• Home
  • Solok
  • Festival Pesona Lima Danau Sebagai Wadah Promosi Wisata Daerah
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:00:13

Festival Pesona Lima Danau Sebagai Wadah Promosi Wisata Daerah

aktualonline.com/Roni Natase
Festival Pesona Lima Danau Sebagai Wadah Promosi Wisata Daerah
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SOLOK///Kabupaten Solon termasuk salah satu daerah di Sumbar yang kaya dengan potensi objek wisata, baik itu wisata laut, alam, pergunungan dan panorama. Kabupaten Solok mempunyai keindahan danau yang mempesona, seperti, danau dj atas, danau dibawah, danau singkarak , danau talang, dan danau kawah Koto Sani,  debgan demikian Daerah Kabupaten Solok di bungkus denfan keindahan lima danau yang sangat mempesona.

Untuk lebih mempersolek keindahan lima danau itu, dan agar lebih memperkenalkan kepada masyarakat dan wisatawan di daerah, terutama bagi daerah Sumatra Barat. Maka Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Solok. Menggagas seuatu fair play acara dengan tema " Pesona Lima Danau, atau tepatnya Festival Lima Danau". Dimana keindahan alami danau dipadukan dengan atraksi tradisional masyarakat, serta dilengkapi berbagai produk UMKM yang menawarkan produk khas Kabupaten Solok yang khas terkenal dimana-mana. 

Tak hanya itu, tarian tradisional, UMKM dengan produk khas Solok, serta wahana pendukung seperti speedboat, Motor trail, Mobil Off Road dan kuda dihadirkan sebagai penarik minat para pengunjung. Kesemua itu adalah untuk lebih memperkenalkan keindahan dan pesona objek pariwisata di Kabupaten Solok, pada masyarakat dan wisatawan terutama pada lebaran tahun 2018 ini.

Pesta pesona lima danau dipusatkan di Danau Diatas, Terlihat pengunjung masih terlihat ramai memadati panorama Danau Kembar, jalanan masih pada merayap, disekitar kebun teh juga masih banyak mobil yang singgah sebentar untuk menikmati hawa sejuk.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra Prasat mengatakan,  iven pesta Pesona Lima Danau ini digagas bersama Tim gabungan Lebaran Sumbar 2018. Iven itu dilaksanakan dipusatkan di danau Diatas Alahan Panjan Resort dan danau dibawah, dan juga di Danau Singkarak yang menjadi objek wusata handal  sebagai pusat Wisata Kabupaten Solok.

Kegiatan festival 5 danau berpusat di Alahan Panjang Resort, namun kegiatan juga diselenggarakan di daerah lain seperti singkarak.Kegiatan ini akan dilakukan dari  tanggal 15 s/d 30 Juni  2018." Kegiatan ini merupakan gagasan bersama pemerintah daerah dengan tujuan untuk promosi kawasan wisata dan pengenalan produk khas daerah,"papar Yandra.

Lebih jauh disampaikan Yandra,  Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah agar wisatawan bisa berkunjung dan menikmati pesona alam Kabupaten Solok, tidak sekedar melewatinya saja. Akan tetapi setiap yang melewati akan menghamliri dan selalu tertarik dengan keindahan wisata yang ada.

Tentu saja kegiatan itu bertujuan kata Yandra,  adalah sebagai upaya kita untuk mempromosikan kawasan wisata yang ada di Kabupaten Solok yang terkenal dengan keindahan  Danaunya,  Melalui Lima Danau ini munculkan berbagai  iven-iven yang memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung.

