Rabu, 11 Desember 2019 | 20:18:21
* Serba-Serbi FDT Hari Ke 3 di Parapat

Humbahas Raih Juara I Ajang Lomba Vocal Group

Foto/Ist
BERITA TERKAIT:

PI-NEWS. COM. PARAPAT |||  Ajang lomba Vocal Grup dihari ke 3 Festival Danau Toba (FDT) ke-7, Kabupaten Humbang Hasundutan berhasil tampil lebih baik dan meraih juara satu, di Panggung FDT, Pagoda Openstage Parapat,  Simalungun Sumut, Rabu (11/12/2019)

 

Ada 10 peserta vokal grup yang mengasah kemampuan tarik suara ini diantaranya VG. SMK Pariwisata USI Pematangsiantar, VG Tapanuli Utara, Samosir Voice, PGS Serbelawan, Sioloi Poda Medan, VG Generasi Lintong Ni Huta Humbang, Sanggar Seni Martabe Dolok Sanggul, Natio Band Medan, Blessing Voice Politeknik Pariwisata Medan dan Vokal Grup dari Kabupaten Dairi mereka berlaga vocal sejak pukul 09.00 Wib dan berakhir sekitar pukul 16.00 Wib. 

 

Kegiatan pertandingan Vocal Grup ini dibuka Ketua Umum FDT Dr Ria Telambanua diwakili Kepala Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara Denny Afriansyah SH sekaligus  mendatangkan Tiga Dewan Juri diantaranya Hendri Perangin-angin SH, Jimmy Hutapea dan Sanur Sinaga SSn MSn.

 

Dalam sambutannya, mewakiki Kadisbudpar Provinsi Sumut Dr Ria Telambanua,  Denny mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta vokal grup yang ikut serta untuk memeriahkan acara ini dan mudah-mudahan Festival Danau Toba tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya sebab tahun ini pesertanya lebih banyak dibanding FDT tahun lalu, Katanya. 

 

Jadi kepada para peserta, siapa saja yang menang atau kalah nantinya jangan merasa kecil hatibdan tetapnasah kemampuan kalian dan hal itu sudah biasa dalam pertandingan atau ajang kompetisi, maka  tampilkanlah yang terbaik dan jangan lupa junjung semangat sportivitas perlombaan, Ujarnya. 

 

Kami berharap, bagi peserta group lomba lebih bersinergi meraih kemenangan, dan berikan yang terbaik sehinga bisa terpilih jadi juara, tujuan program ini untuk menonjolkan seni budaya dalam menyambut destinasi Danau Toba menjadi objek wisata Internasional," Kaya Denny.

 

Denny juga menyampaikan, bahwa kegiatan FDT telah dibuat menjadi program Event Tahunan dimana pelaksanaanya juga ditetapkan setiap Tahun di Open Stage Pagoda Parapat, Simalungun. 

 

" Kedepan, Pemerintah Provsu telah membuat program bahwa FDT ini menjadi Event Tahunan, dan jadwal pelaksanaanya juga dirubah setiap bulan Juli pada saat masa libur panjang anak sekolah, jadi saya harap masyarakat bisa legowo dan  menerima perubahan Danau Toba menjadi objek wisata Bali kedua," di Nusantata ini, kata Denny,

 

Sementara, Ketua Dewan juri Vocal Group FDT,  Hendry Paranginangin menjelaskan,  beberapa kriteria sesuai ketentuan dari panitia dan peserta diminta dapat berkompetisi dengan baik serta bersinergi, ingat keputusan tertinggi tetap ditangan dewan juri dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun. 

 

Jadi menjadi juara, ada ketentuan yang harus diikuti peserta, salah satunya dari sisi jumlah peserta, tidak boleh menggunakan alat elektronik, dan yang paling utama berkaitan dengan materi suara , etnis musik , kualitas mobilisasi dan penampilan, itulah sebagai acuan memberikan penilaian kepada para peserta , artinya dari sisi teknik musik kualitasya tentu berkaitan dengan aransmen bagaimana mereka bisa mengolah komposisi lebih menarik," kata Hendry,

 

Terpisah, Marto Naibaho selaku bidang promosi dan kelembagaan dari Pemkab Hubang Hasundutan mengatakan merasa bangga atas terpilihnya Sangar Seni Martabe Doloksangul menjadi juara satu pada saat Festival Danau Toba 2019 dan melalui lomba vocal  group ini kreativitas dan potensi serta  bakat anak -anak bisa meraih kesuksesan, dan Pemkab Humbahas siap memberikan dukungan berikut fasilias," kata Naibaho. ||| Jes Sihotang

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 27 Januari 2020 | 14:33:10
Asik Sedot Sabu, Benny dan Boy Diringkus Polisi
Jumat, 24 Januari 2020 | 15:16:49
Polsek Bangun Amankan Birong dan Barbuk Sabu
Selasa, 21 Januari 2020 | 19:07:41
Truk Sosro Tabrak Truk Kontiner Supir Tewas Terjepit
BERIKAN KOMENTAR
Top