• Home
  • Solok
  • Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, Wali Nagari Agar Antisipasi Pengelolaan Dana Desa
Kamis, 5 September 2019 | 14:14:53

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, Wali Nagari Agar Antisipasi Pengelolaan Dana Desa

Foto/Ist
Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, Wali Nagari Agar Antisipasi Pengelolaan Dana Desa

aktualonline.com.SUMBAR ||| Agar optimal dan tepat sasaran, Penggunaan dana desa harus sesuai dengan program dan mebgacu pada ketentuan undang-undang yang berlaku. Hal itu demi menuju Sumatera Barat bersih maju dan makmur.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi selenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD),  kegiatan itu menghadirkan Narasumber Kapolda Sumbar Irjen Pol, Fakhrizal, Rabu (04/09) di Hotel Grand Rocky Bukittinggi.

 

Selain menghadirkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal,M.Hum, juga hadir beberapa pejabat utama di Polda Sunbar. Diantaranya, Dir Binmas, Dir Pam Obvit, Dir Intel serta para Kapolres dan Kasat Reskrim Sejajaran Polda Sumbar,  juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov Sumbar, 

Inspektorat Prov Sumbar, Inspektorat Kota/Kabupaten penerima dana desa, Camat dan Kepala Desa/ Wali Nagari Penerima Dana Desa, dan tenaga ahli/ pendamping desa penerima dana desa se Sumatera Barat, dan undangan lainya.

 

Dihadapan peserta Rakor, Kapolda Sumbar Fakhrizal menyampaikan,  dalam penggunaan dana desa, dan untuk menekan penyimpangan pengelolaan dana desa oleh Kepala desa/ Walinagari termasuk duplikasi anggaran, Penggunaan dana yang tidak sesuai dengan peruntukannya, pemotongan dana desa, Pengurangan volume serta penyalahgunaan dana desa untuk kepentingan pribadi, dan sebagainya.Kapolda minta  Bhabinkamtibmas di masing-masing Desa atau Nagari utuk mendampingi dan ikut mengawasi.

 

"Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas sebagai pendamping serta mengawasi. Hal itu supaya tidak ada penyimpangan, diharapkan ada kerjasama yang baik antara Bhabinkamtibmas dan Kepala desa/ Walinagari,”tekan  Irjen Fakhrizal.

 

“Pada paparan Kapolda, Pak Fakhrizal jelas mengatakan bahwa Dana Desa penting bagi kesinambungan pembangunan di nagari, termasuk jugadi Sumbar. Untuk itu Polisi sangat mendukung penggunaan dana desa untuk pembangunan demi  kesejahteraan, masyarakat” ujarnya. 


Pada sesi tanya jawab antara Kapolda Sumbar sebagai narasumber dengan para peserta rapat koordinasi tentang masalah"masalah yang di hadapi di nagari atau desa. Yang berhubungan dengan tugas Bhabinkamtibmas dalam pendampingan pengelolaan dana desa. Kapolda mampu membuat suasana harmonis dan santun.

 

Kapolda Sumbar diakhir paparannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat atas kerjasamanya selama ini sehingga Sumbar menjadi daerah teraman di Indonesia.

 

“Terima kasih atas atensi dan kerjasama.semua stakeholder dan masyarakat Sumbar slama ini. Dan mari kita jaga dan bangun Sumbar untuk lebih maju lagi dan unggul dari daerah lain,”ujar Fakhrizal 

 

Diakhir sesi acara dilakuka penandatanganan deklarasi dan MoU tentang sekretariat bersama pengelolaan dana desa.

 

Tan Rajo Khairul Anwar, selaku Konsultan Ahli Program Inovasi Desa Sumbar menilai hadirnya Kapolda pada Rakor memberikan dampak ke-pede-an bagi walinagari dalam mengelola dana desa secara baik, clear and clean.||| Roni/Rls

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 17 September 2019 | 00:58:04
Ketua AIumni SMPN 2 Kota Solok Dijabat H. Nofi Candra,SE
Senin, 16 September 2019 | 23:57:44
Operasi Patuh Singgalang 2019 Polres Solok Kota Berakhir
Rabu, 4 September 2019 | 11:57:35
Terdepan Terapkan ZI Menuju Daerah WBK/WBBM
Senin, 27 Mei 2019 | 23:32:22
BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Layanan JKN-KIS
BERIKAN KOMENTAR
Top