Dikatakanya, Pesta Pesona Lima Danau tersebut dibuka pada Jumat (15/6) malam hingga Sabtu (30/6) mendatang. Dimana Pesta Lima Danau tersebut merupakan iven kolaborasi antara wisata, kuliner, tradisi, UKM, kesenian, expo dan hiburan masyarakat yang didukung oleh Magical Mistery Tour sebagai iven spesial.

iven seperti jelajah tiga danau, yang diseleggarakan sendiri oleh dinas Pariwisata Kabupaten Solok, konsepnya menjelalah ketiga danau (danau Talang, Danau Diatas dan Dibawah) dengan menggunakan mobil off road, apalagi kawasan itu juga terkenal dengan keasrian hutannya yang terletak di perut Gunung Talang,

"sehingga nantinya ini bisa menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang ingin bertualang. Kemudian di tempat yang sama juga ada disediakan perahu boat untuk mengelilingi danau diatas dan dibawah. Kemudian di Danau Singkarak, juga ada wahana menarik lainnya yakni berkuda, kuda disewakan kepada pengunjung terutama anak-anak. Kemudian di nagari Saniangbaka, Kecamatan Junjung Sirih, sebuah nagari yang terletak di Barat Danau Singkarak, pemuda setempat juga berinisiatif menyediakan iven yakni jelajah nagari Saniangbaka, ada pun hal yang ditawarkan adalah melihat pemandangan singkarak dari sudut lain.

Branding yang unik akan memberikan sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan, untuk itu kami memilih branding 5 Danau sebagai identitas pariwisata Kabupaten Solok.

Sementara Bupati Solok, Gusmal,SE.MM mengatakan,  seperti kita ketahui, Kabupaten Solok mempunyai banyak wisata alam yang indah dan yaman. Nah malau itu kita kesampingkan, tentunya daerah kita akan rugi, pada hal sangat lunya potensi.

untuk itu kata Gusmal, untuk menggenjot  pariwisata, sangat dibutuhkan peran aktif kita semua bukan saja lemerintah, tetapi juga peram masyarakat. Dari potensi-potensi yang ada agar mempunyai daya tarik tersendiri dimata pengunjung, tertunya kesemua itu harus kembangkan.

"Jika pariwisata terus berkembang, kita yakin akan berdampak baik bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Solok,"papar Gusmal.

Dia menyatakan,kegiatan seperti ini akan merupakan upaya dilakukan untuk mensukseskan empat pilar pembangunan Kabupaten Solok. pembangunan sektor pariwisata merupakan agenda nasional untuk tujuan wisata handal yang saat ini gencar di promosikan.

"Dengan adanya acara itu masyarakat di daerah,  terutama di kawasan wisata bisa membuka diri terhadap wisatawan, memberikan kenyamanan kepada seluruh wisatawan yang datang. Hal itu bertujuan agar wisatawan betah di area tempat wisata, " pinta Gusnal.

Dengan Pelayanan yang baik akan meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara otomatis akan memberikan perkembangan yang baik untuk daerah Kabupaten Solok. "Para pengiatvwisata harus lebih agresif untuk menarik wisatawan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang potensi wisata yang ada" ujarnya.

Kuliner khas daerah, cendramata yang unik, keindahan alam yang langka dengan 5 danau, gunung serta perbukitan yang indah adalah modal utama kita selaku pemilik kawasan wisata. Dan semua produk itu harus dimunculkan di objek-objek yang strategi wisata.

"Kita yakin dengan adanya Pekan Pesona Lima Dabau itu. Kedepan pesona lima danau tang ada di daerah Kabupaten Solok. Akan menjadi gerbang utama bagi wisatawan dan masyarakat untuk berkunjung,"jelas Bupati Solok Gusmal.

Acara pembukaan Festival selain di hadiri langsung Bupati Solok H. Gusmal beserta Ibuk Ketua TP-PKK, juga dihadiri  Kepala BKD Provinsi Sumbar Yulitar, Kadis Pariwisata, Kepala Baren Litbang, Kadis Sosnaker, Kaadis Kominfo, Kepala BKPSDM,  Asisten III, Kabag Humas, Camat Lembah Gumanti, Camat Danau Kembar, para penggiat wisata, tokoh masyarakat, ornas, dan banyak undangan lainya.///Roni Natase

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top