• Home
  • Sumut
  • Pemko Medan Sambut Positif Kehadiran Balai Pengawas Tertib Niaga
Rabu, 9 Oktober 2019 | 23:49:09

Pemko Medan Sambut Positif Kehadiran Balai Pengawas Tertib Niaga

Foto/Ist
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Pemko Medan menyambut positif  kehadiran Balai Pengawasan Tertib Niaga (BPTN) di Kota Medan. Diharapkan, BPTN dapat membantu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Medan. Kemudian menciptakan iklim usaha pro konsumen, serta hubungan yang lebih berkeadilan antara pelaku usaha dan konsumen.

 

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi usai menghadiri peresmian Balai Pengawasan Tertib Niaga di Jalan Sunggal, Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (9/10). Selain Kota Medan, peresmian BPTN juga dilakukan di tiga kota lainnya yakni Surabaya, Bekasi dan Makassar.

 

"Dengan hadirnya Balai ini kita harapkan dapat mempermudah melayani masyarakat Kota Medan, termasuk mengedukasi masyarakat akan hak dan kewajiban sebagai konsumen. Konsumen Indonesia belum mampu memanfaatkan hak dan kewajiban mereka, serta belum berperan aktif memperjuangkan hak mereka sebagai konsumen," tegas Akhyar.

 

Peresmian BPTN dilakukan Menteri Perdagangan RI Drs Enggartiasto Lukita yang ditandai penandatanganan prasasti. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita didampingi Wagub Sumut Musa Rajekshah didampingi Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggrijono serta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto.

 

Sebelum melakukan peresmian, menteri Perdagangan dalam sambutannya mengata kan,guna tertibnya niaga harus ada satu pertimbangan yang sangat tidak mudah dilakukan, salah satu hal yang perlu dilakukan yakni mempermudah konsumen dengan mempermudah dalam proses pengurusan perizinan.

 

"Meskipun nantinya pengurusan perizinan akan dipermudah, saya harap para pengusaha haruslah berperilaku jujur. Di samping itu  jangan pernah sekali pun menyeludupkan barang-barang impor untuk masuk secara ilegal ke Indonesia, khususnya Kota Medan," kata Menteri Perdagangan mengingatkan.

 

Sementara itu Wagub Sumut Musa Rajekshah, atas nama masyarakat Sumut, menyampaikan rasa terima kepada Menteri Perdagangan karena telah memilih datang ke Kota Medan untuk meresmikan secara langsung BPTN. Kemudian Wagub juga mengungkapkan, Pemprov Sumut  akan siap mendukung kebijakan Menteri Perdagangan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dengan hadirnya BPTN diharapkan para konsumen akan terlindungi dan pelaku usaha akan tertib melakukan transaksi.

 

Dalam kesempatan itu Wagubsu juga mengajak seluruh pelaku usaha dan importir yang ada di Sumut, termasuk Kota Medan agar dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku ketika mengimpor barang. “Mari kita bekerjasama  dan mematuhi peraturan yang berlangsung, serta menjauhi impor illegal  untuk menuju Sumut berrmartabat,” pesan Wagubsu.||| Ramli Sarumaha

 

 

 

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Minggu, 13 Oktober 2019 | 00:22:07
Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 di Parapat Sukses
BERIKAN KOMENTAR
Top