Sabtu, 21 November 2020 | 12:29:36

Satu Hari 4 Kejadian Bencana Alam Simalungun

aktualonline.com/Jess
1. Banjir Sungai Bah Tonggara Tanah Jawa. 2. Lokasi Tigabalata, 3. Raya Kahean dan 4. Di Jalinsum Parapat. | JESS
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SIMALUNGUN ||| Walau tak ada korban jiwa, namun rasa was-was masyarakat yang diterjang bencana alam berupa banjir, jalan longsor, pohon tumbang, jalan amblas terlebih di tengah cuaca yang labil, hujan turun, angin kencang sangat mengganggu kepentingan umum sebab bencana ini kerab mengancam jiwa manusia, dan kali ini ada 4 titik bencana di wilayah Kabupaten Simalungun pada Jumat malam (20/11/2020), sesuai informasi yang diterima dari Humas Polres Simalungun, Sabtu (21/11/2020), diantaranya;

 

1. Pada hari Jumat tanggal 20 Nopember 2020 sekira pukul 20.00 Wib, bencana alam banjir di jembatan Sungai Tongguran Pekan Tanah Jawa Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa berawal dari curah hujan deras membuat hulu Sungai Tongguran meluap sampai ke atas jembatan, dengan ketinggian air diperkirakan 30 cm  dan hal yang sama di Jembatan Andarasi Nagori Parbalokan debit airnya meluap melampaui jembatan kurang lebih 20 cm.

 

Akibat kejadian ini membuat arus lintas yang datang dari arah Pematangsiantar menuju Kecamatan Huta Bayu Raja dan Kecamatan Hatonduhan maupun sebaliknya sempat lumpuh. Air banjir inipun menggerus bahu jalan hingga longsor di sisi kiri jembatan arah Tanah Jawa, kendaraan pun tak bisa lewat melalui Jembatan Sungai Tongguran Pekan Tanah Jawa. Air baru terasa surut sekitar pukul 22.30 Wib.

 

2. Terjangan air juga terjadi di jembatan Bah Hilang Jalan Siantar-Parapat tepatnya di KM 12 depan SD Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlang Hataran, kejadian ini membuat setengah bahu jalan amblas, anggota Polsek Balata memberlakukan buka-tutup jalan supaya pengendara tetap merasa nyaman.

 

3. Dari Raya Kahean juga dikabarkan terjadi bencana alam Longsor akibat hujan deras sejak pukul 17.00-21.00 Wib membuat aliran Sungai Bah Sombu meluap sampai ke pinggir Jalan P. Nunut, sebahagian bahu jalan tergerus diseret derasnya air, tepatnya di Perbatasan antara Nagori Bangun Raya dan Kelurahan Sindar Raya Area Jembatan Bah Sombu.

 

4. Di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum-Parapat), Kecamatan Girsang Sipangan Bolon juga terjadi pohon tumbang, dekat Siantar Hotel. Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet di tengah derasnya hujan dan angin kencang. Lurah Parapat Rohana Sinaga bersama Kepling dan Polsek setempat, dibantu petugas ISS (bagian kebersihan,red) membersihkan dahan kayu, dengan menggunakan Cingsaw Pak Siarit dari staf kantor Lurah Parapat. Kondisi Jalinsum Parapat saat ini sudah berjalan normal. ||| JESS

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul



BERITA LAINNYA
Selasa, 24 November 2020 | 12:15:16
Polisi Borgol Amir dan Refizal Karena Kantongi Sabu
Senin, 23 November 2020 | 00:18:47
Paslon HARUS Komitmen Berdayakan Kaum Perempuan
Senin, 23 November 2020 | 00:18:47
Paslon HARUS Komitmen Berdayakan Kaum Perempuan
Jumat, 20 November 2020 | 13:36:24
80 Bungkus Sabu Diamankan dari Bambang Rianto
BERIKAN KOMENTAR
Top