• Home
  • Solok
  • Tak Usah Cemas…BPJS Kesehatan Jamin Kemudahan Pemudik
Rabu, 6 Juni 2018 | 12:31:23

Tak Usah Cemas…BPJS Kesehatan Jamin Kemudahan Pemudik

Foto/Ist
Tak Usah Cemas…BPJS Kesehatan Jamin Kemudahan Pemudik
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.KOTA SOLOK///Bagi para pemudk yang akan merayakan Idul Fitri 1439 H di kampong halaman tidak usah cemas dalam menjamin kesehatan. Karena pihak BPJS Kesehatan telah menjami kemudahan bagi para pemudik dengan hal hal yang akan terjadi.

Disamping itu BPJS Kesehatan juga menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan kesehatan dalam suasana lebaran 1439 H tahun 2018 ini. Hal itu untuk menciptakan rasa aman dan tentran bagi madyarakat pemudik dan balik lebaran serta masyadakat lainya.

Tentunya semua hal itu di diterapkan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan kesehatan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang dan semana nada Hari Raya Idul Fitri Tahun 2018 ini.

Demikian disampaikan oleh kepala BPJS Cabang Solok,  Rizka Adhiati, dalam keterang an Pers ke sejumlah Wartawan di BPJS Cabang Solok Senin kemaren.

Rizka memaparkan,lebaran tahun ini kita mengangkat tema "mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan". Selain itu, komprensi let's tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Solok Kota AKBP Doni Setiawan yang diwakili Aiptu Dodo Afrianto Kanit Laka Lantas Polres Solok Kota. Direktur  RSUD Solok, Diwakili Oleh OPi,  Kepala Dinas Kesehatan  Kota Solok, dan undangan lainya.

Kanit Laka Lantas Polres Solok Kota Aiptu Dodo Afrianto di kesempatan itu memaparkan. Menghadapi arus balik dan mudik lebaran 1439 H, tahun 2018 ini. Wilayah Hukum Polres Solok Kota mempersiapkan 4 titik posko pengamanan.

Tempat-tempat itu dipusatkan pada titik rawan dan titik ramai. Diantaranya dipusatkan, lokasi depan RTH Kota Solok, kemudian di Sungai lasi, Singkarak dan Pandan Ujung.

"Kita sangat yakin, dengan tupoksi titik pengamanan yang kita persiapakan itu. Diyakini akan memperlancar pengamanan arus mudik dan balik selama lebaran tahun ini, khusus bagi wilayah hukum polres Solok Kota,"jelas Dodo.

Riska Adhiati memaparkan, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

Dikatakan dia, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke  IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Menurutnya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-8 sampai H + 8 atau mulai dari 7-23 Juni 2018. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.  "Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan'"',paparnya.

Disampaikan Rizka Adhiati, Untuk  memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Dimana Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan,"terang Rizka.

Di samping itu kata Rizka, selama libur lebaran 2018 ini,  masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Untuk itu, "dengan perpaduan yang kita terapkan di lebaran tahun1 2018 ini. Digakini akan mempermudah warga dalam pelayanan kesehatan data mudik dan balik lebaran. Dengan pelayanan yang prima terpadu dan aman,"imbunya.///Roni Natase

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top