• Home
  • Solok
  • BPJS Kesehatan Beri Layanan Prima Pemudik Lebaran
Selasa, 5 Juni 2018 | 20:15:25

BPJS Kesehatan Beri Layanan Prima Pemudik Lebaran

aktualonline.com/Edrin
BPJS Kesehatan Beri Layanan Prima Pemudik Lebaran
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.KOTA SOLOK///Dalam upaya menyambut hari raya idul fitri tahun 1439 H/ 2018 M, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Hal itu dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2018.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

Hal itu di sampaikan Kepala BPJS solok Rizka Adhiati, saat memberikan keterangan pers di Kota Solok, Senin (4/6/2018).

Dia memaparkan,lebaran tahun ini kita mengangkat tema mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh direktur RSUD solok, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Kapolres Solok kota.

Dikatakan dia, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke  IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Menurutnya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-8 sampai H + 8 atau mulai dari 7-23 Juni 2018. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.  "Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan'"',ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Rizka Adhiati, Untuk  memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan, terang Rizka.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018 ini,  masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.///Edrin

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top