• Home
  • Solok
  • Hj. Desna Devi Gusmal, SH, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok,Raih Penghargaan MKK Tingkat Nasional
Jumat, 13 Juli 2018 | 01:16:07

Hj. Desna Devi Gusmal, SH, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok,Raih Penghargaan MKK Tingkat Nasional

Foto/Ist
Hj. Desna Devi Gusmal, SH, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok,Raih Penghargaan MKK Tingkat Nasional

aktualonline.com.SOLOK///Gerakan dan kerja nyata Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Hj. Desna Devi Gusmal, SH dalam meyuarakan Program Keluarga Berencana bagi masyarakatnya mulai dari tingkat Kabupaten sampai ketingkat Nagari dan Jorong membuahkan hasil yang sangat membanggakan.

Karena  dinilai berhasil dan maksimalnya Desna Devi, dalam melakukan berbagai karya yang menonjol dalam pengembangan konsepsi, inovasi, dan sistem di daerah yang dipimpinya.  Dimana memberikan hadil sangat  bermanfaat bagi program keluarga berencana dan berujung pada pengembangan keluarga sejahtera di Kabupaten Solok.

Maka, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Hj. Desna Devi Gusmal,SH dianugrahi Penghargaan yang sangat membanggakan. Yakni Penghargaan  Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2018. Dalam acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Manado.

Mahkota Penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut, disematkan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Hj. Desna Devi Gusmal, SH. Dalam acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Graha Gubernur Sulawesi Utara, Manado pada Jumat, 6 Juli 2018 malam

Manggala Karya Kencana,  adalah penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atau tokoh program yang telah melakukan karya yang menonjol dalam pengembangan konsepsi, inovasi, dan sistem yang bermanfaat bagi program keluarga berencana yang mampu dalam memberikan dan menerapkan pengembangan keluarga sejahtera didaerahnya.

Penghargaan yang diterima itu , adalah pertama satya lencana pembangunan untuk 21 Gubernur, Bupati dan Walikota. Kemudian, Satyalencana Wira Karya untuk 2 instansi, Manggala Karya Kencana untuk 74 Gubernur, Wallota dan Bupati dan Ketua TP- PKK. Juga ada Wira Karya Kenncara untuk 4 profesi, Dharma Karya Kencana untuk 17 mitra kerja BKKBN dan Cipta Karya Kencana untuk 2 mitra kerja BKKBN.  Dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok adalah termasuk salah satu daerah yang juga sebagai daerah yang menuai penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Hj.  Desna Devi Gusmal,  SH menuturkan.  Saya sangat bersyukur Alhamdulillah, dan terima kasih atas Penghargaan yang diterima pada malam itu. 

Dia menyatakan,  Penghargaan yang diraih,  tentu tak lepas dari peran serta jajaran Pemerintah Kabupaten Solok, masyarakat dan seluruh stakeholder. Yang sudah bekerja keras untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera di jajaran Pemerintah Kabupaten Solok dari waktu kewaktu.

"Maka dengan diraihnya penghargaan ini, diyakini akan dapat meningkatkan motivasi Seluruh TP-PK yang ada.  Mulai dari Tingkat Kabupaten sampai ketingkat Nagari dan Jorong dalam melakukan pembinaan terhadap gerak dan laju Kelurga Berencana.  Dan juga peran Pemerintah kabupaten Solok, untuk dapat terus meningkatkan kualitas masyarakat dimulai dari keluarga kecil setara hingga terciptanya keluarga sejahtera ditengah masyarakat, "papar Desna Devi.

Dikatakan Desna Devi Gusmal,  bagi daerah Kabupaten Solok sendiri,  peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV tahun 2018 ini, sangat memberikan inspirasi tersendiri bagi masyarakatnya, khusus bagi kader PKK.

"Dengan meraih penghargaan Manggala Karya Kencana ini, setidaknya prestasi ini akan menjadi pendorong bagi kader PKK bersama masyarakat.  Untuk terus bekerja demi terwujudnya keluarga yang mandiri, berkarakter dan berketahanan ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Solok" terangnya.

