• Home
  • Sumut
  • Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 di Parapat Sukses
Minggu, 13 Oktober 2019 | 00:22:07

Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 di Parapat Sukses

Foto/Ist
Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 di Parapat Sukses
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membuka acara Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Jum’at (11/10/2019).

 

Hadir dalam acara tersebut, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dari tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba.

 

Dalam sambutan dan amanatnya, Irjen Agus berharap, Poldasu Toba Lake Fiesta bisa menjadi event agenda tahunan.

 

“Dulu, satu tahun empat bulan saya bertugas di Kecamatan Girsip ini sebagai Kapolsek. Itu sekira 25 tahun silam dan mungkin saat ini saya tidak berdiri di tempat ini. Oleh karena itu, pada intinya bahwa memang luar biasa anugerah Allah Subhanahu Wa Taala Tuhan Yang Maha Kuasa kepada saya dan warga Sumatera Utara,” ujarnya,

 

Agus juga mengingatkan, agar tetap menjaga keariban lokal, budaya dan potensi alam yang dikaruniakan kepada warga Sumut yang sudah diberikan Danau Toba dan Pulau Nias sebagai peninggalan sejarah kolonial dan layak menjadi ikon wisata.

 

“Pemerintah pusat atau presiden kita mencanangkan bahwa pembangunan dan pengembangan wisata Danau Toba merupakan prioritas pada periode pemerintahan beliau di 2019-2024,” katanya.

 

Kegiatan tersebut, lanjut Agus, merupakan kelanjutan daripada kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, pasca tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun yang berdampak kepada penurunan kehadiran wisatawan baik dalam mau pun luar negeri.

 

“Tentunya ini sangat berpengaruh. Oleh karena itu, mari kita sama-sama jaga keindahan, kebersihan Danau Toba. Semakin banyak spend uang yang akan dikeluarkan di wilayah ini tentu akan bisa meningkatkan taraf hidup warga,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi selaku Ketua Panitia Pelaksana Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 menyampaikan, persiapan telah dilakukan selama 18 hari dengan persiapan empat puluh tim kreatif dan seratus personel Polres Simalungun tanpa event organizer.

 

“Adapun konsep yang kami laksanakan ini didukung oleh Bapak Bupati Simalungun. Tujuan Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 ini untuk mengekspor kearifan lokal dan meningkatkan pariwisata di tepian Danau Toba. Sedangkan perlombaan berupa Solu Bolon, Solu Marsada-sada, 20 peserta Kapal hias dan tahap penilaian, tidak ketingalan masakan kuliner,” papar Heribertus.

 

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Nixson Nababan berharap, kegiatan Kapoldasu Toba Lake Fiesta untuk tahun depan bisa digelar di Kecamatan Muara, Taput.

 

“Bapak Kapolda, harapan kami kegiatan Poldasu Toba Lake Fiesta kedua bisa di Muara, Kabupaten Taput. Saya yakin, masyarakat Taput siap mendukung. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapoldasu karena melibatkan kabupaten di pinggiran Danau Toba,” ungkap Nixson.

 

Senada dengan Nixon, Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, siap mendukung kegiatan Kapoldasu Toba Lake Fiesta 2019.

 

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat, khususnya di daerah Kabupaten Simalungun. Hari ini kita telah menyaksikan bersama bahwa kurang lebih sepuluh ribu masyarakat ikut menyaksikan Poldasu Lake Toba Fiesta 2019, jelas perekonomian masyarakat terbantu. Oleh karena itu, atas nama masyarakat Simalungun kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapoldasu, ibu dan rombongan,” sebutnya.

 

Ikut memeriahkan acara tersebut penari dari siswa/i Yayasan Sultan Agung Pematang Siantar, yang memperagakan 10 tarian etnis. Kemudian, Kapolda Sumut dan Forkopimda bersama jajaran mengikuti lomba kuliner memasak nasi goreng.

 

Acara juga dimeriahkan dengan artis dari ibukota dan lokal. Selanjutnya penaburan benih ikan 25 ribu oleh Kapolda Sumut serta pembarian sembako pada warga kurang mampu secara simbolis.

 

Event yang digelar hingga Sabtu (12/10/2019) berjalan sukses dengan berbagai kegiatannya.||| Samsidar Saragih

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Kamis, 14 November 2019 | 17:17:36
Pemkab Labuhanbatu Launching Aplikasi Sisumaker
Rabu, 13 November 2019 | 11:05:37
Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Minggu, 10 November 2019 | 21:58:47
Kapoldasu Minta Momentum Hari Pahlawan Tingkatkan SDM
BERIKAN KOMENTAR
Top