Jumat, 17 Juli 2020 | 18:53:59

DPRD Provinsi Sumut Kunjungi PT TPL Sektor Aek Nauli

aktualonline.com/Jes Sihotang
DPRD Provinsi Sumut Kunjungi PT TPL Sektor Aek Nauli
BERITA TERKAIT:
aktualonline.com.SIMALUNGUN ||| Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi B Provinsi Sumatera Utara mengungi PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) Sektor Aek Nauli, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (16/7/2020).

Gerbong DPRD SU dari Komisi B ini diantaranya Viktor Silaen, SE, MM, Zeira Salim Ritonga, SE, Ahmad Hadian, S.Pd.I, Pantur Banjarnahor, Drs. Tuani Lumban Tobing, Sumihar Sagala, SE, Ir. Sugianto Makmur, A.Md.Li, Rahmat Rayan Nasution, Thomas Dachi, SH, Gusmiyadi, SE, Emi Ariyanti, SH, M.Kn, Franc Bernhard, Erwinsyah Tanjung, Drs. Parsaulian Tambunan M.Pd, Dra. Hj. Hidayah Herlina Gusti Nst, Saut B Purba, SE, Muhammad Andri Alfisah, Muhammad Gandhi Faisal Siregar, Ahmad Fauzan, H dan Fahrizal Effendi Nasution, SH.

Dalam Kunjuangan Kerja tersebut, Gusmiyadi.SE meminta kepada managemen perusahaan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) berharap agar selalu membantu masyarakat dan jangan tanggung-tanggung membina kelompok tani yang berbatasan dengan konsesi perusahaan.

"Sesuai dengan hasil kunjungan dan pengamatannya di beberapa desa yang berdekatan dengan konsesi PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL), Gusmiyadi juga menyampaikan, bahwa kelompok tani binaan non kayu yakni penangkaran Madu dan tanaman Kopi di Nagori (desa) Sait Buntu Kecamatan Pematang Sidamanik serba tanggung sehingga tidak hasilnya tidak terlihat dengan jelas dan manfaat belum dirasakan warga.

Menurutnya, penangkaran madu dan kopi dapat dikembangkan hulu hingga hilir karena  memiliki potensi besar yang sepatutunya terus didukung perusahaan dari dana CD/CSR, baik dari segi pembinaan, pengembangan dan hingga ke pemasaran.

"Karena urusannya selalu nanggung-nanggung maka ursannya hingga saat ink tidak clear dan tujuanya atau out put pembinaan tidak jelas. Jangan sekedar hanya bantu-bantu saja tapi kita harus tahu goal (tujuan) CD perusahaan hingga manfaatnya dapat dirasakan warga," ungkapnya.

Dirinya meminta agar perusahaan tidak tanggung-tanggung membantu kelompok tani binaan peusahaan sehingga hasilnya nyata dapat dirasakan kelompok tani yang berbatasan dengan konsesi PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL),

"Mari kita bekerjasama mendukung para kelompok tani yang bergerak dibidang hasil hutan bukan kayu, apa yang akan ditanaman dan apa capaiannya agar pertemuan ini dapat bermanfaat kepada masyarakat, ini tugas kita bersama," kata Gusmiyadi

Sementara Dra. Hj. Hidayah Herlina Gusti Nasution, meminta managemen perusahaan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) Lebih mengembangkan lagi penangkaran madu, sehingga bisa dirasakan masyarakat Kelompok Binaan, namun harus tetap menjaga lingkungan sekitar Demi terujutnya Kawasan Danau Toba menjadi Destinasi Pariwisata Internasional,

Sementara mewakili  Managemen PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL), J Silalahi mengakui perusahaan memiliki kelompok binaan penangkaran madu di Nagori Sait Buntu dan selanjutnya pihaknya akan menindak lanjutii dan mengintervensi kelompok tani  pendampingan perusahaan di lapangan, dan Perusahaan siap memfaslitasi dan membantu para kelompok tani dan bermitra dengan masyarakat," ujar Silalahi didampingi Tago M dan Rudi Hutagalung.

Salah seorang warga yang bermukim di Simpang Aek Nauli dan mengetahui kunker DPRD SU ke TPL Aek Nauli menyampaikan,  baiknya DPRD  komisi B itu jangan hanya melakukan Kunker Seremonial belaka, mereka juga ada baiknya  mengechek bantuan Jatah CSR/CD yang diberikan TPL ke Pemkab-Pemkab itu, apakah dipergunakan Pemkabnya demi kesejahteraan masyarakat atau justeru memperkaya diri sendiri, artinya Komisi B itu jangan hanya setor wajah ke berbagai perusahaan disini,  sebagai wakil rakyat tolong pantau hal lain dong...! 

Kami juga tau koq, banyak bantuan PT TPL selama pandemi Corona melalui Pemkab-Pemkab,  sudah dibagikan kah bantuan itu dan diberitahukan kah bantuan itu datangnya dari PT TPL,  atau justru dibungkus dengan nama lain sehingga niat sosial PT TPL selama ini tidak nampak secara jernih ditengah masyarakat,  maka kepada komisi B DPRD SU itu, lain kali kalo Kunker 'kam' chek lah apa yang kami sampaikan itu, Ujar T Gultom di warung marga Samosir. ||| Jess






Editor : Zul 

BERITA LAINNYA
Rabu, 16 September 2020 | 23:21:03
Ngaku Dekat Dengan Aparat Bersama Gruop Guli 55
Selasa, 15 September 2020 | 11:56:17
Alat Berat PT TPL Bersihkan Material Hingga Dinihari
Senin, 14 September 2020 | 16:22:21
Pengurus KMDT Kabupaten Simalungun Dilantik
Kamis, 10 September 2020 | 19:11:20
Truk Terjungkal Dua Tewas di TKP Jalinsum Girsang
Selasa, 8 September 2020 | 12:29:27
Sigualon Jadi Spot Wisata Puncak Parapat
Selasa, 8 September 2020 | 12:29:27
Sigualon Jadi Spot Wisata Puncak Parapat
Rabu, 2 September 2020 | 22:35:00
Balai Wilayah Sungai II Sumut Adakan PMK di Parapat
BERIKAN KOMENTAR
Top