Desna Devi Gusmal menyatakan,  dengan kesadaran dan kemauan yang diujudkan dengan kerja keras serta saling mendorong yang tercipta antara masyarakat dan daerah, apa yang menjadi keinginan bersama guna meujudkan keluarga yang berkualitas dan berkarakter akan dapat terwujudkan dengan maksimal.

Disampaikan dia,  untuk mewujudkan harapan tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Solok telah membuka ruang. Hal itu  terlihat dalam empat pilar pembangun sebagai arah pembangunan Kabupaten Solok kedepan.

Desna Devi yang langsung menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani berharap,  kepada seluruh masyarakat kabupaten Solok, untuk menjadikan prestasi yang diraih ini sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik lagi bagi kemajuan daerah.

" Karena Penghargaan yang diraih ini,   Tentunya Bukan Milik Ketua TP-PKK saja,  bukan Milik Pemerintah Kabupaten Solok saja,  akan tetapi Milik seluruh Masyarakat Kabupaten Solok, "jelas Desna Devi seraya sambil tersenyum.

Desna sangat berharap,  prestasi yang diraih,  mati kita jadikan sebagai pendorong untuk berbuat lebih baik lagi. agar harapan keluarga yang berkualitas, berkarakter dan berketahanan ditengah-tengah masyarakat.  Sehingga dapat terwujud program KB yang digalakan pemerintah Kabupaten Solok dari waktu kewaktu.

"Tentunya kita akan mempersembahkan apa yang diraih ini kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok.  Hal itu sebagai ucapan terima kasihnya atas kerja keras dan dukungan dari masyarakat bersama kader PKK yang ada, "tuturnya.

Menurut dia,masyarakat memahami bahwa KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah kelahiran, akan tetapi untuk mengatur jarak kelahiran, untuk menjaga kesehatan reproduksi Ibu dan masyarakat,  agar juga semakin memiliki pengetahuan yang baik agar mampu mengelola keluarga sejahtera.

Dalam pemikiran Desna Devi selalu menyuarakan agar pembangunan kelurga terarah dan sejahtra.  Menurut dia,  pembangunan kualitas hidup masyarakat yang dimulai dari keluarga adalah program yang terus digalakkan PKK Kabupaten Solok bersama instansi terkait. Pembinaan keluarga sejahtera berlandaskan agama selalu dijadikan prioritas. "Ini anugerah dan motivasi yang besar bagi kita untuk terus menyukseskan penyelenggaraan program KKBPK di Kabupaten Solok," paparnya.

"TP-PKK Kabupaten Solok seiring berjalannya waktu,  selama ini selalu berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengikuti KB, memberikan pemahaman perihal tersebut dan juga membekali pengetahuan masyarakat dalam mengelola keluarga sejahtera dalam berbagai kesempatan. Dan itu kita laksanakan dengan maksimalbditengah masyarakat, walau belum semua masyarakat terayomi," ujarnya.

Dari pengakuan dan pemikiran Desna Devi, memang bukan juara maupun penghargaan yang menjadi tujuan dan akhir dari sebuah kerja keras yang dilakukan. Akan tetapi sebuah harapan dan rasa kebahagian itu akan terasa,  bagaimana apa yang telah diperbuat, diraih dan dinginkan benar- benar membawa manfaat serta dirasakan oleh masyarakat luas dibtenfah masyaraktnya.

Untuk itu, atas prestasi dan mahkota yang di raih itu. Desna Devi juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh SKPD, yang berperan aktif atas kesuksesan kegiatan kader PKK. Dan ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh kader PKK dan masyarakat Kabupaten Solok.

"Karena tanpa adanya dukungan dan kerjasama yang telah dibuktikan dalam setiap kegiatan PKK, prestasi yang membanggakan itu tentunya tidak akan mampu kita dapatkan. "Tentunya  dengan komitmen yang kuat serta rasa kebersamaan dalam membangun masyarakat yang berkualitas, Desna meyakini, dari niat yang baik tersebut akan mampu diujudkan secara perlahan dalam membangun keluarga setara, dan sejahtra ditengah masyarakat kedepanya," papar Desna Devi Gusmal.///Roni Natase

 

 

 

Editor ; Zul


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top