• Home
  • Sumut
  • Kapolda Sumut Dijabat Irjen Martuani Sormin
Minggu, 8 Desember 2019 | 00:16:46
*Irjen Pol Agus Andrianto Jabat Kabaharkam

Kapolda Sumut Dijabat Irjen Martuani Sormin

Foto/Ist
Irjen Pol Agus Andrianto
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Jabatan Kapolda Sumatera Utara akan diemban Irjen Pol Martuani Sormin. Sedangkan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto dipromosikan menjabat sebagai Kepala adan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

 

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Idham Aziz dengan nomor ST/3229/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019. Dalam Surat Telegram tersebut, beberapa perwira tinggi Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) juga turu dimutasi.

 

Irjen Pol Agus Andrianto Agus menggantikan posisi sebelumnya yang dijabat Komjen Pol Firli. Sementara dalam TR itu, Komjen Pol Firli diangkat dalam jabatan baru sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri.

 

Sementara Irjen Pol Martuani Sormin yang merupakan putra daerah kelahiran  Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara sebelumnya diketahui pernah menjabat sebagai Kapolda Papua dan jabatan terakhir sebagai Asops Kapolri.

 

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono yang dikonfirmasi melalui seluler membenar kan adanya mutasi di tubuh Polri tersebut.

"Ya benar. Kapolda Sumut promosi dalam jabatan baru di Kabaharkam," katanya Jumat (6/12) siang.

 

Argo menjelaskan bahwa ini semua merupakan penyegaran dan kebutuhan di dalam organisasi. Semua sudah melewati dan ini promosi.

 

"Kapolda Sumut sebelumnya naik jadi bintang tiga. Penggantinya Pak Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri," jelasnya.

 

*Irjen Agus Andrianto: Ini Hadiah Untuk Warga Sumut

 

Sementara Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan jabatan yang akan diembannya sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri merupakan hadiah untuk warga Sumatera Utara. Dia menggantikan posisi Kom jen Pol Firli yang tak lama lagi akan pindah ke KPK. Jabatan baru itu tertuang dari Surat Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/3229/XII/Kep/2019 tanggal 6 Desember 2019.

 

Agus mengucap terimakasih kepada masyarakat Sumatera Utara yang telah mempercayainya selama ini. Dia juga meminta doa restu dari warga Sumut dengan jabatan yang baru.

 

"Terimakasih, mohon doa restu, ini adalah hadiah kepada warga Sumut, saya ucapkan terimakasih ini adalah doa dan berkat warga Sumut dan ini hadiah bagi warga Sumut," sebutnya di Mapolda Sumut, Jumat (6/12/2019).

 

Ia menambahkan kalau selama menjabat Kapolda Sumut masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikannya. "Padahal masih banyak yang ingin saya kerjakan," cetusnya.

 

Dia sendiri berharap kalau penggantinya nanti dapat lebih baik dari dirinya. "Yang pasti penggantinya lebih baik dari kita," ucap dia.

 

Dalam surat telegram rahasia itu, pengisi jabatan Kapolda Sumut yakni Irjen Pol Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Mabes Polri.

 

Selain mutasi sejumlah perwira tinggi, Kapolri Jenderal Idham Azis juga merotasi jabatan perwira menengah (Pamen). Terdapat sejumlah Pamen yang bertugas di Polres jajaran Polda Sumut.

 

AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu Kapolres Serdangbedagai diangkat sebagai Kabag Rorena Polda Sumut. AKBP Robinson Simatupang Kapolres Batubara diangkat sebagai Kapolres Serdangbedagai.

 

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis menjadi Kapolres Batubara. Untuk penggantinya AKBP Rahmani Dayan yang sebelumnya sebagai Kapolres Humbanghasudutan. AKBP Rudi Hartono Kasat Binmas Polrestabes Medan menjadi Kapolres Humbanghasudutan.||| Samsidar Saragih

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 28 Januari 2020 | 00:09:08
PD Pasar Milik Pemko Medan Bukan Milik Pribadi
Senin, 27 Januari 2020 | 14:47:40
MTQ tingkat Kecamatan Padang Bolak Meriah
Minggu, 26 Januari 2020 | 13:33:41
Polsek Medan Kota Tembak Pelaku Pencurian Sepeda Motor
BERIKAN KOMENTAR
Top