Senin, 11 September 2017 | 12:40:29

ITM dan DPD RI Seminarkan RUU Kegeologian

Foto/Ist
ITM dan DPD RI Seminarkan RUU Kegeologian

aktualonline.com.MEDAN///Institut Teknologi Medan (ITM) dan Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI menggelar seminar Uji Sahih dalam rangka penyusunan rancangan Undang Undang (RUU) tentang penyelenggaraan kegeologian di Gedung Bina Graha Medan.

Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT (foto) mengatakan Rancangan Undang- Undang (RUU) Penyeleng­garaan Kegeologian yang diusulkan Komisi II DPD sangat bermanfaat bagi Indonesia. Terlebih banyak daerah yang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut soal geologi daerah tersebut, termasuk Sumatera Utara (Sumut).

"Di Sumut masih ada gunung merapi aktif di bawah Danau Toba dan perlu penelitian lebih lanjut. Inilah pentingnya UU Geologi itu," ujar Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT, kemarin.

Menurutnya UU Geologi tersebut penting agar pemerintah mem­­punyai eksekusi dan pe­ga­ngan kuat jika terjadi bencana.

Plt Setdaprovsu Ibnu Hutomo saat membuka seminar me­ngatakan Pemprovsu men­dukung disahkannya RUU pe­nye­lenggaraan kegeologian yang diusulokan Komite II DPD. Di­harap­kan seminar ini nantinya dapat menjadi aturan yang tegas terhadap masalah kegeologian di Sumut.

Disebutkannya dengan adanya seminar uji sahih terkait RUU ini nantinya akan dapat memberikan masukan kepada tim sehingga dapat dirincikan dengan baik dan dapat menjadi UU yang bermanfaat bagi Sumut dan Indonesia nantinya.

Ketua Komite II DPD Parlin­dungan Purba yang menginisiasi kegiatan menyebutkan jika saat ini ada dua RUU yang diusulkan Komite II DPD RI, yakni RUU penyelenggaraan Kegeologian, dan RUU Energi Terbarukan.

"Hasil dari pembahasan ini akan kita sampaikan ke paripurna dan singkronkan ke PPU (Panitia Pembuat Undang Undang)," katanya.

Selain itu, hasil seminar uji sahih ini, tidak hanya disampaikan ke rapat paripurna, melainkan juga ke pemerintah dan DPR.

"Nanti kita buat argumennya. Karena hari ini pemhasannya bukan hanya di Medan. Melainkan juga dibahas Makassar. Kebetulan di Medan kita bekerja sama dengan ITM," kata Parlindungan.

Kepala Jurusan Teknik Geologi ITM Gustam Lubis sebagai nara sumber mengatakan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan berhubungan dengan geologi seperti ekstraksi, mitigasi dan konservasi, dengan pembuatan peta bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana.///Zul

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 11 Agustus 2017 | 01:39:44
Peserta Didik Nasional Butuh Penguatan Karakter
Selasa, 14 Februari 2017 | 23:09:38
LPM UMA Gelar Pelatihan AMD SPMI
Kamis, 1 September 2016 | 22:34:27
Tingkatkan Kualitas Guru Lewat LPTK
Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:48:59
Buku Bacaan Berjenjang Menjangkau Anak Pegunungan
Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:25:33
Empat Mahasiswa Unpab Ikuti P2A di Thailand
Kamis, 11 Agustus 2016 | 00:54:05
12 Mahasiswa ITM Peroleh Beasiswa Bidikmisi
BERIKAN KOMENTAR
Top