• Home
  • Solok
  • Menuju WBK dan WBBM….Polres Solok Kota Rilis Indeks Kepuasan Masyarakat
Jumat, 8 Juni 2018 | 11:03:17

Menuju WBK dan WBBM….Polres Solok Kota Rilis Indeks Kepuasan Masyarakat

aktualonline.com/edrin
Polres Solok Kota Rilis Indeks Kepuasan Masyarakat
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SOLOK///Sebagai bagian yang terlahir ditengah tengah masyarakat Polres Solok Kota terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, hal itu  dalam rangka membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.


Untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan dari pelayanam tersebut, Polres Solok Kota melakukan survei kepuasan Masyarakat (SKM) dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri PAN RB RI nomor 14 tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

 

Survei tersebut dilakukan secara langsung kepada masyarakat sebagai pemohon pelayanan tersebut dilaksanakan dengan rentang waktu pada triwulan pertama tahun 2018. Survei  dilaksanakan terhadap 3 jenis pelayanan di lingkungan Polres Solok Kota, yaitu pelayanan Laporan Kehilangan pada SPKT Polres Solok Kota, Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Sat Lantas Polres Solok Kota dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada Sat Intelkam Polres Solok Kota. Demikian dikatakan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K, MH, di Mapolres Solok Kota, (7/6).

Dijelaskan dony, Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat tersebut pihaknya  menggandeng Badan Pusat Statistik Kota Solok dengan data responden sampai tanggal 20 April 2018. Adapun jumlah quesioner yang kita siapkan sebanyak 4.383 orang, kemudian dilakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) terhadap pelayanan publik di Polres Solok Kota, dimulai dari Pelayanan SIM, pada bulan Januari pemohon 1270 orang, bulan Februari pemohon 866 orang,  dan bulan Maret pemohon 1027 orang.

Sementara itu, untuk pelayanan SKCK, bulan Januari pemohon 309 orang, bulan Februari  pemohon 265 orang, dan bulan Maret pemohon 508 orang. Kemudian untuk Pelayanan Laporan Kehilangan, pada bulan januari pemohon 51 orang, pada bulan Februari pemohon 38 orang, dan bulan Maret pemohon 49 orang.

Dari survey yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan hasil pelayanan SPKT dengan jumlah Indeks nilai IKM 88 dengan kategori B (Baik). Pelayanan SKCK dengan jumlah Indeks nilai IKM 92 dengan kategori A (Sangat Baik) dan untuk pelayanan SIM dengan jumlah Indkes nilai IKM 83 dengan kategori B ( Baik).

 

" Dari hasil survei tersebut terlihat bahwasanya rata rata mutu pelayanan yang diberikan oleh polres Solok Kota berada di tingkat B dan ini membuktikan bahwa kinerja unit pelayanan BAIK", jelas Dony.

Pada dasarnya survei terhadap kepuasan masyarakat adalah kegiatan mengukur secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Selain itu, survei ini juga sebagai bahan kajian dan evaluasi dalam pelayanan publik.

Selanjutnya, tantangan terberat yang akan kita hadapi adalah bagaimana mempertahankan hasil survei tersebut,  predikat nilai yang telah didapatkan ini harus dipertahankan jika perlu bisa meningkat, terangnya lagi.

 

Diakuinya, untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, kita akan terus melakukan upaya - upaya dalam memaksimalkan  harapan tersebut, dengan peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan publik di Polres Solok Kota, serta dukungan masyarakat Kota Solok.

 

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih  terhadap partisipasi dan kepercayaan masyarakat yang telah membantu pelaksanaan survey kami di Polres Solok Kota ini, tutup Dony.///drin/ st mudo

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 24 Juni 2018 | 00:31:33
Walikota Solok Lantik 9 Pejabat Tinggi Pratama
Sabtu, 23 Juni 2018 | 00:41:25
Danau Singkarak Jadi Pusat Kunjungan Wisata
Jumat, 22 Juni 2018 | 20:44:54
SMP N 1 Kota Solok Gelar Mubes dan Reuni Akbar
Jumat, 8 Juni 2018 | 11:04:16
FSID UMMY Solok Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim
BERIKAN KOMENTAR
Top