• Home
  • Sumut
  • Tingkatkan Tujuan Wisata di Samosir !!! Kopi Asal Salaon Dolok Disurvey
Minggu, 3 November 2019 | 23:25:11

Tingkatkan Tujuan Wisata di Samosir !!! Kopi Asal Salaon Dolok Disurvey

aktualonline.com/Parjo N
Upaya peningkatan tujuan wisata di Kabupaten Samosir, Sintua HKBP Leo Hutagalung, Pendeta Distrik HKBP Pangururan, dan Dinas Pariwisata serta perwakilan komunitas kopi synergi Samosir mengadakan survey lapangan ke daerah Salaon Dolok Kecamatan Ronggur Ni Huta, Rabu (30/10/2019).
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com SAMOSIR ||| Upaya peningkatan tujuan wisata di Kabupaten Samosir, Sintua HKBP Leo Hutagalung, Pendeta Distrik HKBP Pangururan, dan Dinas Pariwisata serta perwakilan komunitas kopi synergi Samosir mengadakan survey lapangan ke daerah Salaon Dolok Kecamatan Ronggur Ni Huta, Rabu (30/10/2019).

Perjalanan dimulai dari daerah Pangururan menuju Danau Sidihoni guna mengambil beberapa spot photo.

Kegiatan acara ini dipusatkan di Gereja HKBP Panatapan Dolok, Salaon Dolok Kecamatan Ronggur Ni Huta. Kedatangan rombongan disambut ruas HKBP dan tari-tarian dari anak-anak yang nantinya dalam menyambut para wisatawan yang akan berkunjung ke Salaon Dolok.

"Wisata kopi yang akan dirancang di daerah ini memang punya potensi, dimana daerah sangat subur serta kopinya bagus-bagus",ucap Pendeta Pakpahan.

Kegiatan yang akan diprogramkan di daerah Salaon ini berupa sajian makan siang dan menikmati rasa kopi daerah ini dengan racikan tim yang sudah terlatih, serta hiburan yang dikemas oleh sanggar tari yang ada di daerah ini.

Para tamu akan disiapkan homestay sebagai tempat istirahatnya serta lokasi kebun kopi dalam rangka pemetikan kopi dan pemilihan biji yang layak panen.

Sebelum acara, kegiatan anak-anak sanggar menunjukkan tarian batak, dimana mereka menunjukkan bahwa mereka sudah siap tampil dan menghibur tamu yang akan berkunjung. Bapak sinaga juga menunjukkan kesiapannya dalam mengolah kopi, yang nantinya disediakan pada tamu yang akan berkunjung kedaerah tersebut.

Rombongan kemudian diajak untuk memetik buah kopi ke kebun yang siap di panen. Dalam kunjungan tersebut masyarakat yang telah diberi pencerahan, mempraktekkan cara memetik biji kopi dan warna kulit kopi dimana warna kulih kopi harus warna merah (cherry).

Dimana harga bijinya bisa mahal dibandingkan kalau dipetik secara acak dan buah belum memerah seluruhnya atau yang sering disebut petik pelangi. Rombongan kelihatan begitu semangat dalam kegiatan praktek petik biji kopi ini.

Leo Hutagalung bersama boru Simorangkir dikesempatan ini memberikan semangat kepada para  ruas HKBP Panatapan Dolok, ia menyerahkan 5 karton susu merk Nutrilon.

Dalam arahannya ia mengharapkan agar kiranya para orang tua memberi minum susu pada para balitanya selepas minum Asi.

"Jika tidak bisa yang mahal, yang murah pun jadilah, dimana susu akan membantu proses otak anak anak agar semakin pintar". Ungkap Leo.

Leo Hutagalung juga menyampaikan agar para kaum bapak mengurangi merokok dan jika bisa berhenti merokok dan menganjurkan agar biaya rokok dibelikan susu pada anak-anaknya, selain membuat para bapak-bapak sehat dan jauh dari penyakit TBC. . "Contoh nya seperti saya yang tidak merokok". Jelasnya.

Leo menambahkan dalam kunjungan wisata tentunya infrakstruktur mesti bagus dan wajib memahami arti dari Sapta Pesona.

Beliau menganjurkan agar didesa ini dibentuk Pokdarwis dalam mendukung daerah wisatanya nantinya dan sanggar seninya semakin terbina. "Nah untuk itu masyarakat agar bisa bermitra juga dengan Pemerintah Kabupaten, dimana daerah tujuan wisata yang belum siap menerima kedatangan tamu para agent travel enggan untuk menjual paket wisata nya" .

Diakhir acara, pengurus gereja yang diwakili Amang Samosir mengucapkan terimakasih akan program yang akan dilaksanakan di Desa mereka serta bantuan yang mereka terima.

"Kiranya Bapak Leo Hutagalung selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang, dari Tuhanlah nantinya balasan kebaikan yang diberikan bapak pada kami".ucapnya.||| ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 14 November 2019 | 17:17:36
Pemkab Labuhanbatu Launching Aplikasi Sisumaker
Rabu, 13 November 2019 | 11:05:37
Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Minggu, 10 November 2019 | 21:58:47
Kapoldasu Minta Momentum Hari Pahlawan Tingkatkan SDM
Minggu, 10 November 2019 | 21:51:07
Tangani Masalah Bangkai Babi !! Pemko Medan Bentuk TKT
BERIKAN KOMENTAR
Top