebagai pembicara Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut, Dr. Mahriyuni M.Hum, Prof. Dr. Dadan Ramdan M.Eng MSc,  Dr. Darwin M.Pd, Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda M.Si dan Prof. Dr. Hj Retna Astuti K, M.Si.

 

Ketua Yayasan Pendidikan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS), Drs. Erwin Siregar MBA menyatakan kebanggaannya karena UMA  sampai saat ini masih melaksanakan komitmen SPMI. UMA katanya tetap antusias membangun mutu pendidikan melalui SPMI. SPMI identik dengan mutu. "Penerapan SPMI Tentunya mendukung akreditasi UMA menuju akreditasi A ," ujar Erwin Siregar.

 

Dijelaskannya, SPMI memberikan jaminan kepuasan tidak saja kepada stakeholder tetapi juga kepada pengelola dan yayasan. Namun Erwin mengakui membangun SPMI tidak bisa menyeluruh tetapi secara bertahap. Ada delapan standar dalam melaksanakan SPMI seperti standar tentang SDM dan tata kelola. Karena itu perlu ada tim auditor yang fungsinya tidak hanya mengaudit tapi juga melakukan asesmen.

 

"SPMI baru di UMA. Kita buat target tahun 2017 ini di lingkungan fakultas pelaksanaan minimal 75  persen. Dan di awal  tahun 2018 sudah 100 persen melaksanakan implementasi SPMI," ucap Erwin seraya menyebutkan pihaknya akan menerapkan SPMI secara online agar lebih memudahkan.

 

Erwin menceritakan tahun 2010 UMA telah menerima sertifikat SPMI dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa). Belmawa nantinya akan melihat implementasi SPMI bukan dari dokumentasi tapi pelaksanaan yang ada. Kedua Belmawa akan melihat proses metode SPMI di UMA dan ketiga siapa editornya.

 

Untuk itu diharapkan auditor nantinya mampu melaksanakan audit yang sebenarnya dan pada akhirnya dapat memberikan asesman kepada pihak rektorat dan yayasan. "Tahun 2017 ini pilot project  SPMI adalah Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Pascasarjana UMA," ucap Erwin.

 

Rektor UMA, Prof. Dr. H A Yakub Matondang, MA berharap kegiatan yang diikuti para fungsionaris  tingkat fakultas dan rektorat di lingkungan UMA itu semakin mempercepat peningkatan mutu di UMA.

Turut memberikan sambutan Penanggungjawab SPMI, Dr Heri Kusmanto MA dan Ketua Panitia, Chalis Fajri Hasibuan ST, MsC.--Zhon--

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 23 Mei 2018 | 14:30:42
Reggy Nouvan,Berbagi Ilmu Lewat Komik
Sabtu, 14 April 2018 | 21:55:37
Kata Wakil Wali Kota,Guru Harus Diproteksi
Senin, 11 September 2017 | 12:40:29
ITM dan DPD RI Seminarkan RUU Kegeologian
Jumat, 11 Agustus 2017 | 01:39:44
Peserta Didik Nasional Butuh Penguatan Karakter
Kamis, 1 September 2016 | 22:34:27
Tingkatkan Kualitas Guru Lewat LPTK
BERIKAN KOMENTAR
Top